Pentingnya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan untuk Berikan Keluarga yang Terbaik

Pentingnya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan – Untuk membuat seseorang, khususnya pencari nafkah utama terhindar dari berbagai kerugian finansial saat terjadi gangguan kesehatan hingga risiko kematian, maka asuransi jiwa adalah jawabannya.

Seperti diketahui, asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menanggung risiko finansial yang disebabkan oleh hidup yang terlalu cepat atau hidup yang terlalu lama.

Fungsi dari asuransi jiwa memberikan dukungan finansial apabila seorang pencari nafkah utama tidak bisa lagi menafkahi keluarganya karena risiko kematian atau faktor lainnya.

Dalam memilih asuransi terbaik, sebaiknya cari yang menawarkan uang pertanggungan tinggi dengan premi terjangkau. Anda bisa klik untuk asuransi Simas Jiwa sebagai pilihan asuransi jiwa dengan kategori tersebut.

Sementara itu, jika Anda tengah mencari asuransi kesehatan, maka asuransi kesehatan terbaik dari Lippo HealthPlus Family bisa menjadi pilihan terbaiknya.

Manfaat Pentingnya Asuransi Jiwa

Berikut adalah manfaat pentingnya asuransi jiwa yang penting untuk Anda pahami:

1. Santunan untuk meninggal dunia

Terakhir, untuk santunan meninggal dunia. Ini akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia. Biasanya tunjangan yang diberikan yakni sebanyak 100%, bahkan lebih uang pertanggungan.

2. Santunan untuk cacat tetap total

Santunan yang satu ini akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap secara total yang menyebabkan tidak bisa bekerja. Santunan ini biasanya akan diberikan sebanyak 100 % uang pertanggungan.

3. Santunan untuk cacat tetap sebagian

Santunan ini diberikan jika tertanggung mengalami cacat yang tetap sebagian. Seperti jika sebagian anggota tubuh tidak berfungsi, sebut saja lumpuh kaki atau lumpuh tangan.

Biasanya uang pertanggungan yang nanti akan diberikan merupakan proporsional berdasarkan pada kerugian.

4. Manfaat lain

Memiliki jaminan finansial dari asuransi jiwa bisa memberikan berbagai manfaat sebagai berikut:

  • Dapat mengelola keuangan untuk keluarga
  • Bisa menjamin pendidikan anak
  • Untuk memastikan kelangsungan kehidupan keluarga tercinta
  • Dapat memberi rasa aman
  • Bisa melindungi ahli waris agar terbebas dari beban finansial.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Sebelum menentukan produk asuransi yang cocok kebutuhan, Anda bisa lihat berdasarkan beberapa indikator. Salah satunya, kesehatan keuangan pada laporan perusahaan tahunan.

Tentu kita wajib memilih perusahaan dengan kondisi keuangan yang paling sehat demi menjamin kesanggupannya melunasi seluruh klaim para nasabahnya.

Tidak hanya sampai situ saja, berikut ini adalah beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan:

1. Cari informasi mengenai apa saja manfaatnya

Anda harus mengetahui segala informasi mengenai suatu produk asuransi jiwa sedalam mungkin. Untuk mengetahui berbagai manfaat maupun proteksi yang akan diperoleh.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui berbagai hal apa saja yang tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Perhatikan juga kredibilitas dari perusahaan asuransi jiwa terkait, agar ke depannya tidak dikecewakan oleh pihak asuransi.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Jika ingin meembeli produk asuransi, hal penting yang harus dilakukan pertama kali adalah menyesuaikan dengan keperluan. Sekarang ini tersedia banyak produk asuransi yang menawarkan berbagai manfaat yang berbeda-beda.

Anda perlu memilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya manfaat asuransi jiwa untuk jaminan penyakit kritis, jaminan di hari tua atau untuk biaya pendidikan anak.

3. Pilih premi asuransi sesuai kemampuan

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang perlu dibayarkan oleh para pemegang polis kepada perusahaan asuransi agar dapat mengalihkan risikonya kepada perusahaan. Jika sudah membayar, nasabah pun akan mendapat proteksi asuransi jiwa.

Penghitungan premi asuransi jiwa tentu berbeda-beda bagi setiap perusahaan. Untuk itu pilihlah premi asuransi jiwa sesuai dengan kemampuan, apalagi jika Anda baru pertama kali memiliki produk perlindungan diri tersebut.

Anggarkan secara tepat, supaya anggaran asuransi jiwa tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Ada baiknya memilih asuransi jiwa dengan premi relatif rendah yang tentunya memiliki manfaat secara maksimal.

4. Pilihlah produk asuransi dengan layanan terbaik

Sering kali, banyak pemilik asuransi yang mengalami berbagai kendala terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tidak sedikit perusahaan asuransi jiwa yang tidak menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam.

Sehingga, saat terjadi sesuatu atau diperlukan informasi yang penting mengenai produk asuransi jiwa yang dimiliki, Anda akan mengalami kebingungan, jadi telitilah saat memilih perusahaan asuransi ya!

Selain itu, pastikan juga suatu perusahaan asuransi yang dipilih mempunyai reputasi dan kinerja keuangan yang baik. Dan, perusahaan tersebut sudah terdaftar di AAJI dan OJK.

5. Perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi jiwa

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi jiwa. Pada umumnya hal ini disebabkan oleh sifat perjanjian asuransi jiwa yang berjangka panjang, hingga kredibilitas tersebut sangat penting diperhatikan.

Anda bisa memperhatikan bagaimana pengelolaan dan kinerja dari perusahaan asuransi yang dipilih, dan pastikan perusahaan itu tidak bermasalah. Dengan adanya keterbukaan, memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana laporan keuangan dan rating dari para nasabahnya.

6. Periksalah keamanan dan privasi asuransi jiwa

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis asuransi jiwa yang disediakan secara online. Anda perlu mengetahui seberapa ketat keamanan serta privasi data yang dijaga oleh perusahaan asuransi jiwa terkait.

Kalau masih ragu dengan perusahaan asuransi tertentu, Anda bisa menghubungi customer care yang ada di perusahaan tersebut.

Itulah beberapa manfaat dan tips memilih asuransi jiwa yang tepat. Semoga bermanfaat!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 4 =