Mudah! Cara Pasang SSD Di PC Desktop dan Laptop

Cara Pasang SSD Di PC

Mudah! Cara Pasang SSD Di PC Desktop dan Laptop – Solid-State-Disk, atau biasa disebut ssd, merupakan drive penyimpanan yang bermanfaat untuk meningkatkan performa dan kecepatan laptop maupun pc desktopnya. Namun, ketika memasang ssd-nya cukup menakutkan bagi para teknisi pemula. Untuk itu diperlukan cara pasang ssd di pc maupun laptop dengan mudah, khususnya bagi para pemula sebagaimana berikut:

Mudah! Cara Pasang SSD Di PC Desktop dan Laptop

1. Cara Pasang SSD Di PC, Memilih Tipe SSD yang Sesuai

Dikenal sebagai tempat penyimpanan data, ternyata SSD juga mampu mempercepat loading Windows-nya.  Selain itu juga punya ketahanan cukup baik terhadap goncangan.  Namun SSD juga memiliki tipe yang beragam dan tidak semua cocok dengan pc atau laptop. Maka, pilihlah tipe ssd yang sesuai, seperti berikut ini:

  • SSD SATA-2,5 inch. Biasa dipakai untuk laptop maupun pc, dengan kecepatan transfer 600MB/ detik.
  • SSD M.2-SATA. Dengan ukuran yang lebih ramping dan kecil dibandingkan SSD SATA, namun kemampuannya tidak jauh berbeda. Sayangnya tidak motherboard mendukung tipe ssd ini.
  • SSD M.2-NVMe. Memiliki kecepatan diatas M.2-SATA maupun SSD SATA-2,5 inch, hingga 6GB/detik. Sangat kompatibel dengan pc maupun laptop keluaran terbaru.

2. Persiapkan Diri dan Ruang Kerja

Selain persiapan diri, cara pasang ssd desktop maupun laptop yang pertama kali dipersiapkan adalah ruang kerjanya. Sehingga ruangan, terutama meja kerjanya bersih dan aman dari benda yang kemungkinan menghasilkan listrik statis-nya. Seba hal tersebut dapat merusak kinerja ssd tersebut ke depannya.

Selanjutnya siapkan perlengkapan pendukungnya, seperti; obeng, buku panduan dan ssd-nya. Kemudian mulai mencadangkan beberapa file yang dianggap penting. Simpan beberapa file penting tersebut, untuk digunakan di kemudian hari, seperti; eksternal-hardisk atau flash-drive nya.

Mulailah dengan membaca dan memahami instruksi dari buku panduannya, lalu kerjakan secara hati-hati. Bacalah setiap langkahnya secara saksama dan apabila ada kesulitan, baca panduan pengguna komputer. Meskipun ada perbedaan komputernya, namun pada, prosesnya akan tetap selalu sama.

3. Mulai Memasang SSD

Cara pasang ssd di pc, diawali dengan mematikan perangkat PC-nya terlebih dulu. kemudian cabut kabel listrik untuk keamanannya, lalu mulai buka casing pc-nya. Baca buku panduan dan ikuti instruksinya untuk menemukan ruang penyimpanannya. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada di buku panduannya, sebagaimana berikut ini:

  • Meskipun perbedaan pada penggunaan port-SATA di dalam motherboard tidak begitu berpengaruh pada performa-nya. Namun, sebaiknya tetap memakai port sesuai dengan urutannya.
  • Saat memasang ssd ke Mounting-nya, jangan lupa untuk pasang baut yang ada di bagian bawah-nya, disarankan keempat bautnya terpasang dengan baik.
  • Lanjutkan pasang kabel SATA-nya serta kabel power ke SSD-nya yang sudah terpasang sebelumnya.
  • Satukan dan pasang kembali pc-nya, kemudian lakukan booting dengan ssdnya yang baru terpasang tersebut, untuk persiapan mengkloning data dari drive lamanya.

4. Cara Pasang SSD Di PC, Mengkloning SSD

Cara Pasang SSD Di PC

Agar data atau file lama dapat tersimpan kembali dengan ssd-nya yang baru, maka diperlukan langkah Kloning.  Diawali dengan membuka aplikasi Acronis-True-Image-OEM, kemudian meng-klik Clone-Disk. Selanjutnya gunakan metode Automatic-Cloning, lalu meng-klik next.

  • Pilih disk untuk sumber data atau file yang akan dikloning, kemudian meng-klik next dan pilih disk yang jadi tujuannya, selanjutnya meng-klik next.
  • Kemudian klik proceed untuk mulai pengoperasian transfer data, dengan memeriksa dan memastikan disk yang menjadi sumber maupun tujuan terlebih dahulu.
  • Setelah proses selesai lakukan restart pc tersebut.

5. Unduh Manajer SSD

Cara Pasang SSD Di PC

Dibutuhkan aplikasi untuk manajernya dan sekaligus menginstalnya dengan benar. Perangkat aplikasi ini akan sangat memungkinkan bagi para pemiliknya, untuk terus memantau pc-nya. Maka, unduh aplikasi perangkat lunak manajer-ssd ini dan ikuti petunjuk proses instalasi-nya. Kemudian, manajer-ssd ini akan mulai melakukan proses pemindaian disk-drive di PC maupun laptopnya. Selanjutnya me-reboot perangkat pc-nya.

Nah, demikianlah cara pasang ssd di pc desktop maupun laptop dengan mudah tanpa masalah. Memasang ssd secara mandiri akan memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi ketika merasakan performanya, mulai dari booting hingga kecepatannya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Baca Juga : Inilah Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Berdasarkan Kondisi Kerusakannya

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen + twelve =