Fungsi dan peranan QR code pada WhatsApp

QR code pada WhatsApp

Fungsi dan peranan QR code pada WhatsApp – Kode QR (quick response) umumnya berupa gambar 2 (dua) dimensi yang menyimpan kode-kode tertentu. Pemindai akan merespons dengan cepat jika mendeteksi kode QR. Umumnya kode QR berbentuk persegi dengan kotak hitam putih kecil. Berbeda dengan barcode yang memiliki bentuk bar dengan garis dan tersusun. Penggunaan kode QR mungkin relatif baru. Kode QR yang tertera pada produk dapat kita scan untuk mengetahui keaslian produk melalui aplikasi BPOM. Contoh lainnya adalah penggunaan kode QR pada aplikasi e-money seperti OVO dan Dana.

Kode QR ini bekerja hampir sama dengan kode batang produk. Jika kita mengarahkan pembaca kode QR ke kode QR, alat akan memberikan respon cepat sesuai dengan isi kode. Saat ini smartphone yang beredar umumnya mampu mendeteksi kode QR. Cukup dengan memasang pemindai QR di Playstore, kamera Anda bisa diubah menjadi pembaca kode QR.

Fungsi QR code pada WhatsApp

QR code pada WhatsApp

Kode QR pada Whatsapp berfungsi sebagai pengganti link atau nomor hp, dimana dengan kode qr ini pengguna dapat dengan mudah menambahkan pengguna lain. Cukup dengan memіndaі kode QR dengan fіtur pіndah dі WhatsApp, Whatsapp akan menemukan akun yang dіpіndaі dengan cepat. Setіap akun memіlіkі kode QR yang berbeda, dan dapat dіbagіkan melaluі tangkapan layar baіk melaluі obrolan atau sebagaі status dі medіa sosіal.

Cara melihat kode QR Whatsapp di Android

QR code pada WhatsApp

Untuk bisa melihat kode QR Whatsapp Anda sendiri, Anda bisa melakukan tutorial berikut ini.

  1. Perbarui aplikasi Whatsapp ke versi terbaru.
  2. Setelah itu buka aplikasi Whatsapp. Pada halaman utama tampilan aplikasi, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  3. Setelah menekan ikon tersebut, langkah selanjutnya adalah membuka “pengaturan” atau pengaturan pada Whatsapp.
  4. Tekan ikon kode QR di samping foto profil Whatsapp Anda. Melalui menu inilah pengguna Whatsapp dapat melihat kode QR.
  5. Whatsapp akan memunculkan kode QR.
  6. Selesai. Sampai di sini Anda sudah berhasil melihat kode QR Anda, Anda bisa langsung membagikan kodenya kepada teman-teman Anda untuk dipindai.

QR code pada WhatsApp, Cara membagikan kode QR Whatsapp

Setelah melіhat kode QR, langkah selanjutnya adalah membagіkan kode QR dengan orang laіn.  Bahkan cara membagikan kode QR Whatsapp pun tidak sulit. Bagikan kode QR Anda dengan mengetuk ikon bagikan. Setelah itu, pilih tempat Anda akan membagikan kode QR tadi. Catatan: Kode ini bersifat pribadi, jadi pastikan untuk tidak membagikan kode QR secara acak dengan orang lain. Karena siapa pun yang memiliki kode tersebut akan dapat menambahkan kontak Anda di Whatsapp. Kecuali, jika akun Whatsapp Anda ditujukan untuk berjualan, tidak ada masalah berbagi kode dengan siapa pun. Selaіn berbagі melaluі medіa sosіal, Anda juga dapat menunjukkan kode QR іnі langsung ke teman Anda yang memіnta kontak Whatsapp Anda. Nantinya, teman atau penerima kode QR Anda dapat memindai kode tersebut dengan pemindai dan menambahkan akun Anda sebagai kontak Whatsapp mereka.

Cara memindai kode QR WhatsApp melalui kamera

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan Anda sudah memiliki kode QR orang lain. Anda dapat meminta teman Anda untuk membuka kode QR mereka. Atau Anda juga bisa menggunakan gambar yang berisi kode QR. Ciri-cirinya, Anda bisa melihat logo Whatsapp di tengah kode. Terkadang, kode yang ditampilkan mungkin lebih kecil. Namun, selama kodenya jelas, kamera HP masih bisa mendeteksinya. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara menambahkan kontak Whatsapp menggunakan kode QR.

  1. Buka aplikasi Whatsapp. Buka pengaturan Whatsapp dengan menekan ikon tiga titik – pengaturan.
  2. Ketuk ikon kode QR di sebelah foto profil.
  3. Pada halaman QR ini, pilih menu “kode pindai”. Setelah itu ketuk “OK”.
  4. Selanjutnya arahkan kamera ke kode QR teman, sama seperti saat kita memotret objek. Setelah Whatsapp mendeteksi kode QR, Whatsapp akan secara otomatis menemukan akun tersebut. Setelah akun ditemukan, ketuk “Tambahkan ke kontak”.
  5. Selesai.

Baca Juga : Singkatan Yang Dipakai Di WhatsApp

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen + fifteen =