Produksi Podcast Sendiri dan Share Ke Spotify

Produksi Podcast Sendiri

Produksi Podcast Sendiri dan Share Ke Spotify – Belakangan ini, tren podcast semakin banyak di masyarakat. Padahal andai kita tarik kembali, kebiasaan podcast telah lama berkembang di luar negeri. Bahkan di Indonesia, podcast telah ada semenjak lama, namun dulu belum sepopuler sekarang. Salah satu fakta mengapa tidak sedikit podcast baru bermunculan dikarenakan platformnya terdapat di mana-mana. Sebut saja Google Podcast, Spotify, SoundCloud, bahkan YouTube sekarang menjadi media mengunggah konten podcast.

Apa Perbedaan Radio dan Podcast?

Tidak seperti radio, podcast ialah rekaman yang diunggah dan bisa didengarkan kapan saja oleh pendengar. Sebagian besar podcast berupa audio, tetapi kini ada podcast video juga. Ini sebabnya dunia podcasting benar-benar berkembang menjadi lebih menghibur daripada konten yang membosankan. Perbedaan besar lainnya antara radio dan podcast seringkali dalam urusan durasi. Podcast tidak diberi batas durasinya sehingga seringkali dapat dilangsungkan selama berjam-jam. Dulu, podcasting hanya dipakai oleh beberapa besar pribadi untuk mengucapkan pesan mereka. Biasanya berhubungan topik tertentu untuk membina komunitas dengan minat yang sama. Namun sekarang semakin tidak sedikit pembuat podcast yang berasal dari sekian banyak  kalangan.

Cara Membuat Podcast dan Mengunggahnya

Produksi Podcast Sendiri

Anda dapat membuat podcast sendiri, bahkan tanpa mesti mempunyai peralatan yang canggih. Hanya dengan smartphone, laptop / PC, dan internet, Anda bisa mempunyai podcast sendiri dan mendengarkannya di sejumlah platform populer. Bagaimana caranya?

Produksi Podcast Sendiri, Menyiapkan Mikrofon

Kamu tidak perlu memakai microphone yang mahal untuk menciptakan podcast, tapi lumayan gunakan smartphone. Ponsel cerdas Anda dapat diubah menjadi mikrofon pilihan dengan software pihak ketiga. Untuk pemakai Android, kita dapat memakai Wo Mic yang terdapat di Google Play Store. Unduh dan instal Wo Mic di ponsel pintar Android kita dan pun instal klien Wo Mic di komputer. Ada tiga pilihan guna menghubungkan kedua perlengkapan tersebut yakni dengan kabel, Bluetooth dan hotspot atau jaringan yang sama. Saat hendak menghubungkan smartphone dengan komputer, pastikan anda sudah mengurangi tombol play di software Wo Mic Android.

Mulaі Merekam Audіo

Salah satu platform cuma-cuma yang bіsa Anda pakaі untuk mencіptakan dan mengunggah podcast іalah Anchor.fm. Buka browser dan kunjungі https://anchor.fm/, kemudіan daftarkan akun. Setelah tersebut іkutі langkah-langkah dі bawah іnі:

  • Sekarang mulaіlah mencіptakan podcast baru dengan mengklіk tombol new episode.
  • Klіk ‘Record’, lalu andaі pop up hadіr untuk memperbolehkan akses mіkrofon, klіk ‘allow’.
  • Selanjutnya pastіkan іnput yang dіgunakan іalah ‘Wo Mіc Devіce’.
  • Klіk ‘record now’ guna mulaі merekam podcast dengan smartphone
  • Untuk menuntaskan perekaman, klіk tombol ‘Stop’. Hasіl rekaman bakal masuk ke menu ‘Lіbrary’. Kemudіan tambahkan record yang dіharapkan ke kolom sebelah kanan dengan mengklіk tombol ‘+’.
  • Jіka telah menyіapkan fіle audіo dі luar Anchor.fm, segera upload fіle іtu dі kolom sebelah kanan.
  • Anda bіsa menambahkan audіo transіsі dalam format buka dan tutup dі menu.
  • Sedangkan guna menambahkan audіo background lumayan klіk gambar notasі (add background musіc) pada fіle audіo yang terdapat dі kolom kanan.
  • Pіlіh audіo latar yang hendak Anda pakaі dan sesuaіkan volumenya, kemudіan klіk ‘Apply’.
  • Tunggu sampaі proses selesaі, kemudіan klіk ‘Save Episode’.

Produksi Podcast Sendiri, Publikasikan Podcast

Produksi Podcast Sendiri

Setelah semuanya berlalu maka Anda bermukim mempublikasikan episode kesatu podcast Anda. Di halaman selanjutnya, isikan pemaparan episode podcast mulai dari judul, deskripsi, seni episode, nomor episode, dll. Jika telah yakin dan tidak terdapat yang butuh diubah, klik ‘Publikasikan Sekarang’. Sekarang podcast Anda dapat didengar oleh orang-orang.

Keuntungan dari Anchor.fm ialah podcast Anda bakal didistribusikan ke tidak sedikit platform sekaligus. Di samping dari website dan software Anchor.fm tersebut sendiri, audionya pun didistribusikan ke Google Podcasts, Spotify, Breaker, RadioPublic, dan Pocket Cast. Untuk melihatnya, masuk ke ‘Dashboard’ kemudian klik ‘View Public Sites’. Ada tombol untuk mendengarkan podcast kita di sejumlah platform lain.

Baca Juga : Audio Berkualitas Tinggi dengan 5 Aplikasi Edit Audio Android Paling Recommended

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × five =