Corel Draw, Aplikasi Pengolah Vektor Paling Lengkap

Corel Draw

Aplikasi Pengolah Vektor Corel Draw yang Sederhana dan Mudah Dipahami – Penyuka desain grafik membutuhkan aplikasi yang bisa menunjang hobinya. Tentu kebutuhan aplikasi ini tak lepas dari kualitas aplikasi desain grafis. Di internet, ada banyak sekali pengembang aplikasi desain grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, Inkscape dan lainnya. Namun, kali ini kami akan mengulas tentang aplikasi desain grafis Corel Draw untukmu.

Apa itu Corel Draw?

Bagi para pemula dalam desain grafis tentunya masih asing dengan Corel Draw. Corel Draw sendiri merupakan sebuah aplikasi pengolah gambar yang terdiri dari kumpulan vector. Aplikasi buatan Corel Corporation ini pertama diluncurkan pada 16 Januari 1989. Selanjutnya, aplikasi ini terus dikembangkan untuk berbagai system operasi seperi Windows, MacOS, iOS dan Android.

Aplikasi ini sering digunakan pada PC. Namun, seiring berkembangnya zaman Corel Draw telah dibuat pada aplikasi Android. Penggunaan Corel Draw sering dimanfaatkan oleh para designer pada percetakan, penerbitan, perusahaan kalender dan bidang usaha lainnya yang membutuhkan pemrosesan gambar secara visual.

Para designer paham mengenai keuntungan dari pengolahan vector ini yakni hasil akhir dapat ditekan sekecil mungkin dengan kualitas terbaik. Oleh sebab itu, para desainer pada percetakan sangat membutuhkan pemrosesan visual seperti Corel Draw.

Secara umum, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat sampul buku, logo, brosur, undangan, poster, membuat kartun dan gambar animasi lainnya. Semua karya desain grafis dapat dibuat dengan Corel Draw dengan mengandalkan skill dan kreativitasmu.

Corel Draw dinilai sebagai aplikasi desain grafik yang ramah pengguna dan memiliki beragam keunggulan terutama untuk mengerjakan gambar dan teks. Pada versi terbarunya, Corel memberikan beberapa fitur seperti akses bebas ke Google Fonts, manajemen dinamis, live comments, kolaborasi alur kerja, lembar kerja dengan tampilan multi page, ekspor multi asser, halaman inspector dan autofit, ekspor dan impor koleksi font, dan beberapa fitur keren lainnya

Fitur Corel Draw

Adapun beberapa fitur unggulan yang terdapat dalam Corel Draw antara lain :

1. Shape Tools

Shape tool merupakan salah satu fitur yang ada di aplikasi ini yang berfungsi merubah atau membuat objek dengan bentuk yang lain. Caranya adalah dengan menggunakan titik sudut dari objek yang digambar.

2. Pick Tools

Fitur ini berfungsi untuk melakukan seleksi dan mengatur letak serta ukuran objek gambar. Aplikasi ini memiliki fitur tambahan seperti free hand pick tool dan free transform tool. Keduanya berfungsi untuk melakukan seleksi pada objek dan melakukan pengaturan skala pada objek gambar.

3. Smear Tool

Fitur ini berfungsi merubah salah satu sisi objek dengan lengkungan. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan bentuk baru dari objek yang digambar.

4. Swirl Tools

Fitur ini berfungsi memberikan efek memutar pada objek. Cara melakukannya hanya dengan melakukan drag and drop pada objek dan kamu bisa membuat gambar putaran sesuai keinginanmu.

5. Smooth Tool

Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk memperhalus sketsa atau garis gambar yang telah kamu buat.

6. Artictic Media Toolo

Sama seperti namanya, fitur ini berguna dalam membuat garis dengan berbagai gaya dan bentuk. Bentuk yang ada pada tools ini antara lain calligraphic, sprayer, brush hingga expression. Fitur ini juga memberikan fitur tambahan yakni smart drawing tool dan live sketch tool.

7. Open, New Document and Save

Hampir sama dengan aplikasi lainnya, Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur open, new document dan save. Ketiganya sangat diperlukan untuk membuka file yang telah disimpan, membuat lembar kerja yang baru dan menyimpan hasil karya yang telah dibuat. Dan masih banyak fitur lainnya.

Kelebihan Corel Draw

Beberapa kelebihan dari Corel Draw antara lain :

  1. Dapat mengkonversi bitmap menjadi vector dengan cara yang mudah.
  2. Mudah digunakan karena memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami.
  3. Memiliki resolusi gambar yang tinggi dengan kapasitas yang dapat disesuaikan mulai dari inchi hingga kilometer.
  4. Penyimpanan data memiliki format yang simple nama lengkap sehingga ekspor dan impor data dapat dilakukan dengan mudah.
  5. Proses pencetakan yang mudah.
  6. Menyediakan berbagai macam tools sehingga proses pengolahan vector dapat berjalan maksimal.
  7. Harga berlangganan yang cukup terjangkau jika dilihat dari fitur lengkap dan kualitas yang diberikan aplikasi ini.

Dukungan untuk komunitas dan forum yang banyak dan beragam sehingga memudahkan dalam berbagi ilmu pengetahuan seputar Corel.

Kekurangan Corel Draw

Setelah kelebihan yang beragam, Aplikasi ini juga memiliki sejumlah kekurangan antara lain :

  1. Jika ingin membuat tabel, sulit melakukannya dengan Corel, karena pada dasarnya aplikasi ini adalah aplikasi berbasis vector.
  2. File berukuran besar sehingga membutuhkan spek PC yang mumpuni ditunjang dengan RAM berkapasitas tinggi.
  3. Kualitas gambar kurang bagus ketika ada penggabungan 2 vektor dan bitmap.
  4. Kurang cocok digunakan untuk mengedit foto.

Baca Juga: Bonfire Photo Editor Pro, Dapatkan Hasil Lukisan Menakjubkan

Penggunaan aplikasi Corel memang bisa menjadi lebih mudah jika sungguh-sungguh. Namun, terkadang pemula masih bingung dengan banyaknya fitur yang ada dalam aplikasi ini. Semuanya butuh proses dan adaptasi, dengan tampilan Corel yang sederhana para pemula akan dengan sangat mudah beradaptasi dengan aplikasi desain grafis ini.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty − six =