20 Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Terbaru 2022

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Terbaru 2022

Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee – Sudah tak asing bagi kita mendengar sebuah situs elektronik terkemuka yang hampir seluruh dunia kaca internasional menggunakannya. Iya benar. Shopee. Salah satu marketplace e-commerce yang tergolong sukses.

Apa itu Shopee?

Kalau ada pertanyaan terlintas seperti ini, rasa-rasanya hampir semua orang sudah amat mengenal shopee itu apa. Yup, shopee yakni kita kenal sebagai salah satu aplikasi startup yang mengembangkan bisnis secara online, serta sebagai platform untuk terjalinnya transaksi antara pembeli dan penjual.

Memang segala promosi dengan fitur yang disediakan shopee tidak tanggung-tanggung. Hal ini dilakukan agar memberikan selalu kenyamanan kepada pengguna shopee, pihak penjual maupun pembeli.

Dalam hal ini juga menegaskan bahwa kita sebagai pengguna bisa bebas mengaktifkan segala fitur yang tersedia di dalamnya dan untuk dimanfaatkan. Jadi untuk para sobat shopee pasti tidak mungkin dong melewatkan perihal ini. Akan tetapi terkadang kalian suka keliru dalam pengaplikasiannya, misal contoh kalian terkendala dalam melalukan proses pembelian. karena salah dalam membeli item.

Pastinya kamu mengalami kesalahan saat melakukan transaksi di suatu e-commerce atau marketplace berjualan online. Mendadak kamu panik dan bingung akibat kesalahan yang kamu sengaja gak perbuat. Tenang, gak kamu doang, tapi banyak orang yang mengalami salah dalam pemesanan barang.

Dan perlu kamu ketahui, bahkan ada yang sampai salah alamat, jadi alamat yang seharusnya dikirimkan tidak sesuai. Malah memasukan alamat yang jelas-jelas salah. Makanya ini salah satu warning penting untuk kamu selalu berhati – hati dan teliti saat melakukan transaksi pembayaran sebuah item atau barang.

Cara Membatalkan Pesanan Shopee Yang Sudah Dibayar

“Terus gimana dong kalau salah pesan barang? Udah terlanjur di bayar”

Kasus ini hampir keseluruhan mungkin terjadi di semua banyak orang. Mungkin ada beberapa alasan, mengapa hal ini menimpa kalian pastinya. Biasanya hal umum yang menjadikan kamu ingin membatalkan pesanan yakni :

  1. Seller tidak menjawab pesan kamu di shopee terkait barang yang mungkin ingin kamu tanyakan.
  2. Kamu lihat lagi review yang didapatkan seller dari pembeli sebelumnya sangat buruk dengan foto barang yang di sertakan tak sesuai seperti di iklan.
  3. Seller terlalu lama sekali dalam mengirimkan barang kamu, padahal waktu pembelian sudah terhitung jauh sekali.
  4. Bisa juga seller mengajak kamu untuk melakukan pembayaran di luar jangkauan aplikasi Shopee.
  5. Atau mungkin kamu berubah pikiran untuk membeli barang tersebut. Dengan item yang kurang, warna tidak sesuai, atau alasan lainnya.

Hanya saja perlu kamu ingat kembali bahwa tidak semuanya pembatalan pesanan yang telah kamu ajukan akan seller sanggupi, karena juga ada beberapa alasan tertentu mengapa seller tidak menyetujuinya.

Ambil contoh: barang yang ternyata sudah kamu beli ternyata sudah di kirimkan seller ke kurir paket atau beberapa faktor kecil bisa terjadi. Kalau seperti ini kamu bisa kok meminta diskusi kepada seller pada kolom chat di shopee, jika tidak mendapatkan solusi biasanya customer service shopee yang akan bertindak sebagai pihak ketiga atau mediasi antara permasalahan yang kamu sedang alami.

Jadi ada hal yang perlu kamu garis bawahi saat melakukan pembatalan di shopee, kemungkinan yang akan terjadi ialah di approved atau di rejected oleh penjual. Dan tak kalah pentingnya, kamu hanya bisa mengajukan pembatalan selama 1 kali tanpa berulang ya.

And that’s way penting untuk kamu memutuskan, jadi batalkan pesanan atau sebaiknya kamu cari solusi terlebih dahulu kepada seller untuk mendapatkan jalan pintasnya. Jadi jangan asal sat set sat set, karena komunikasi dua arah itu penting banget biar kamu tidak kesalahan dalam mengambil keputusan. Disisi lain kamu juga mendapatkan akhir final atau result yang baik.

Lalu bagaimana dengan metode yang dilakukan untuk pembatalan di shopee? Seperti apa dan bagaimana Langkah-langkahnya? Pasti disini kamu bertanya-tanya dan penasaran step apa yang harus dilakukan. Nah disini kita berikan 3 cara untuk melakukan pembatalan di Shopee yang wajib untuk kamu pantengin dari awal sampai akhir ya dan catat baik-baik dalam memori kamu.

Pembatalan Pesanan di Shopee Secara Otomatis

Ini bisa banget terjadi jika si seller tidak aktif dalam waktu yang cukup lama atau seller tidak melakukan pengaturan pengiriman yang sudah ditetapkan oleh standar kebijakan shopee dengan estimasi waktu sekian jam atau harinya.

Pembatalan pesanan seperti ini bila terjadi jika si seller tidak menekan penerimaan pesanan dengan waktu kurun yang ditetapkan. Kasus ini bisa terjadi pula jika si seller tidak langsung segera menyerahkan paket ke kurir yang melakukan pengambilan barang atau pick up jadi nomor resi tidak terinput atau terverifikasi selama 2 hari.

Membatalkan Pesanan di Shopee Secara Langsung

Jenis pembatalan ini biasanya dapat kamu lakukan jika kamu sudah menunggu lama respond seller terkait barang yang ingin kamu ubah. Jadi, secara instan kamu bisa saja langsung ajukan pembatalan dan setelah itu sistem shopee yang langsung membatalkan otomatis

Tapi dapat digaris bawahi asalkan si seller juga setuju melakukan pembatalan atau belum melakukan penginputan nomor resi, lalu bagaimana caranya?

Hal ini cukup mudah kok untuk diaplikasikan. Berikut cara pembatalan pesanan di Shopee :

  • Masuk dalam akun shopeemu.
  • Kamu bisa langsung menuju ke halaman ‘saya’ dimana laman itu berada di kanan paling bawah sebelah pojok.
  • Pilih pesanan saya, pilih ikon dimana pesanan kamu berada
  • Biasanya produk yang sudah selesai melakukan transaksi berada di menu “kemas”.
  • Pilih produk pesanan yang ingin kamu batalkan.
  • Mungkin ada beberapa produk yang sudah kamu lakukan pembayaran dan pilihlah produk atau pesanan yang ingin kamu batalkan.
  • Lalu pencet produk yang sudah beli.
  • Setelah itu di paling akhir ada pop ikon yang bertuliskan “batalkan pesanan”
  • Jika sudah di rasa cukup yakin kamu bisa langsung tekan pernyataan tersebut tanpa adanya keraguan.
  • Kamu bisa memilih alasan kenapa ingin melakukan pembatalan pada item tersebut.
  • Dan terakhir kamu klik konfirmasi lalu menunggu respond hasil yang keluar nantinya.
  • Jangan panik, karena pasti uang kamu akan kembali.

Pembatalan Pesanan di Shoopee Non-Instant

Pembatalan ini bisa dilakukan jika kamu sebagai pihak pembeli menunggu persetujuan atau tanggapan dari si seller untuk pembatalan transaksi ini. Setelah melakukan permintaan. Si seller harus merespon dengan estimasi waktu yang diberikan yaitu 1×24 jam. Jika si seller tidak juga memberikan tanggapan, maka pembatalan secara otomatis terjadi pada 1×24 jam di waktu berikutnya. Karena sudah SOP dari perusahan tersebut.

Kamu pun tak perlu panik akan uang yang sudah kamu bayarkan. Dalam sistem shopee nantinya akan mengembalikan dana kamu persis sesuai kamu melakukan transaksi tanpa adanya potongan apapun. Biasanya dana ini akan diteruskan ke dalam wallet ShopeePay kamu.

Demikianlah beberapa informasi terkait cara membatalkan pesanan di aplikasi shopee yang sudah kamu bayarkan. Kamu juga bisa menghubungi customer service agent shopee. Untuk informasi lebih lanjut ke dalam pelayanan mereka di 1500702 atau hubungin live chat agent yang sudah terdapat fiturnya dalam aplikasi tersebut. Semoga dengan nomor layanan atau live chat pada aplikasi tersebut dapat  membantu kepanikan anda.

Baca Juga: Ingin Omset Naik? Ikuti 20 Cara Daftar Shopee Food!

Semoga dengan cara-cara di atas problem mengenai masalah pembatalan pesanan di Shopee yang telah dibayar, salah alamat dan sebagainya. Bacalah dengan cermat langkah-langkah di atas agar kamu faham dan tidak panik.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen + fifteen =