Wajib dicoba! 5 Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa ini Gratis

Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa

Wajib dicoba! 5 Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa ini Gratis – Pandemi COVID-19 yang melanda dunia terjadi begitu cepat dan masif. Hal yang mengakibatkan berbagai sektor dalam kehidupan sangat terganggu kestabilannya. Salah satunya adalah sektor Pendidikan di Indonesia. Tenaga pendidik utamanya harus memutar otak dalam memanfaatkan aplikasi belajar online untuk mahasiswa.

Aplikasi belajar online sendiri adalah media pengganti pembelajaran yang bisa digunakan untuk kelas saat pandemi. Persentase efektifitasnya juga mendekati maksimal seperti kelas offline. Apa saja aplikasi tersebut? Yuk cek lebih lanjut!

Wajib dicoba! 5 Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa ini Gratis

1. Moodle

Platform yang bisa dijadikan media pembelajaran dalam mempersiapkan kelas online yang pertama adalah Moodle. Platform yang memiliki kepanjangan yaitu Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment ini merupakan aplikasi gratis yang super fleksibel dan mudah. Keunikan lainnya, terdapat fitur chat untuk interaksi dalam pembelajarannya.

Dalam Moodle sendiri, pengajar dapat dengan mudah merancang materi, pemberian tugas hingga pelaksanaan ujian dengan mode aplikasi maupun website-based. Kabar baiknya lagi adalah, aplikasi ini tidak akan memberatkan para pengguna android dalam mengakses pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini bisa memberikan analisis dan report untuk hasil ujian maupun pembelajaran mahasiswa.

2. Edmodo

Aplikasi selanjutnya adalah Edmodo. Tidak jauh berbeda dari fitur yang ditawarkan pada aplikasi belajar online untuk mahasiswa sebelumnya, namun keunikannya terdapat pada fitur parent-code. Dimana orang tua juga bisa memantau hasil pembelajaran yang dilakukan oleh sang anak.

Edmodo berguna sekali bagi seorang pengajar untuk mulai merancang materi hingga tugas dan ujian hanya melalui sebuah platform. Fitur yang cukup unik yang dimiliki oleh Edmodo yaitu fitur polling dan award badge. Polling tersebut berguna dalam melakukan pengambilan suara dari mahasiswa. Sedangkan untuk award badge terkhusus diberikan untuk mahasiswa yang mendapatkan hasil yang baik.

3. Coursera

Coursera berbeda dari sistem yang ditawarkan Edmodo maupun Moodle. Dalam aplikasi ini, mahasiswa bisa secara mandiri mengakses pembelajaran online tanpa instruksi dari pengajar. Aplikasi unik ini juga bisa digunakan untuk menambah wawasan baru dalam berbagai ilmu.

Tersedia hingga 2000-an kursus dalam berbagai bidang yang bisa dicoba untuk dipelajari. Namun platform ini juga bisa dimanfaatkan oleh pengajar dalam menambah sumber materi untuk bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa. Tentunya semua fasilitas dari dasar bisa diakses secara gratis melalui aplikasi maupun website Coursera.

4. SEVIMA EdLink

Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa

Platform yang harus menjadi kebanggaan anak bangsa adalah aplikasi Sevima Edlink. Sebuah platform yang tidak kalah memberikan fasilitas dalam mempersiapkan materi hingga berbagai fitur belajar online untuk mahasiswa. Terdapat fitur unggulan dari Edlink ini sendiri adalah membuat diskusi forum.

Fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengajar untuk membuka diskusi dengan mahasiswa terkait topik khusus. Jadi tidak ada lagi kata bosan dengan menggunakan metode e-learning di masa pandemi ini. Ditambah lagi semua fitur tersebut tidak perlu biaya tambahan atau gratis.

5. Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa, Schoology

Aplikasi Belajar Online untuk Mahasiswa

Aplikasi belajar online untuk mahasiswa yang terakhir adalah Schoology. Aplikasi yang merupakan salah satu dari aplikasi Learning Management System ini memiliki fitur yang tidak jauh dari Moodle. Mahasiswa dapat mengakses dimanapun materi pembelajaran yang telah disediakan oleh pengajar.

Tidak hanya itu, aplikasi ini sangat membantu para pengajar untuk lebih efektif memantau perkembangan mahasiswa, dari absen hingga tugas. Kemudian, Schoology bisa dengan mudah diakses secara gratis dengan mengunduh aplikasi pada google play store.

Jadi tidak ada lagi masalah untuk melakukan pembelajaran berbasis online di masa pandemi. Tanpa kata susah, materi pembelajaran bisa dikoordinir oleh pengajar. Aplikasi belajar online untuk mahasiswa pun bisa diakses dengan mudah dimana saja.

Baca Juga : 5 Aplikasi Belajar Offline Smp yang Layak Diunduh

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *