SHAREit: Fitur, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Instal

SHAREit

SHAREit – Untuk mengirim file dari satu smartphone ke smartphone lain ada banyak cara. Seperti melalui Bluetooth, NFC, atau dengan internet. Mengirim file tersebut susah-susah gampang karena adanya perbedaan sistem operasi atau perangkat smartphone yang berbeda satu sama lain. Belum lagi harus mengunakan alat bantuan, seperti kabel USB.

Oleh karena itu, muncul satu inovasi berbentuk aplikasi bernama SHAREit yang dapat mempermudah perpindahan file antar device.

Apa Itu SHAREit?

SHAREit merupakan aplikasi smartphone yang merambat juga ke software dekstop seperti Android, IOS, Windows, dan lain sebagainya. Kegunaan utama dari aplikasi ini adalah mengirim file ke device lain yang terinstall SHAREit di dalamnya. Aplikasi ini pertama kali rilis pada tanggal 28 Apri l 2013 dan dikembangkan oleh Smart Media 4U Technology Pte.Ltd.

Fitur SHAREit

Mampu Transfer Berbagai Macam File

Dalam aplikasi SHAREit, file dibedakan tergantung dari jenis apa file tersebut. Contohnya MP3 untuk musik, MP4 untuk video, dan pembagian file lainnya. Hal ini akan mempermudah pengguna dalam menggolongkan file yang ditransfer atau yang akan ditransfer di smartphone Anda. Tidak hanya itu, SHAREit juga dapat mengirim aplikasi yang sudah diinstall di smartphone Anda dan dapat dengan mudah diinstall kembali di device yang dikirimi.

Kecepatan Transfer Tinggi

Berbeda dengan Bluetooth yang kecepatannya lambat, atau menggunakan e-mail yang terlalu ribet, SHAREit memiliki kelebihan praktis dan efesien yaitu menggunakan teknologi WiFi untuk mengirim file. Metode pengiriman menggunakan wireless point to pint yang mengirim suatu file langsung menuju accest point menggunakan Wi-Fi yang tersambung bersama. Kecepatan transfer SHAREit diklaim 200 kali lebih cepat dibanding Bluetooth versi standar.

Mengirim File Berukuran Besar

Anda tidak perlu khawatir tentang ukuran file yang didukung untuk dikirim karena aplikasi ini mendukung ukuran file mulai dari 1 MB sampai 100 GB untuk dikirim dengan mudah dan cepat. Hal ini akan berdampak baik pada pegawai atau pekerja yang memerlukan media transfer yang cepat dengan ukuran file yang massive.

Gratis dan Tidak Memakan Kuota

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga tidak memakan kuota meskipun dikatakan menggunakan Wi-Fi sebagai media transfer. Hal tersebut dikarenakan Wi-Fi yang dimaksud adalah jaringan lokal tanpa kabel yang terhubung bersama. Kecepatannya dapat mencapai 20 MB/detik.

Dapat Disambungkan ke PC

Tersedia juga aplikasi atau software yang bisa diinstall di PC. Tidak hanya antar PC, Anda juga dapat menyambungkan SHAREit versi mobile ke versi PC sehingga memungkinkan pengguna saling tukar menukar file dari device dan sistem operasi yang berbeda. Masih banyak keuntungan lain yang bisa dirasakan apabila menyambung device mobile dan dekstop Anda, seperti screen mirroring, melihat file-file PC di smartphone, dan lain sebagainya. Praktis bukan?

Menu yang Lengkap

Ketika membuka aplikasi, ada banyak sekali opsi yang menarik untuk diklik, bahkan Anda bisa nonton video online di sini. UI dan temanya juga cukup menarik dan lengkap. Tetapi karena begitu banyak menu tambahan dan animasi-animasi, mungkin membuat penilaian minus untuk Anda yang suka dengan kesederhanaan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dilihat dari fitur yang diberikan, SHAREit adalah aplikasi yang sangat berguna dalam prosesi transfer file. Sayangnya, aplikasi ini belum maksimal dalam pengiriman jarak jauh. Kemudian karena aplikasi ini gratis, akan tersedia banyak iklan yang mungkin dapat mengganggu Anda sebagai penghasilan utama untuk developernya. Tetapi iklan tersebut dibuat serapi mungkin dan kami sendiri tidak terlalu terganggu dengan kehadiran iklan-iklan tersebut.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − 3 =