Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan yang Sering Terjadi

Penyebab Baterai Cepat Habis

Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan yang Sering Terjadi – Di abad ke-21 ini manusia sangat erat dengan kebutuhan akan telepon genggam. Telepon genggam mengambil peran penting dalam kehidupan manusia dalam banyak hal. Namun yang sering dikhawatirkan oleh pengguna ponsel adalah baterai ponsel akan habis, bahkan beberapa ponsel baterainya tidak bertahan lama. Ternyata tanpa disadari ada banyak penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan dan berikut adalah beberapa yang harus diwaspadai:

Penyebab Baterai Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan yang Sering Terjadi

1. Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi

Penyebab Baterai Cepat Habis

Fitur pengaturan kecerahan layar sangat berguna untuk menyesuaikan apakah pengguna sedang berada di tempat terang atau di tempat yang gelap. Namun siapa sangka, pengguna telepon genggam yang membiarkan kecerahannya pada tingkat maksimal akan lebih cepat kehabisan baterai. Hal itu karena kecerahan layar mengonsumsi banyak daya. Untuk menghindarinya pengguna telepon genggam bisa menyalakan fitur automatic pada control bar kecerahan layar untuk membuat kecerahan layar menyesuaikan secara otomatis.

2. Membiarkan Data Seluler dan GPS Selalu Menyala

Penyebab Baterai Cepat Habis

Yang kedua adalah membiarkan data seluler dan GPS selalu menyala. Pengguna ponsel cenderung akan membiarkan data seluler dan GPS nya menyala karena akan memudahkan ketika akan menggunakan ponsel. Pengguna ponsel pasti mengetahui bahwa membiarkan data seluler dan GPS menyala akan menguras kuota. Tapi ternyata selain kuota, data seluler dan GPS juga memakan banyak daya dari baterai. Hal tersebut dapat menguras baterai dan membuat telepon genggam cepat panas.

3. Tidak Menutup Aplikasi dengan Wajar

Selanjutnya, penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan yang pasti banyak orang melakukan adalah tidak menutup aplikasi dengan wajar. Pengguna ponsel cenderung langsung menekan tombol home ketika selesai menggunakan aplikasi. Menutup aplikasi dengan cara tersebut membuat aplikasi tetap berjalan di latar belakang dengan konsumsi baterai yang sama pada saat menggunakan aplikasi. Agar terhindar sebaiknya pengguna ponsel menutup aplikasi secara bertahap dengan menekan tombol kembali hingga aplikasi tertutup sempurna.

4. Penyebab Baterai Cepat Habis, Waktu Hidup Layar Lama

Telepon genggam memiliki waktu tertentu untuk mematikan layar sendiri saat terlalu lama tidak digunakan. Biasanya waktu hidup layar ditentukan oleh pengguna. Beberapa pengguna menginginkan layar ponselnya untuk tetap hidup dalam waktu lama meskipun tidak digunakan. Namun hal tersebut dapat dengan cepat menghabiskan baterai. Untuk mengatasinya pengguna ponsel bisa mengatur lama waktu hidup layar menjadi lebih sebentar sehingga baterai tidak akan cepat terkuras.

5. Koneksi Internet Data Seluler yang Buruk

Yang terakhir adalah koneksi internet data seluler yang buruk. Saat koneksi internet di ponsel sedang buruk pasti ponsel terasa panas. Itu dikarenakan ponsel sedang berusaha keras untuk mencari sumber sinyal yang stabil agar data bisa tetap digunakan. Proses tersebut mengonsumsi banyak sekali daya baterai sehingga baterai lebih cepat habis. Maka dari itu saat mengetahui koneksi internet buruk, pengguna ponsel lebih baik menyalakan data seluler saat diperlukan saja.

Setelah membaca beberapa penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan, pasti pengguna ponsel mulai menyadari beberapa penyebab yang ternyata sering dilakukan. Baterai cepat habis ternyata penyebabnya dimulai dari hal-hal yang sering dianggap sepele dan sering dilakukan.

Bagi pengguna ponsel sebaiknya lebih waspada dan menghindari penyebab-penyebab tersebut. Baterai yang terkuras habis dengan cepat selain tidak bisa digunakan secara efektif juga menyebabkan menurunnya performa ponsel. Bukan hanya baterai ponsel yang akan cepat rusak tapi juga prosesor ponsel akan ikut terdampak, telepon genggam pun tidak akan memiliki usia pakai yang lama.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghemat Baterai Android

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + 19 =