10 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada dengan Mudah

Cara Membatalkan Pesanan Di Lazada – Lazada merupakan salah satu media belanja online yang menjamin keamanannya, memberikan kepercayaan, berkualitas, tidak ribet, serta sangat melindungi konsumen. Situs e-commerce ini merupakan salah satu induk berkembangnya dari perusahaan Alibaba Group. Pasti kalian semua sudah tak asing lagi kan mendengar Alibaba.Semua kebutuhan sandang, pangan, papan ini bisa kamu penuhi dengan cukup meng-install aplikasi Lazada.

Belanja di Lazada Apakah Aman?

Nah, untuk satu ini kamu tak perlu takut untuk bertransaksi di aplikasi ini karena semua fitur dan pelayanan yang disediakan oleh sistem Lazada sudah sangat ketat dan aman. Lazada sangat melindungi konsumen untuk mencegah adanya indikasi penipuan. Konsumen hanya tinggal memilih barang yang diinginkan. Selain itu Lazada sudah banyak hadir di berbagai negara, dan untuk keamanannya sudah sangat terjaga jadi dapat dipastikan tidak akan mengecewakan pihak konsumen.

Bagaimana Cara Mendaftar dan Install Lazada?

Mendaftar di Lazada sangat mudah sama seperti kalian melakukan registrasi pendaftaran seperti aplikasi lainnya. Cukup membaca panduan dengan step by step yang harus dilakukan. Kamu juga bisa langsung mendaftar akun Lazada dengan mengunduh aplikasi tersebut di Playstore maupun AppStore.

Untuk selalu memberikan kesan baik kepada konsumen, Lazada selalu mengembangkan fitur terbarunya yang sudah jelas terupgrade. Agar konsumen merasa nyaman dan aman dengan fitur-fitur serta visual tampilan Lazada yang terbaru.

Pergerakan digital yang cepat mengharuskan dunia startup cepat dalam melakukan adaptasi teknologi yang sekarang sudah semakin canggih.Lazada pun turut menciptakan berbagai pelayanan yang mudah diakses oleh para konsumen. Tidak hanya melakukan transaksi jual-beli, berjualan, ataupun bertanya seputar produk melewati kolom pesan. Lazada juga menghadirkan untuk pelayanan pembatalan pesanan.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Di kutip dari laman resmi Lazada, untuk memberlakukan pembatalan pesanan hanya bisa dilakukan sebelum masuk ke dalam proses pengiriman. Jadi kalau paket kamu belum diurus oleh penjual dan belum di serahkan kepada kurir, pemberlakuan pembatalan pesanan ini bisa di lakukan.
Mungkin bagi yang masih awam atau pengguna baru (newbie) dalam e-commerce Lazada ini belum begitu mengetahui fitur keluaran tersebut ada.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Lalu bagaimana cara untuk kita melakukan pembatalan pesanan di Lazada? Ada beberapa hal yang harus kamu cermati dan amati baik-baik ya. Hal ini berkaitan dengan kebijakan standar yang sudah Lazada keluarkan.

Beberapa hal pembatalan pesanan tidak dapat dilakukan. Dengan beberapa aspek kebijakan dalam pembatalan pesanan sesuai standar dari pihak Lazada. Berikut ini kebijakan yang telah di terapkan oleh lazada:

1. Kamu dapat melakukan adanya pembatalan dengan maximum 1 jam setelah melakukan suatu transaksi.

2. Untuk melakukan pembatalan pada pesanan, hal ini tidak bisa terjadi jika :

a) Kamu melakukan pemesanan pada koleksi taobao.

b) Paket atau barang yang kamu pesan sudah memasuki proses   gudang.

c) Pemesanan sudah diproses oleh pihak supplier.

d) Paket sudah berada dalam jangkauan pengiriman.

3. Jika kamu menggunakan sejenis voucher, diskon, ataupun promosi dan kamu melakukan pembatalan mereka semua akan hilang dan tidak dapat digunakan kembali.

4. Apabila kamu menggunakan voucher store kredit. Dimana kamu menggunakan layanan tersebut, alangkah baiknya kamu menghubungi layanan customer untuk minta kode tersebut.

5. Pesanan yang dibatalkan akan secara otomatis menjadi tidak aktif kembali.

6. Terakhir jika kamu memilih jenis pembayaran melalui kartu kredit, klikpay, atau sejenis kredit card dana, biasanya akan kembali ke tempat kamu dengan perkiraan waktu 7-14 hari masa kerja. Jika melalui metode transfer bank konvesional ataupun digital, terhitung 3-7 hari.

Poin-poin di atas yang disebutkan adalah ketentuan yang sudah mutlak dikeluarkan oleh pihak lazada sebagai faktor-faktor perincian terkait adanya pembatalan pesanan. Lantas bagaimana jika ingin membatalkan pesanan dan bagaimana caranya? Nah, disini akan kami jelaskan satu persatu secara mendetail. Mari teman-teman simak penjelasannya dengan baik.

Membatalkan Pesanan di Lazada Secara Langsung

Jika kamu ingin melakukan pembatalan secara personal karena beberapa alasan. Kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk melakukan pembatalan pesanan di marketplace Lazada.

1. Masuk ke dalam aplikasi Lazada yang sudah terinstall pada ponsel pintar kamu.
2. Login ke dalam akun Lazada kamu, kemudian masuk dan cari fitur menu dalam aplikasi tersebut.
3. Pilih pesanan yang ingin kamu lakukan pembatalan. Untuk tahapan ini dipastikan kamu memilih item atau produk yang memang ingin kamu ajukan pembatalan.
4. Lalu klik pilihan “batal” dan sertakan alasan mengapa kamu melakukan pembatalan pesanan pada item tersebut. Disini Lazada sudah memberikan beberapa alasan yang biasanya terjadi. Kamu tinggal memilih saja alasannya.
5. Setelah clear kamu tinggal konfirmasi untuk batalkan pesanan.
6. Disini kamu akan di beri opsi untuk pengembalian dana (refund).  Tapi tidak berlaku untuk ketentuan pembayaran Cod atau cash om delivery ya.
7. Tahap final adalah kamu tinggal menunggu pemberitahuan yg nantinya akan di respond penjual terhadap pengajuan pembatalan pesanan yang kamu lakukan.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembatalan produk atau item di Lazada.

Melihat Status Pesanan Sudah Terkirim Atau Belum

Bagaimana jika ingin melihat status pesanan saya, sudah terkirim apa belum?

Kamu bisa kok mengecek status pesanan kamu. Sudah sampai sejauh mana penjual memproses pesananmu, jadi nantinya akan bisa menjadi gambaran kamu. Apakah pembatalan pesanan kamu di setujui atau tidak. Berikut adalah tahapan melihat status pesanan kamu di Lazada;

Ini adalah langkah-langkah jika kamu menggunakan Aplikasi yang sudah terinstall dalam HP.

1.  Masuk ke dalam aplikasi Lazada
2 . Klik akun kamu dan pilih berada dimana item atau produk yang sedang di proses. Bisa di kedua hal ini “dalam proses” atau “dalam pengiriman”. Sebenarnya kamu juga bisa klik semua pesanan agar terpampang jelas semuanya.
3. Pilih produk atau item yg kamu beli lalu tekan yang bertuliskan “status pesanan” untuk melihat detail pesanan tersebut.
4. Klik selengkapnya untuk mengecek status pesanan kamu.
5. Berikut ini keterangan arti dari menu yang tertera ;
* semua : segala status pesanan ini sudah kamu terima
* bayar pesanan : arti ini bermaksud kamu mungkin sudah melakukan pembelian item tapi belum sepenuhnya kamu lakukan untuk melakukan pembayaran. Biasanya payment ini berlangsung hingga 24 jam ke depan. Jika kamu belum juga menuntaskannya, pembatalan bisa terjadi secara otomatis.
* dalam proses : pembayaran yang sudah terkonfirmasi oleh penjualan tapi belum masuk dalam proses pengiriman.
* dalam pengiriman : maksud arti ini adalah pesanan kamu sudah di bentuk menjadi paket dan sudah diserahkan oleh kurir untuk proses pengantaran ke tujuan alamat kamu.

Jika kamu menggunakan PC atau sejenis laptop, tablet lainnya :

1. Buka browser atau google chrome kemudian login ke dalam website resmi lazada, kamu bisa mengunjugi situs lazada yang kredibel hanya di sini ya (link url situsnya)
2. Masuk kedalam akun kamu.
3. Pilih pesanan saya.
4. Pilih item pesanan yang ingin kamu lacak keberadaanya sudah sampai sejauh mana.
5. Lalu pilih tulisan “lebih banyak” untuk melihat detail cek pesanan kamu.

Digarisbawahi ya jika pesanan kamu sudah sampai proses pengiriman berarti nomor resi sudah berhasil kamu dapatkan. Jadi secara tidak langsung hal ini membuktikan bahwa kamu tidak bisa melakukan pembatalan pesanan. Iya karena paket sudah terbungkus rapi dan diserahkan kurir dan juga tak kalah besarnya sudah terinput resi dalam sistem akun Lazada kamu.

Akhir kata sebagai penutup kami bahwa berbelanja online memang sangat memudahkan segala aktivitas manusia. Teknologi yang kian maju, manusia yang semakin kreatif, dan inovasi selalu menciptakan sesuatu yang eksekutif dan menarik. Jadi kita pun bisa menikmati teknologi tersebut. Waktu terasa menjadi lebih hemat dan tak terbuang-buang.

Kita bisa melihat produk yang kita sukai dan melihat review dari orang-orang sebelumnya untuk menjadikan pertimbangan membeli barang atau tidak.

Baca Juga : 20 Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee Terbaru 2022

Dengan penjelasan pada cara melakukan pembatalan pesanan di Lazada kami berharap ini bisa membantu teman –  teman semua.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + 7 =