Lupa Kata Sandi Facebook

Lupa Kata Sandi Facebook

Lupa Kata Sandi Facebook – Facebook merupakan sosial media yang pengunduhnya mencapai 5 juta lebih. Platform ini menyediakan fitur-fitur yang digunakan untuk berkomunikasi dan promosi bisnis.

Sayangnya, ketika sudah lama tidak membuka akunnya terkadang lupa kata sandi facebook. Namun tak perlu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. Simak ulasannya berikut.

Solusi Lupa Kata Sandi Facebook

Lupa Kata Sandi Facebook

1. Reset Password Pakai Nomor HP

Sejak kemunculannya beberapa tahun silam, facebook telah menjelma sebagai sosial media dengan miliaran pengguna. Lewat platform ini hampir semua orang akan terhubung meskipun berbeda negara. Keluarga yang berada di tempat jauh tetap bisa berkomunikasi dengan keluarganya. Melalui facebook hubungan keluarga dan pertemanan tetap terjalin baik.

Untuk membuat akun facebook biasanya anda diminta keterangan email, no hp, dan kata sandi. Tiga komponen tersebut cukup penting untuk login kembali di lain waktu. Namun kesulitan saat login terjadi bila anda lupa password akun sendiri. Boleh jadi penyebabnya kata sandi terlalu rumit, atau benar-benar lupa karena memiliki beberapa akun sosial media lain.

Maka solusinya anda bisa menggunakan nomor HP supaya login kembali ke facebook. Tapi sebelumnya pastikan nomor HP masih terkait dengan akun facebook anda. Selain itu, nomor dalam kondisi aktif dan bisa dihubungi. Apabila nomor hilang berarti urus dulu di pusat layanan provider kartu. Prosesnya tidak lama, cukup serahkan fotokopi KTP ke service center terkait.

Bagi yang lupa kata sandi facebook, anda langsung membuka laman facebook terlebih dulu. Kemudian masukkan nomor HP di kolom dan tab tombol “Cari”. Setelahnya muncul pop up yang menanyakan password, tapi langsung saja pilih “Coba cara lain”. Berikutnya anda akan dibawa ke halaman “Pilih cara untuk login”, barulah klik menu “Kirim kode melalui SMS”.

Lalu arahkan kursor pada “Selanjutnya”, isi kode 6 digit yang telah dikirimkan. Anda akan mendapatkan notifikasi SMS yang berisi kode dari facebook. Jika sudah menerima SMSnya, ketik kode tersebut ke kolom yang tersedia. Tap “selanjutnya” untuk mengisi kata sandi baru lalu pilih “selanjutnya”. Usahakan password kali ini mudah diingat atau tulis di note.

2. Reset Sandi Lewat Email

Bisa dibilang metode ini lebih mudah untuk memulihkan akun facebook, ataupu mengganti kata sandi. Langkah-langkahnya singkat dan tidak sukar dipahami, apalagi untuk newbie maupun awam sosial media. Pertama, masuk dulu ke website resmi facebook hingga muncul halaman utama. Klik “Lupa akun” apabila anda lupa baik email atau password pribadi.

Selanjutnya anda akan disuguhkan tampilan, isi email atau nomor telepon akun facebook terkait. Apabila lupa kata sandi facebook boleh memanfaatkan username atau naka facebook, guna mencari akun pribadi anda. Pada opsi pemulihan disarankan pilih metode kedua yaitu melalui email. Kemudian klik “Lanjutkan” untuk ke tahap berikutnya.

Pengguna akan mendapatkan notifikasi dari email yang bertaut. Buka pesan masuk tersebut di email dan lihat kode yang dikirimkan. Masukkan kode yang tertera ke kolom yang tersedia di facebook. Kemudian ganti kata sandi yang akan digunakan, berikan password yang mudah diingat. Bila perlu catat dalam note smartphone, jadi sewaktu waktu membutuhkan tidak lagi bingung.

3. Manfaatkan Fitur Kontak Terpercaya

Ketika pertama kali mendaftar akun facebook, pengguna akan diberi pertanyaan kontak siapa yang bisa dihubungi. Tujuannya untuk berjaga-jaga saat lupa kata sandi facebook. Atau ketika login akun bisa diatur kontak terpercaya pada menu setting. Caranya pada opsi pemulihan anda pilih “Tidak punya akses ke sini lagi?”. Ini berlaku bila lupa email sekaligus passwordnya.

Selanjutnya diminta memasukkan alamat email baru, kalau belum punya silahkan daftar dulu melalui gmail atau yahoomail. Masuk ke halaman ‘Minta Bantuan pada Kontak Terpercaya Anda’. Setelah itu klik “Tampilkan Kontak Terpercaya Saya” agar bisa dihubungi. Ketik nama salah satu kontaknya dan tap “Konfirmasi”. Facebook akan menampilkan semua nama kontak ini.

Hubungi satu per satu 3 kontak tersebut guna meminta kode keamanan. Khusus kontak terpercaya anda bisa mengandalkan keluarga atau teman dekat yang mempunyai akun facebook. Sebelumnya katakan ke kontak bersangkutan bahwa anda lupa kata sandi facebook. Sehingga nanti mudah meminta bantuan agar ketiganya login ke facebook dan melakukan recovery.

Tiga kontak tersebut akan menjumpai sebuah halaman lalu klik “Lanjutkan”. Muncul kolom berisi pertanyaan, arahkan teman untuk memilih opsi pertama. Selanjutnya akan keluar kode keamanan yang diperlukan untuk atur ulang password. Kembali pada kolom pertama dan isi kode-kode yang didapatkan. Ganti password yang diinginkan lalu lanjutkan login kembali.

4. Gunakan Form Bantuan Facebook

Apabila email atau nomor HP tidak dapat diakses, anda bisa menggunakan cara satu ini. Fitur form bantuan facebook terbukti bisa memulihkan akun hilang, hingga dibajak supaya tidak bisa login. Buka dulu halaman ‘Laporkan Masalah Masuk Facebook’. Isi data email, deskripsi masalah, serta screenshot pesan error yang sedang dialami.

Anda tinggal menunggu balasan dari pihak facebook melalui email. Jadi sesekali cek pesan masuk supaya tidak ketinggalan informasi. Masalah lupa kata sandi facebook biasanya cepat ditangani dan segera mendapatkan solusi. Kemungkinan pengguna akan diminta merubah password baru.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Tak Bisa Login Facebook

Tidak bisa login facebook

1. Keluar Akun Setelah Login

Biasakan logout akun setelah masuk melalui PC agar tidak mudah dihack. Jangan biarkan akun anda dalam kondisi login ketika pernah login lewat komputer atau laptop. Sebab hacker mudah melacak nomor IP pada setiap versi PC, jadi bukan hal sulit untuk mengambil alih akun.

2. Pastikan Akun Tidak Di Hack

Apabila akun facebook dihack bisa dipastikan hacker akan mengubah sandi, email, nomor HP, dan lainnya. Harap berhati-hati dengan para hacker ini karena akun bisa disalahgunakan. Jika sudah begitu akan sulit untuk melakukan pemulihan akun. Anda harus meminta bantuan ke beberapa ahli guna mengembalikan akun, atau sekalian hapus akun.

3. Buat Sandi yang Hanya Dikenali Sendiri

Usahakan kombinasi password jangan terlalu mudah maupun rumit. Hindari pakai password tanggal ulang tahun atau angka mudah ditebak. Tulis kata sandi pada note smartphone supaya jika login kembali tinggal mencantumkan pada kolom password. Hal ini berlaku untuk semua akun sosial media.

4. Jangan Simpan Kata Sandi

Ketika login anda akan mendapat pemberitahuan untuk simpan password otomatis. Jika ingin akun tetap aman disarankan untuk mengabaikan perintah tersebut. Terkadang laptop atau komputer bukan hanya anda yang memakai. Jadi untuk menghindari data pribadi tersebar catat password di tempat aman.

Majunya teknologi dan informasi mambuat siapapun patut waspada. Tetap menggunakan sosial media tapi rahasiakan semua info pribadi. Takutnya ada oknum tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan. Terutama facebook yang notabene platform besar dan banyak pengguna. Apabila lupa password segera lakukan pemulihan melalui berbagai cara.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *