Apa Itu TikTok dan Apa Saja Fitur-Fiturnya?

Apa itu TikTok dan Apa Saja Fitur-Fiturnya? – TikTok merupakan aplikasi streaming video singkat yang sangat populer saat ini di dunia. Semua golongan usia pasti memiliki akun TikTok di smartphone mereka. Ada banyak sekali hal yang membuat TikTok sangat digemari, contohnya Anda bisa mendapat uang di aplikasi ini. Namun untuk Anda yang masih bingung tentang aplikasi ini dan bagaimana cara menggunakannya, berikut ini review lengkap untuk Anda.

Tentang TikTok

TikTok adalah aplikasi jejaring sosial sekaligus platform penyedia video singkat yang berasal dari Tiongkok dan dikembangkan oleh Toutiao bersama ByteDance. Aplikasi ini pertama kali rilis pada bulan September 2016 dan mendukung IOS, Android, serta merambat juga ke PC. Zhang Yiming merupakan pendiri Toutiao yang mengembangkan aplikasi TikTok.

Kesan Pertama

Kami sangat terkesan dengan aplikasi TikTok, karena mampu mempersatukan trafik atau viewers dan kualitas video. Semua itu berkat sistem video pendek yang dipopulerkan oleh TikTok. Cara pakai aplikasi ini sangat mudah, Anda langsung mendapatkan banyak video menarik di beranda ketika membuka aplikasi. Di awal setting, Anda dapat memilih tema atau genre apa yang disukai kemudian menyesuaikan video-video yang akan muncul ke beranda Anda. Lantas, fitur-fitur apa yang menarik dari TikTok?

Fitur-Fitur TikTok

1. Upload Video

Fitur paling utama dari aplikasi ini, yaitu mengupload video. Ada dua opsi yang dapat digunakan, yaitu merekam secara langsung kejadian yang ingin diabadikan dalam TikTok menggunakan kamera belakang atau depan, kemudian mengupload video yang telah ada di gallery handphone Anda. Tiktok memiliki interface potrait dengan sistem short video, sehingga Anda hanya dibenarkan mengupload video dengan durasi tidak lebih dari 3 menit dan format video potrait atau vertikal seperti layar smartphone berdiri.

2. Editing Video

Tidak hanya mengupload video secara mentah-mentah, disediakan juga opsi editing video dengan fitur-fiturnya yang cukup lengkap. Pada segmen editing, ada beberapa fitur standar yang bisa dicoba seperti pengatur kecepatan, beauty dengen efek filter yang memperindah video, tanya jawab berupa text, timer, template, dan lain sebagainya.

Selain visual, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna dapat memasukkan suara atau musik dan efek suara. Tidak hanya itu, TikTok juga menyediakan banyak pilihan sticker yang dapat dimasukkan dalam konten video Anda. Tentu saja tidak ketinggalan, fitur terbaik TikTok yaitu filter dengan begitu banyak template filter yang dapat diterapkan pada video sehingga memberikan efek beragam.

3. Draft (Konsep)

Apabila Anda tidak ingin melakukan publish pada video, Anda dapat melakukan draft untuk mengeditnya dikemudian hari atau ingin menarik video yang telah dipublish menjadi draft kembali.

4. Discover Page dan FYP

For Your Page (FYP) merupakan halaman explore mirip seperti kepunyaan Instagram. Pada halaman ini, Anda dapat melihat begitu banyak video menarik dan relevant dengan pencarian serta minta pengguna. FYP menghadirkan banyak konten yang berpotensi viral.

5. Fitur Stitch dan Duet

Dua fitur yang memperkuat hubungan antar content creator TikTok. Stitch merupakan fitur gabungan yang memperlihatkan video kita berada di akhir video creator lain. Umumnya, fitur ini dimanfaatkan untuk membuat video reaction.

6. Q&A dan Tagar

Baca Juga : Apk TikTok 18 Plus, Ini Cara Download dan Menggunakannya!

Sebagai salah satu cara pengembang TikTok untuk memperat hubungan para content creator dan followernya, hadir lah fitur tanya jawab atau Q&A. dengan fitur ini, seorang penggemar dapat bertanya di komentar atau di halaman profil kemudian kita sebagai pemilik akun dapat membalasnya berupa konten video.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =