Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Gratis dari Pemerintah

Aplikasi Belajar Online Gratis

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Gratis dari Pemerintah – Sejak awal pandemi, semua aktivitas beralih menjadi online termasuk kegiatan belajar mengajar yang  membuat segenap aktivitas pendidikan melakukan penyesuaian kegiatan belajar melalui perkembangan teknologi contohnya melalui platform maupun aplikasi online. Sebenarnya aplikasi belajar online sudah ada sebelum pandemi hanya saja harus berlangganan terlebih dahulu. Semenjak adanya pandemi, muncul aplikasi belajar online yang dapat digunakan secara gratis dari pemerintah maupun yang bekerjasama dengan pemerintah. Aplikasi belajar online gratis dari pemerintah ini dapat menjadi referensi untuk digunakan selama belajar daring:

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Gratis dari Pemerintah

1. Rumah Belajar Kemendikbud

Aplikasi Belajar Online Gratis

Rumah Belajar adalah portal online resmi milik Kemendikbud yang dapat diakses melalui www.belajar.kemdikbud.go.id atau unduh di playstore. Aplikasi Rumah Belajar menyediakan fitur lengkap secara gratis untuk pendidik, peserta didik, dan masyarakat umum. Fitur yang pertama ialah Sumber Belajar, menyediakan materi ajar yang tersusun secara terstruktur sesuai dengan kurikulum dengan tampilan menarik berupa gambar, video, animasi, dan simulasi.

Selanjutnya adalah Kelas Digital, digunakan guru untuk memberikan bahan ajar dan dapat diakses oleh siswa melalui smartphone. Ada fitur Bank Soal yang berisi kumpulan soal dan materi evaluasi yang dikelompokkan berdasarkan topiknya. Kemudian, Fitur Laboratorium Maya berisi simulasi praktik dan dilengkapi lembar kerja untuk siswa.

2. Aplikasi Ruang Guru

Ruang Guru bekerjasama dengan Kemendikbud untuk memberikan fasilitas belajar gratis bagi guru dan siswa di aplikasi Ruang Guru. Untuk mendapatkan akses gratis, Ruang Guru dibuka melalui belajar.id kemudian pilih Ruang Guru. Masuk ke Ruang Belajar kemudian log in menggunakan akun google.

Fasilitas gratis dari Ruang Guru ini dapat diakses oleh pengguna yang sudah berlangganan maupun yang berlangganan. Sayangnya, fitur ini dapat digunakan hanya dari Senin-Jumat pukul 08.00 – 12.00. Materi di Ruang Guru tersedia dari jenjang SD hingga SMA/sederajat sesuai kurikulum nasional.

3. Quipper School

Aplikasi Belajar Online Gratis

Aplikasi lainnya yang bekerja sama dengan pemerintah ialah Quipper School. Aplikasi ini menyediakan fitur gratis yang dapat digunakan baik murid maupun guru. Quipper didesain dengan model kelas belajar dimana guru dapat mengirimkan materi kepada murid melalui video maupun latihan soal. Guru dapat membuat materi sendiri atau menggunakan materi yang sudah ada di Quipper. Monitoring dan evaluasi pembelajaran dapat langsung dilakukan di Quipper sehingga guru tidak kesulitan berkomunikasi dengan siswa.

4. Sekolahmu

Aplikasi belajar online gratis dari pemerintah selanjutnya adalah Sekolahmu yang merupakan aplikasi blended learning dan terintegrasi digital yang pertama di Indonesia. Fitur utama pada aplikasi ini adalah TanyaMu yang digunakan untuk bertanya pada guru maupun pengajar profesional yang mumpuni di bidangnya untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Selanjutnya fitur UjianMu digunakan untuk memastikan apakah peserta didik siap untuk ujian dan benar-benar memahami materi yang dipelajari. Ada juga Fitur KelasMu digunakan sebagai media para guru berkolaborasi menyiapkan program untuk siswanya di kelas masing-masing. Terakhir Fitur KarirMu, merupakan wadah bagi para siswa mengeksplorasi bakatnya sejak dini melalui program magang untuk mempersiapkan dunia kerja.

5. Aplikasi Belajar Online Gratis, Zenius

Aplikasi Belajar Online Gratis

Aplikasi Zenius sudah berdiri sejak 2004 dan sudah banyak yang menggunakannya. Zenius membuka layanan akses gratis untuk video pembelajaran materi sekolah. Materi dari Zenius dapat dimanfaatkan sebagai penunjang pelajaran di sekolah dan juga menambah pengetahuan di luar jam sekolah.

Video dalam aplikasi tersedia dari jenjang SD-SMA dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga membuat siswa semakin memahami materi. Di samping itu, Zenius juga memberikan pilihan paket untuk lebih memfokuskan bimbingan belajar terutama membantu meraih impian untuk masuk perguruan tinggi favorit melalui  pembahasan UTBK.

Semakin banyak inovasi yang muncul pada bidang pendidikan, sehingga banyak aplikasi belajar online gratis dari pemerintah yang dapat dimanfaatkan. Dengan demikian, diharapkan peserta didik dapat terpenuhi hak belajarnya dan memahami materi yang diajarkan sehingga berguna bagi kehidupannya di masa depan.

Baca Juga : Wajib dicoba! 5 Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa ini Gratis

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 5 =