Mengenal Aplikasi untuk Screenshot Panjang yang Populer

Aplikasi untuk Screenshot Panjang

Mengenal Aplikasi untuk Screenshot Panjang yang Populer – Fitur screenshot pada smartphone memang banyak gunanya. Namun sayangnya tidak semua tipe smartphone mendukung screenshot panjang. Umumnya panjang tangkapan layar hanya sebatas ukuran layar saja. Kabar baiknya, aplikasi untuk screenshot panjang juga tersedia di Google Play. Berikut rekomendasi aplikasinya, antara lain:

Aplikasi untuk Screenshot Panjang

1. Screen Master.

Aplikasi untuk Screenshot Panjang

Screen Master merupakan aplikasi penangkap layar gratis yang dikembangkan oleh Blossgraph. Kelebihan aplikasi untuk screenshot panjang yang satu ini adalah fitur markup fotonya. Jadi selain bisa mengambil tangkapan layar panjang, pengguna juga bisa melakukan markup pada hasil screenshot tersebut. Misalnya menambah kan text, stiker, garis/gambar, dan lain sebagainya.

Pengguna Screen Master juga bisa menyatukan beberapa hasil tangkapan layar menjadi satu foto dengan fitur Stitch Photo yang dimilikinya. Aplikasi ini berukuran ringan dan tentunya bisa diunduh secara gratis dari Google Play. Satu lagi, sama seperti aplikasi sebelumnya, Screen Master juga memiliki fitur markup hasil tangkapan layar.

2. Longshot

Aplikasi untuk Screenshot Panjang

Aplikasi tangkapan layar yang satu ini cukup populer di kalangan pengguna android. Dengan fitur stitching toolnya, pengguna Longshot  bisa membuat screenshot panjang dengan menggabungkan banyak tangkapan layar menjadi satu hasil tangkapan. Pengguna bisa mengambil tangkapan layar memanjang secara vertikal ataupun horizontal, dengan panjang tak terbatas.

Longshot juga dibekali fitur floating tool yang memungkinkan penggunanya membuat beberapa  screenshot secara berurutan. Satu lagi, Longshot juga menawarkan fitur untuk membuat tangkapan halaman web yang panjang dalam satu output secara otomatis.

3. Aplikasi untuk Screenshot Panjang, Stitch & Share

Sama seperti aplikasi sejenisnya, Stitch & Share Longer Screenshot dapat melakukan tangkapan layar panjang dengan cara menggeser aplikasi.  Setelah aplikasi ini dipasang, jalankan fitur screenshot panjang. Selanjutnya buka halaman yang akan di tangkap gambarnya, lalu tekan ‘Start’ untuk memulai tangkapan layar. Gulir 60% layar dengan lambat, setelah sampai di ujung bagian yang ingin ditangkap, tekan tombol ‘Save’.

Aplikasi Stitch & Share juga dibekali fitur untuk mengedit hasil tangkapan layar. Misalnya fitur untuk menyorot dan mengubah warna teks, atau menghapus bagian pada hasil tangkapan. Apkasi dari Glitch ini juga memiliki fitur ‘Capture Web Page’ yang akan melakukan tangkapan halaman web secara otomatis.

4. Long Screenshot Capture

Long Screenshot Capture merupakan aplikasi untuk screenshot panjang yang mengkhususkan diri untuk mengcapture halaman web. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat tangkapan halaman web yang sangat panjang sekalipun. Kemudian menyimpannya dalam bentuk foto atau pdf. Jadi, pengguna bisa mengkonversi halaman web dalam bentuk pdf agar dapat dibaca secara offline.

Aplikasi akan menghasilkan screenshot tampilan layar panjang dengan kualitas HD. Jadi jangan kuatir hasil tangkapannya tidak terbaca. Hasil tangkapannya juga bisa dibagikan langsung ke jejaring sosial. Ukuran aplikasi ini sangat ringan, dan tentunya bisa diunduh secara gratis dari Google Play.

5. Scroll Capture

Scroll Capture dari Evening Labs merupakan aplikasi untuk screenshot panjang yang berukuran sangat ringan, hanya sekitar 1MB. Walaupun memang fitur yang ditawarkan aplikasi ini tidak sebanyak yang dimiliki aplikasi lain sejenisnya. Namun fungsi utamanya sebagai aplikasi untuk screenshot sudah cukup menjawab kebutuhan pengguna.

Aplikasi Scroll Capture memiliki tampilan simple dan mudah digunakan. Pengguna cukup menyalin url halaman web yang akan di capture. Setelah halaman yang dimasuk muncul pada layar aplikasi ini, tekan tombol capture untuk mengambil tangkapan layar. Secara otomatis aplikasi akan melakukan tangkapan dari awal hingga ujung halaman web tersebut. Sayangnya, tidak semua halaman web bisa di capture tuntas oleh aplikasi ini.

Selain kelima aplikasi diatas, pengguna juga bisa mencoba aplikasi sejenis lainnya yang bisa ditemukan di Google Play. Ada banyak aplikasi untuk screenshot panjang yang bisa digunakan. Adapun aplikasi Long Screenshot dari Huhexiang, aplikasi Stitch Long Screen, Web Page Capture, atau aplikasi Stitchcraft dari Zheten.

Baca Juga : Aplikasi untuk Membuat Curriculum Vitae melalui Android!.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *