3 Cara Melihat Jawaban di Google Form 100 % Work

Cara Melihat Jawaban di Google FormMenyambung dari artikel sebelumnya  mengenai cara membuat pertanyaan dan mengisi jawaban di Google Form. Artikel berikut ini akan menjelaskan bagaimana kamu melihat jawaban pada Google From. Dengan catatan bahwa cara tersebut ini tidak disalahgunakan sebagaimana mestinya.

 

Terkadang perkembangan digital khususnya internet sangat berperan penting sekali, terutama dalam dunia Pendidikan ini. Kita di tuntut untuk cepat dalam menyesuaikan diri apalagi terhadap teknologi. Jadi teman-teman harus paham bagaimana cara teknologi berkerja. 

Sebenarnya konsep mengetahui jawaban dari Google form cukup mudah. Teman-teman tidak perlu menunggu si pembuat soal tersebut, kalian bisa mengkoreksi sendiri dan melihat jawaban kalian apakah teruji benar atau tidak. Namun tetap digunakan dengan fungsi dan kebutuhannya, yang bijak.Melihat Jawaban di Google Form

Cara Mengetahui Jawaban di Google Form

Berikut ini beberapa cara atau tutorial yang sudah kami rangkum untuk teman-teman sekalian : 

1. Mengetahui Jawaban Google From melalui Via Viewfo

Walaupun cara tersebut di larang, tapi sudah banyak tersebar mengenai hal tersebut. Hanya saja kamu harus menggunakan cara tersebut secara baik dan bijak. Maksud artiannya ialah gunakan cara tersebut untuk tujuan sekedar mengetahui saja tidak ada maksud terselubung lainnya.

Dan tak kalah pentingnya kita tak perlu repot menunggu guru untuk menginfokan hasilnya, setidaknya rasa penasaran ini sedikit terjawab dengan mengetahui jawaban teman-teman. Apakah benar atau tidak. Berikut petunjuknya: 

  1. Masuk ke dalam link soal Google form 
  2. Kemudian tambahkan situs web “view form” pada link url sebelumnya. Contohnya seperti ini https://docs.google.com/forms/d/e/plsd/viewform 
  3. Selanjutnya rubah bagian viewform menjadi “view analytics” seperti ini https://docs.google.com/forms/d/e/plsd/viewanalytics
  4. Setelah berhasil maka secara otomatis akan memunculkan jawaban asli dari form Google form tersebut.

Dengan catatan untuk mengetahui jawaban Google form seperti tutorial di atas bisa diakses apabila si pembuat soal mengaktifkan mode see summary charts and text responses. Karena begitu untuk mengetahui jawaban pada Google form ini tentu bisa berhasil atau tidak. 

2. Mengetahui Jawaban Google Form melalui Via Browser atau Internet

Metode ke dua ini terbilang cukup mudah. Teman-teman cukup memerlukan device lain untuk melakukan pencarian jawaban pada browser internet. Walaupun cukup rumit dan harus extra terhadap usaha yang dikeluarkan tapi cara ini cukup setimpal agar kamu mengerti soal yang kamu kerjakan benar atau salah. 

3. Mengetahui Jawaban Google Form Siswa

Kalau kamu seorang guru kamu dapat mengetahui jawaban yang sudah di isi oleh siswa kamu loh! Caranya cukup simple. Kamu hanya perlu tekan “menu response” dengan masuk ke dalam akun Google. Dari menu tersebut, guru sebagai pemilik link dapat melihat jawaban dari Google form murid.

Tarik ke bawah untuk melihat menu responses kemudian pilih icon “view responses in sheet” untuk men-save atas jawaban yang diberikan siswa tersebut. Secara otomatis akan muncul menu pengaturan dimana kamu bisa langsung “click create a new spreadsheet” untuk menaruh jawaban dan langsung tersambung pada Google drive.

Baca Juga: Cara Melihat Hasil Google Form

Berikut adalah beberapa cara melihat jawaban di Google Form. Semoga cara tersebut dapat digunakan secara bijak ya. Terimakasih telah membaca.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin