6 Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia Terbaru 2022

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia
Rate this post

Cara Membatalkan Pesanan di TokopediaBelanja online atau yang lebih dikenal dengan online shop merupakan kegiatan yang sedang booming di era ini, dengan belanja secara online banyak kemudahan yang didapat, dari efisiensi waktu dan juga pilihan barang lebih banyak.

Selain kelebihan, berbelanja online juga memiliki kekurangan yaitu, barang tidak dapat disentuh secara langsung dan rentan terhadap penipuan barang.

Banyak sekali platform belanja online yang terkenal di Indonesia seperti, Tokopedia, Shoopee, Lazada dan yang lainnya. Kehadiran platform ini, membuka banyak sekali lapangan pekerjaan secara daring.

Di tambah lagi dengan adanya sistem COD atau bayar di tempat, yang semakin membuat pembeli tertarik karena, hanya tinggal duduk manis dirumah dan menunggu pesanan.

Lalu Apakah Barang yang Sudah di Pesan Bisa Dibatalkan? Apakah Uang Kembali? 

Pertanyaan ini mungkin merupakan sebuah pertanyaan umum di kalangan masyarakat luas, bagaimana tidak, mungkin saja saat kamu berbelanja ada barang yang tidak sengaja nyangkut di keranjang pesanan-mu atau kamu memang berniat membatalkan pesanan-mu.

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Di tokopedia apakah bisa membatalkan pesanan? BISA! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membatalkan pesanan di tokopedia.

Dari pihak Tokopedia sudah mengeluarkan aturan baru mengenai proses pembatalan pesanan dilansir dari situs resmi tokopedia disebutkan bahwa jika pembeli melakukan pembatalan pemesanan atau pengembalian biaya transaksi (dana) atas barang yang sudah dikirim, maka biaya pengiriman barang akan hangus.

Namun ada beberapa catatan yang harus kamu ketahui mengenai sistem pembatalan pesanan di tokopedia yaitu:

  1. Kamu bisa mengajukan pembatalan jika barang yang kamu pesan sudah dikirim oleh penjual kurang lebih setelah 6 jam pengiriman dan sudah di konfirmasi secara langsung oleh tokopedia.
  2. Tetapi pengajuan pembatalan akan hilang jika barang sudah di proses atau sebelumnya kamu sudah pernah mengajukan pembatalan.
  3. Jika produk sudah terlanjur dikirim ke supplier maka kamu tidak bisa melakukan pembatalan pemesanan karena hal ini sudah menjadi hak penjual. Kamu hanya bisa menunggu barang sampai dan cek secara berkala.

1. Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia melalui Dekstop

  • Pertama kamu masuk ke laman tokopedia dan cari barang yang ingin kamu cancel.
  • Dibagian menu pilih status pemesanan.
  • Pilih ajukan pembatalan pada kolom yang tersedia.
  • Akan muncul halaman pop up mengenai alasan kamu membatalkan pesanan.
  • Tunggu verifikasi dari penjual max 2×24 jam dimulai saat pesan yang kamu dikirim dan diverifikasi.

2. Membatalkan Pesanan di Tokopedia Melalui Aplikasi Mobile

  • Pertama masuk ke aplikasi Tokopedia di smartphone kamu.
  • Di bagian bawah layar pilih menu “transkasi”
  • Pilih status pemesanan dan tunggu konfirmasi.
  • Pilih pesanan yang ingin kamu cancel klik “batalkan pemesanan”.
  • Berikan alasan mengapa kamu membatalkan pesanan tersebut.
  • Jika sudah, langsung klik “batalkan pemesanan”
  • Tunggu max 2x 24 jam sampai pesanan-mu di respon pihak penjual.
  • Lihat notifikasi yang masuk, apakah pesanan di setujui untuk dibatalkan atau akan terus dikirim ke alamat yang kamu cantumkan.
  • Jika pembatalan pesanan di setujui maka kamu akan mendapatkan dana sesuai dengan metode pembayaran yan digunakan.

3. Membatalkan Pesanan Barang Yang Sudah Ada atau Sudah Dikirim

Membatalkan barang yang baru dikemas mungkin masih bisa dilakukan, lalu bagaimana dengan barang yang sudah dikirim atau sudah di terima? Apakah bisa?

Tetap bisa kamu batalkan! Tetapi apabila barang yang kamu terima dalam keadaan rusak, salah warna atau tipe atau ada yang kurang dari produk yang ada di gambar. Berikut langkah-langkah untuk membatalkan pesanan jika barang sudah di kirim atau bahkan diterima:

  • Buka aplikasi tokopedia di smartphone.
  • Di halaman utama cari menu (ikon garis 3).
  • Klik menu pembelian dan klik “status pemesanan”.
  • Klik “komplain”.
  • Pilih pesanan yang ingi kamu komplain.
  • Isikan alasan mengapa kamu komplain dengan barang tersebut.
  • Isi formulir dengan detail, karena ini akan memengaruhi proses pengajuan pembatalan pesanan.
  • Jika barang lebih dari satu, kamu pilih pada kolom jumlah barang.
  • Setelah selesai mengisi klik “simpan”.
  • Akan kembali diberikan formulir dan ceklis “pilih uang kembali.”
  • Masukkan jumlah uang yang ingin kamu Tarik kembali.
  • Screen shoot dan unggah bukti pada kolom yang tersedia.
  • Tunggu konfirmasi dari penjual.

4. Membatalkan Pesanan COD

Ternyata pesanan yang dikirim lewat COD bisa dibatalkan juga. Sebelum melakukan pembatalan cek terlebih dahulu apakah pesanan-mu sudah di kirim.

Jika pesanan-mu sudah di tangan kurir maka pembatalan COD gagal. Tapi kamu bisa mengajukan pengembalian barang dengan persetujuan penjual.

Berikut langkah-langkah membatalkan pesanan COD di Tokopedia:

  • Masuk ke aplikasi tokopedia.
  • Car halaman daftar transaksi, lalu pilih “dalam proses”
  • Pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  • Isi formulir di halaman detail pesanan dan ajukan pembatalan pesanan.
  • Sertakan alasan yang jelas.
  • Tekan tombol batalkan pemesanan.

5. Membatalkan Pesanan di Tokopedia Yang Sudah di Bayar

Banyak kemudahan yang di tawarkan oleh platform jual beli tokopedia walaupun kita sudah bayar atau transfer, kita dapat membatalkan pesanan.

Namun ada berapa aturan yang dikeluarkan tokopedia mengenai hal ini, mengingat agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan antara penjual dann pembeli.

Berikut beberapa aturan saat membatalkan pesanan yang sudah di bayar atau transfer:

  • Pastikan akun ovo yang kamu gunakan sudah di aktivasi ovo cash.
  • Kamu dapat mengajukan pembatalan setelah 2 jam pembayaran.
  • Mendapat persetujuan dari penjual atau toko tempat kamu memesan barang, biasanya setiap toko mempunyai aturan tersendiri mengenai hal ini. Dalam hal ini yang sangat dirugikan adalah pihak penjual, karena itu tokopedia mengeluarkan aturan persetujuan reseller mengenai pengajuan pembatalan pesanan.

Berikut beberapa langkah yang dapat toppers lakukan untuk membatalkan pesanan yang sudah di bayar atau di transfer:

  • Kirim pesan kepada penjual lewat narahubung atau chat yang sudah tersedia di masing-masing toko.
  • Berikan alasan yang jelas.
  • Sebelum kamu menghubungi reseller, pastikan sudah membatalkan pesanan di sistem. Setelah 2 jam pembatalan di sistem, kamu langsung bisa mengirim pesan kepada penjual agar di respon.
  • Lihat detail pesanan dan pilih tombol ajukan pembatalan
  • Berikan alasan yang jelas pada kolom yang tersedia dan klik “ajukan pembatalan”

Berapa Lama Uang Kembali Setelah Pembatalan Berhasil?

Jika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar pesanan barang sebelumnya, maka uang kembali ke kartu kreditmu akan sedikit lama, yaitu sekitar 14 hari.

Namun tidak usah khawatir karena saldo yang kamu miliki pasti akan dikembalikan.

6. Membatalkan Pesanan Secara Otomatis

Kadang kala barang yang sudah kita pesan dibatalkan secara otomatis oleh pihak penjual padahal kita sudah memesannya. Kenapa demikian?

  • Mungkin saja barang yang kamu pesan telah habis baik di toko itu atau dalam stok.
  • Alasan yang kedua, mungkin saja kamu melakukan pembayaran melebihi batas waktu kode pembayaran saat checkout.
  • Pesanan-mu tidak direspon! Hal ini bisa terjadi dikarenakan admin toko tidak merespon atau sedang berada di respon lain. Jika lebih dari 1×24 jam pesanan-mu tidak di respon atau tidak mendapatkan nomor resi bisa dipastikan pesanan-mu di batalkan secara otomatis.

Baca Juga: 10 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada dengan Mudah

Untuk mengakali ketiga hal di atas, kamu bisa memesannya kembali, mungkin besok atau lusa. Atau kamu juga dapat menggunakan metode pembayaran instan payment agar pesanan-mu leih cepat di tanggapi oleh penjual.

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *