Harvest Moon Android: Warna baru Petualangan Lama

Harvest Moon Android

Harvest Moon Android – Harvest Moon Android adalah bagian seri permainan video Harvest Moon memang sudah dan masih populer di berbagai kalangan. Permainan yang repetitif namun rewarding dan juga edukatif. Dari format Nintendo hingga sekarang, Harvest Moon hadir di Android.

Bisa dibilang, nostalgia merupakan senjata utama dalam pengembangan permainan ini. Secara tidak banyak hal baru yang diberikan oleh Harvest Moon versi Android. Nyaris tidak ada tambahan yang bisa dibilang baru dan bagus di dalam permainan ini.

Namun apa sih yang membuat permainan ini paling tidak layak untuk dimainkan? Berikut pembahasan dari Harvest Moon Android. Kita akan lihat kenapa ini adalah warna dan format baru untuk Harvest Moon namun masih tetap menjadi petualangan lama yang pernah kita jelajahi.

Harvest Moon Android: Warna baru Petualangan Lama

Perkembangan Harvest Moon Android

Harvest Moon Android
Harvest Moon Android

Harvest Moon dikembangkan sebagai permainan video untuk mensimulasikan kehidupan. Ia awalnya berjudul dalam bahasa jepang: Bokujo Monogatari. Sederhananya, ia merupakan gambaran “kisah dari desa” untuk mengajarkan anak-anak bagaimana kehidupan di desa semestinya.

Harvest Moon Android sama seperti pendahulunya. Ken Takahashi selaku pengarah utama permainan ini menceritakan bahwa urbanisasi menjadi alasannya mencoba membuat permainan ini. Baginya, modernisasi di Jepang memang membuat mereka lepas hubungan dengan desa.

Menurut Setsuko Mikayoshi, salah satu produser permainan ini, Harvest Moon diinginkan untuk menjadi gambaran ideal. Ia ingin anak-anak dan orang dewasa yang memainkan permainan ini untuk kembali lagi menghargai kehidupan yang lebih monoton namun tentunya memiliki pesan mendalam.

Awalnya, Harvest Moon Android hanya memiliki satu orang karakter: seorang laki-laki sebagai perwakilan pemain. Ini karena ia tidak memiliki nama atau karakteristik apapun selain yang diberikan oleh pemain. Ia juga dipanggil sebagai nama pemain.

Di tengah populernya permainan – permainan berlingkup besar seperti Square Enix dengan serial Final Fantasy-nya, Harvest Moon memilih jalur lain. RPG yang ia tawarkan berdasarkan kehidupan nyata dan dengan penghitung waktu yang riil.

Jadi, Harvest Moon Android bisa dibilang merupakan pendekatan alternative RPG. Ketika permainan lain berusaha untuk menjadi lebih unik dan aneh dengan desain karakternya, Harvest Moon tampil bersahaja dan sederhana.

Inilah Perkembangan Harvest Moon Android

Permainannya pun sangat mirip dengan dunia nyata. Di awal permainan, anda memainkan si karakter yang memiliki tanah luas namun kosong. Disini anda bisa membeli bibit tumbuhan. Anda harus menyirami setiap hari bila tumbuhan itu akan berbunga dan berbuah untuk dijual.

Di dalam permainan Harvest Moon Android yang sama, anda juga bisa membeli hewan. Hewan ini ada sapi dan juga ayam. Ayam lebih mudah diternakkan karena hanya butuh makan dan dimasukkan ke rumah untuk menghindari kejaran Anjing dan badai.

Sementara itu, bila anda beternak sapi, anda harus membeli berbagai keperluan dan juga merawatnya. Perawatan sapi lebih kompleks karena harus digosok, dimandikan dan juga diperah susunya agar menghasilkan dan tetap sehat.

Setelah beberapa lama di sini anda bisa menghasilkan uang (di dalam permainan) dengan menjualnya ke pasar. Harvest Moon Android  memiliki fitur serupa dengan menugaskan beberapa tokoh di dalam permainan untuk menjadi penjual.

Lewat uang yang didapat, anda bisa membeli kayu untuk memperbesar rumah. Anda juga bisa membeli banyak sekali barang dan hewan lain untuk memperbesar peternakan yang sekarang anda miliki. Tak lupa, anda juga bisa berinteraksi dengan banyak sekali orang.

Fitur lain yang disukai banyak orang sepertinya adalah membangun hubungan. Anda bisa membangun hubungan dengan berbagai karakter Harvest Moon Android bahkan hingga menikah. Namun ini tentunya membutuhkan banyak sekali kebutuhan dan waktu yang sangat lama.

Pengembangan Baru Rune Factory

Kelemahan utama permainan Harvest Moon adalah pekerjaan yang repetitif dan monoton. Ini memang disengaja untuk meniru kehidupan pedesaan yang umumnya terjadi. Namun bila dimainkan secara lama, ia jelas membutuhkan kesabaran, kejelian dan kedisiplinan untuk naik level.

Ini memang di satu sisi merupakan kebahagiaan yang sederhana, namun di sisi lain, ia bisa menjadi membosankan. Untuk itulah pengembangan baru dari produksi AMCUS menggabungkan faktor petualangan dan juga aksi.

Beberapa fans permainan Harvest Moon mengatakan bahwa kustomisasi dan lahan eksplorasi yang terbatas membuat permainan menjadi membosankan. Ini karena tidak ada dinamika yang berarti di antara awal main dan proses hingga akhir.

Maka dari itu, AMCUS merilis Rune Factory sebagai ekspansi dari Harvest Moon. Disini anda bisa bermain sebagai seorang petualang yang juga berternak dan bercocok-tanam. Bisa dibilang ini adalah gabungan HS dan FF.

Kombinasi Final Fantasy dan permainan Harvest Moon memiliki kesuksesan yang tinggi. Di Rune Factory anda bisa berpetualang menjelajah banyak sekali laman dan petualangan baru. Namun grafik yang kurang baik serta kembali lagi – mekanisme permainan repetitif menjadi batu sandungan utama.

Hal ini membuar Rune Factory tutup usia di beberapa tahun belakangan. Namun permainan ini masih memiliki fans yang cukup loyal. Utamanya karena mereka menawarkan perspektif dan dasar mekanisme yang baru untuk permainan masa itu.

Fitur Baru

Beberapa fitur ini dikembangkan kembali untuk gawai. Permainan Harvest Moon menjadi salah satu unduhan yang cukup populer karena memiliki mekanisme lama namun dengan beberapa update yang cukup baik bagi permainan di gawai.

Karakter Baru harvest moon android

Tidak hanya satu, kini di dalam versi Android ada beberapa karakter baik laki-laki maupun perempuan untuk dimainkan. Sayangnya desain mereka tidak terlalu berpengaruh di dalam permainan. Bentukan dan gambar mereka tidak signifikan.

Map Yang Lebih Besar

Peta yang lebih besar menawarkan eksplorasi yang lebih luas dan menyenangkan. Ini adalah faktor utama yang membuat permainan Harvest Moon bisa dibilang baik untuk ukuran permainan Android. Disini anda bisa menikmati lebih banyak waktu menjelajah dan menemukan tanaman baru

Resolusi Baik dan Mulus

Sebagai permainan repackage, permainan ini cukup memiliki visual yang baik. Sayangnya ia memiliki gaya visual yang bisa dibilang cukup tua. Meski begitu ini masih terhitung positif karena ia lebih mengundang nostalgia dibandingkan kebosanan.

Kritik Akhir

Permainan harvest moon memiliki skor yang cukup tinggi. Namun anda diharapkan menyediakan ruang RAM dan memori yang besar agar mereka beroperasi secara baik. Ini dikarenakan banyak sekali hal yang akan terjadi namun memakan memori.

Kembali lagi, nostalgia menjadi hadiah utama yang ingin disediakan disini. Tidak terlalu banyak perubahan yang revolusioner dan mengubahkan. Semuanya bisa dibilang hanya paket ulang yang diberi kosmetik cantik.

Bila anda mau, maka anda bisa mengunduh ini di Google Play Store. Kami sendiri menyarankan selain nostalgia, permainan harvest Android memiliki permainan yang cukup mengasyikkan untuk beberapa saat. Sebagai mini-game ia menjadi sesuatu yang mengasyikkan dan lancar.

Dibandingkan permainan lain, Harvest Moon Android bisa dibilang cukup baik. Meskipun kami pikir bila anda memiliki memori yang sama besar maka anda lebih baik memainkan GTA San Andreas versi gawai android dengan pengalaman open-box yang serupa. Baca juga : my talking angela 2 mod apk cara main makin asik dan seru ini ya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *