Ketahui Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

Ketahui Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi – Memeriksa dan membersihkan Hp secara rutin bisa membantu menjaga ketahanan Hp itu sendiri. Memeriksa touchscreen Hp juga harus dilakukan sesekali untuk mengetahui apakah touchscreen pada Hp masih berfungsi dengan baik atau tidak, terutama pada Hp Xiaomi. Adapun cara mengecek touchscreen Xiaomi ada dua yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Cara cek touchscreen yang pertama ialah tanpa aplikasi. Pada cara ini bisa dilakukan secara manual tanpa membutuhkan bantuan aplikasi. Tapi jika dirasa memeriksa touchscreen Hp Xiaomi masih kurang membantu, bisa menggunakan aplikasi. Terdapat beberapa aplikasi untuk memeriksa touchscreen Hp Xiaomi. Berikut ini cara cek touchscreen Hp Xiaomi, antara lain:

Cara Cek Touchscreen Tanpa Aplikasi

Cara mengecek touchscreen Xiaomi yang pertama ialah tanpa menggunakan aplikasi. Bagi pengguna yang takut memori cepat penuh dan sayang kuota hanya untuk install aplikasi pemeriksa touchscreen Hp, cara yang satu ini bisa menjadi solusinya. Caranya adalah dengan menekan dial number. Xiaomi memang dikenal memiliki beberapa kode dial number untuk memeriksa kondisi Hp Xiaomi.

Cara cek keadaan touchscreen Hp dengan dial number adalah dengan menekan angka *#*#64663#*#*, kemudian telepon. Setelah ditelpon, maka pada layar Hp akan muncul halaman pemeriksaan Xiaomi, pilih touch sensor. Setelah itu akan muncul kotak dan pengguna harus menekan sampai kotak mengalami perubahan warna.

Ketika sudah melakukan pemeriksaan, pengguna bisa tahu apakah touchscreen Hp masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika touchscreen masih bagus, maka layar akan menampilkan seluruh warna di setiap kotak. Tapi jika layar hanya menunjukkan warna putih dan tidak ada perubahan, maka touchscreen Hp mengalami gangguan.

Cara Cek Touchscreen dengan Aplikasi

Cara kedua adalah dengan bantuan aplikasi. Dengan bantuan aplikasi pemeriksaan akan jadi lebih cepat dan tidak akan repot. Terdapat beberapa aplikasi untuk memeriksa kondisi touchscreen pada Hp. Dibawah ini rekomendasi aplikasi untuk cek touchscreen Hp Xiaomi, yaitu:

1. Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi, Touchscreen Test

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

Sesuai dengan nama aplikasi, aplikasi ini memiliki fungsi untuk memeriksa kondisi touchscreen pada Hp. Bagi pengguna HP Xiaomi, aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Cara melakukan test pun cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan bentuk pada layar agar berubah warna.

Pertama-tama unduh aplikasi Touchscreen Test, setelah terbuka aplikasi tekan tombol start test. Lalu layar akan dipenuhi dengan bentuk lingkaran yang haru sentuh. Pengguna harus penuhi warna hijau pada layar. Jika kesulitan saat menekan semua lingkaran, maka touchscreen Hp bermasalah. Jika mengalami hal demikian, segera periksa Hp ke toko servis Hp.

2. MultiTouch Tester

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

Aplikasi pemeriksa touchscreen Hp Xiaomi selanjutnya ialah MultiTouch Tester yang juga tersedia di Google Playstore. Cara memeriksa touchscreen melalui aplikasi ini cukup berbeda. Pada layar aplikasi akan muncul angka, pengguna cukup menekan layar Hp dengan jari sebanyak mungkin. Semakin banyak angka yang muncul menandakan bahwa touchscreen Hp masih berfungsi dengan baik.

3. Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi, Dead Pixels Test and Fix

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

Jika sudah yakin touchscreen pada layar Hp sudah mengalami kerusakan, maka bisa menggunakan aplikasi Dead Pixels Test and Fix. Aplikasi ini bertujuan untuk memeriksa dan memperbaiki layar HP. Pertama unduh aplikasi dan buka tampilan aplikasi, maka terdapat dua pilihan yaitu check dead pixels dan fix dead pixel. Pertama periksa terlebih dahulu dengan menekan check dead pixels.

Untuk memeriksa terdapat dua cara yaitu secara auto dan manual. Untuk cara auto layar otomatis akan berubah warna yang menandakan layar Hp masih berfungsi dengan baik. Dengan cara manual, pengguna hanya perlu menekan-nekan layar agar layar mengalami perubahan warna. Jika warna layar tidak berubah maka ada kerusakan, segera tekan fix dead pixel untuk mengatasinya.

Itulah beberapa cara mengecek touchscreen xiaomi, yaitu tanpa menggunakan aplikasi dan dengan menggunakan aplikasi. Dua cara ini sama-sama efektif, jika tidak ingin ribet, gunakan cara manual tanpa aplikasi, karena cara tersebut juga sudah bawaan dari Xiaomi. Tapi jika lebih yakin dengan hasil dari aplikasi, pengguna bisa memilih dan menggunakan aplikasi diatas.

Baca Juga : Cara Merawat Layar Touchscreen.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *