20 Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas Terbaru 2022

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas – Salah satu masalah yang paling sering ditemui oleh pengguna gadget terutama iPhone adalah overheat atau kepanasan. Masalah ini disebabkan oleh berbagai faktor yang ditandai dengan suhu smartphone meningkat pesat, bahkan sampai terasa di permukaan tangan. Meskipun iPhone terkenal dengan kualitas dan kemampuan sistem operasinya yaitu iOS, tetapi iPhone juga dapat mengalami overheat. Karena itu, sangat penting sebagai pengguna iPhone untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi iPhone cepat panas sehingga umur smartphone kita dapat lebih panjang dan terhindar dari kerusakan akibat panas berlebih.

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Apa Itu Overheat?

Overheat merupakan istilah yang merujuk pada suatu mesin ketika suhu mesin tersebut lebih panas dibanding biasanya. Pada mesin smartphone, overheat ditandai dengan casing yang terlalu panas apabila dipegang. Penyebab overheat cukup beragam, paling umum adalah kinerja mesin yang terlalu berat seperti bermain game atau streaming video. Sebenarnya, overheat pada titik tertentu dapat ditahan oleh mesin smartphone masa kini. Bahkan telah memiliki sistem throttling atau pelambatan kinerja mesin untuk membantu mendinginkan suhu smartphone, meskipun kinerja smartphone akan menurun sekitar 20% sampai dengan 30%.

Tidak hanya dari segi kinerja mesin smartphone yang bekerja terlalu keras, overheat juga bisa disebabkan oleh gangguan IOS seperti invasi virus yang membuat hubungan antara software dan hardware menjadi tak seimbang. Sehingga membuat kinerja hardware semakin berat sehingga menimbulkan panas berlebih. Kondisi overheat juga berpengaruh kepada SOT (Screen on Time) layar sehingga penggunaan SOT sangat singkat dan baterai lebih cepat habis, bahkan dapat mengakibatkan kerusakaan pada baterai.

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Ada banyak sekali penyebab iPhone cepat panas, baik itu dari faktor dalam maupun luar. Dengan Anda mengetahui apa saja penyebabnya, serta bagaimana cara mengatasi iPhone panas, Anda akan lebih sigap apabila mengalami kondisi overheat ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara ampuh mengatasi iPhone overheat yang telah kami rangkum;

1. Uninstall Aplikasi Berlebih

Multitasking merupakan istilah untuk menjelaskan bahwa Anda dapat bekerja pada tugas banyak sekaligus. Di smartphone, Anda bisa melakukan multitasking dengan membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa harus menutupnya.

Umumnya, fitur ini menggunakan RAM yang banyak tetapi tahu kah Anda, bahkan penggunaan aplikasi berlebih juga dapat membebani mesin iPhone sehingga membuatnya lebih panas. Apabila tidak digunakan, lebih baik aplikasi yang tidak diperlukan di latar belakang ditutup saja. Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga memakan daya baterai yang besar sehingga lebih boros daya.

2. Mematikan GPS dan Hindari Bermain Game

GPS (Global Positioning System) merupakan fitur yang hadir di semua smartphone saat ini. Dengan fitur ini, Anda dapat pergi ke semua tempat tanpa harus takut tersesat dengan cara melihat Map pada smartphone. Tetapi, fitur ini memakan begitu banyak energi sehingga membuat smartphone cepat panas dan baterai lebih boros. Bahkan, penggunaan GPS bisa dikatakan setara ketika Anda sedang streaming video kualitas FHD.

Karena itu, jangan aktifkan GPS apabila Anda tidak memerlukannya. Begitupun saat bermain game atau streaming video, batasi waktu penggunaan dan beri istirahat pada iPhone untuk membantunya menjaga suhu.

3. Mengaktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat atau Airplane Mode merupakan fitur yang ada pada smartphone masa kini. Fitur ini berguna untuk mempermudah pengguna untuk memutus semua hubungan internet dan jaringan selular ketika ingin naik pesawat karena di pesawat, Anda dilarang untuk menyalakan jaringan.

Perlu Anda ketahui, smartphone memerlukan energi yang besar untuk menangkap jaringan, bahkan bisa menyedot banyak bar baterai ketika jaringan tersebut susah didapat karena mesin bekerja keras untuk itu. Disarankan untuk Anda mengaktifkan mode pesawat pada waktu-waktu tertentu seperti sedang mengcharge handphone, mengistirahatkan iPhone, dan ketika Anda sedang tidur. Dengan begitu, mesin tidak akan bekerja dalam mencari jaringan dan iPhone Anda bisa lebih awet daya dan dingin.

4. Kurangi Tingkat Brightness

Pencahayaan berlebih pada layar iPhone dapat meningkatkan panas smartphone pada tiga titik, yaitu mesin, layar, dan baterai. Brightness paling tinggi dapat memakan daya baterai sangat besar dan membuatnya cepat habis.

Pada umumnya, level tertinggi brightness smartphone terbilang cukup terang sehingga hampir semua orang dapat melihat dengan jelas di tingkat brightness 80%. Alih-alih menggunakannya di tingkat tertinggi, lebih baik atur untuk keseharian di angka 30% sampai dengan 70% saja.

Apabila Anda ingin menggunakan tingkat cahaya tertinggi, jangan terlalu lama dan gunakan sewajarnya saja karena tidak hanya berdampak pada smartphone, tetapi bisa juga membuat mata pengguna lebih cepat lelah. Tips dari kami untuk mengatasi mata cepat lelah ketika memandang layar smartphone, bahkan di level brightness tertinggi adalah mengaktifkan night mode.

5. Jangan Menggunakan Case HP

Smartphone yang panas harus menyalurkan hawa panas tersebut keluar dari mesin. Karena itu lah, casing bawaan smartphone pada umumnya terbuat dari bahan yang mudah mengantarkan panas sehingga panas dalam mesin tidak terperangkap. Tetapi banyak pengguna yang menambahkan case tambahan dengan berbagai alasan, mulai dari alasan agar smartphone terlihat lebih stylish, sampai dengan alasan keamanan.

Kami menyarankan untuk tidak menggunakan case smartphone apabila smartphone Anda cepat panas. Jika Anda ingin menggunakan case, pilih lah bahan case yang mudah menyerap panas dan hindari penggunaan softcase yang terbuat dari karet karena karet bukan konduktor panas yang baik.

6. Hindari Penggunaan Ketika Isi Daya

Ketika melakukan charging, smartphone akan mengalami panas pada bagian baterai karena terdapat arus listrik yang masuk. Suhu smartphone pada saat charging bahkan bisa menyentuh 45 derajat celcius dan angka tersebut terbilang cukup panas. Bisa dibayangkan ketika pada suhu tersebut, smartphone digunakan baik itu streaming video atau bermain game, suhunya akan meningkat jauh lebih cepat dan dapat merusak baterai secara permanen.

Meskipun terdapat sistem throttling dan pelambatan daya arus masuk ketika suhu baterai terlalu tinggi, tetapi tetap saja dapat menimbulkan suhu yang ekstrem dan membuat iPhone Anda cepat rusak.

7. Memeriksa Penggunaan Baterai

Tidak hanya dari segi software, overheat iPhone juga bisa diakibatkan oleh masalah hardware, seperti baterai. Baterai yang sudah rusak bisa mengakibatkan smartphone menjadi lebih panas dari biasanya. Sangat penting untuk memeriksa kesehatan smartphone Anda dan jangan tunda untuk melakukan pergantian apabila mengalami gejala baterai bocor karena dapat berakibat buruk pada smartphone. Kesehatan baterai dapat dilihat dari Screen on Time-nya, apabila yang tadinya 100-0 bisa bertahan hingga 6 jam, sekarang berkurang menjadi 2-3 jam saja, berarti baterai iPhone Anda mulai memburuk.

8. Hindari Pendingin

Jika smartphone Anda terasa panas, jangan pernah untuk memasukkannya ke dalam lemari es karena hal itu bisa merusak baterai dan mesin. Kenapa? Karena suhu yang tadinya begitu tinggi tiba-tiba turun bahkan menyentuh angka 0 derajat bisa membuat “shock” dan merusak komponen smartphone.

Cara yang paling baik untuk menurunkan suhu smartphone adalah menurunkannya dengan pelan-pelan dalam waktu tertentu, misal 1 menit, turun 1 derajat. Anda bisa menggunakan pendingin khusus yang disebut fan cooler saat Anda sedang bermain game yang berguna untuk menjaga suhu tetap stabil.

9. Hindari Tempat Bersuhu Tinggi

Pengguna smartphone sering melakukan kesalahan fatal seperti menempatkan handphone di dashboard mobil dan membiarkan HP-nya panas terkena sinar matahari. Paparan sinar matahari memberikan suhu yang panas dan apabila mengenai smartphone, suhunya dapat meningkat drastis.

Usahakan untuk menjaga iPhone Anda agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Suhu ruangan juga harus diperhatikan, jangan sampai terlalu dingin dan terlalu panas.

10. Mematikan iPhone

Cara mengatasi iPhone cepat panas yang satu ini merupakan cara paling worth karena ampuh dalam menurunkan suhu iPhone. Meskipun itu berarti, Anda tidak bisa menggunakan smartphone Anda. Jika memang suhu smartphone sudah terlalu tinggi, lebih baik istirahatkan beberapa menit dengan cara mematikannya.

Baca Juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Lemot Terbaru 2022

Kesimpulan : Suhu tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor luar dan dalam. Dari faktor luar, Anda harus memperhatikan kualitas casing, kualitas charger, dan suhu ruangan. Sedangkan faktor dalam, perhatikan kesehatan baterai, manajemen aplikasi, dan tingkat brightness layar Anda.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin