24 Istilah dan Singkatan di TikTok Terbaru 2022

Istilah dan Singkatan di Tiktok

Istilah dan Singkatan di TikTok –  Kepopuleran Tiktok sudah tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini tergolong hits dengan beragam video pendek yang menarik. Tak jarang, aplikasi yang satu ini sangat digemari kalangan muda-mudi baik di Indonesia maupun mancanegara. Setiap trend di TikTok selalu viral, sehingga muncul berbagai istilah dan singkatan di TikTok.

Buat kamu yang masih bingung dengan istilah dan singkatan di TikTok, kami akan menyajikan ulasannya untuk kamu. Simak di sini.

Istilah dan Singkatan di TikTok

  1. FYP

Kata FYP sering disematkan para konten kreator dalam membuat video Tiktok. FYP merupakan kependekan dari For You Page yang berarti halaman untukmu. Cara kerja FYP hampir sama dengan feed instagram. Namun, yang membedakan adalah algoritma Tiktok otomatis menyajikan konten yang mungkin akan kamu sukai berdasarkan konten yang sering kamu tonton. Dalam laman FYP, siapa saja berkesempatan untuk menjadi viral tergantung dari kualitas konten yang dibuat.

  1. Glow Up

Glow up merupakan salah satu istilah dan singkatan di Tiktok yang menunjukkan perubahan yang cukup signifikan dalam penampilan atau hidup. Kata Glow up lebih sering digunakan untuk menunjukkan perubahan signifikan pada fisik seseorang. Misalnya dulu kamu orang yang cuek dalam penampilan, kemudian saat ini penampilan kamu berubah jauh lebih keren.

  1. Flexing

Flexing merupakan sebuah istilah dan singkatan di Tiktok yang berarti seseorang yang sombong menunjukkan gaya hidupnya demi mendapatkan pengakuan sebagai orang kaya dari orang lain. Biasanya orang yang terindikasi flexing lebih sering memamerkan apa yang dimilikinya untuk menarik perhatian orang lain.

  1. Lit

Lit sering digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang luar biasa atau sangat keren. Biasanya istilah dan singkatan di Tiktok ini dapat kamu gunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang sangat kamu sukai seperti “Wah, Jerome Polin is lit!” yang berarti Jerome Pollin sangat keren menurutmu.

  1. Duets

Duets sebenarnya adalah fitur di Tiktok yang paling banyak digunakan para Tiktokers. Fitur ini memungkinkan kamu untuk collabs dengan para Tiktokers lainnya. Untuk menggunakan fitur ini, biasanya layar ponsel akan terbagi menjadi dua seolah kamu dapat berinteraksi dengan konten lain yang lebih dulu dibuat.

  1. YGY

YGY adalah kependekan dari Ya Gaes Ya. Istilah ini saat ini banyak digunakan warganet baik di Instagram maupun di TikTok untuk mempertegas konten. Tak hanya itu, YGY biasanya ditulis pada caption di Tiktok, Instagram maupun Twitter.

  1. Discovery Page

Istilah dan singkatan di Tiktok ini hampir sama dengan sebuah laman di Instagram. Namun Discovery Page di TikTok lebih banyak menemukan hashtag yang tengah viral di TikTok beserta banner iklan yang tengah promosi di TikTok shop. Bagi kamu yang gemar berbelanja tentunya Discovery Page akan sangat membantu untuk menemukan barang yang sedang dipromo.

  1. POV

Hampir sama dengan istilah dalam suatu cerita, POV merupakan singkatan dari point of view. Istilah POV yang ada di TikTok mengacu pada video dengan sudut pandang tertentu. Misalnya video tiktok kamu tertulis “POV kucing di rumahku” berarti video yang kamu unggah mengungkapkan seolah-olah diambil dari sudut pandang kucing di rumahmu.

  1. Q & A

Istilah dan singkatan di TikTok yang tak kalah popular adalah Q & A. Q & A yang sebenarnya fitur di Tiktok memungkinkan para followermu untuk bertanya seputar diri kamu. Jika semakin banyak pertanyaan dari follower yang terkumpul, semakin mudah kamu menjawabnya lewat konten di Tiktok.

  1. S3

Singkatan S3 biasanya merujuk kepada jenjang pendidikan tertinggi di dunia perkuliahan. Namun, di Tiktok istilah S3 dapat diartikan seseorang yang sangat pandai dalam suatu hal atau bidang. Singkatan ini hampir mirip dengan CEO. Misalnya ada desain suatu bangunan yang sangat unik dan nyeleneh, orang-orang akan menyebut “S3 Desainer”.

  1. Report

Report merupakan fitur di Tiktok yang dapat kamu gunakan untuk melaporkan suatu kejadian atau aktivitas tidak menyenangkan di Tiktok seperti konten hingga komentar yang tidak layak. Kategori aktivitas yang dapat kamu laporkan seperti bullying, pelecehan, aktivitas seksual, kekerasan dan lain sebagainya. Intinya setiap kamu melihat hal yang tidak manusiawi sebaiknya dilaporkan saja, ya.

  1. Spill

Kata Spill menurut bahasa Inggris berarti tumpahan. Namun, istilah ini digunakan dalam tiktok yang bermakna menceritakan sesuatu atau menyebutkan suatu brand atau merek secara mendetail. Contohnya seperti video skincare yang ampuh dalam mengatasi jerawat dan kamu bisa menuliskan “guys aku mau spill merek skincare yang bagus banget buat jerawat”.

  1. SMH

SMH merupakan singkatan dari shaking my head atau geleng-geleng. Misal di Tiktok kamu menonton konten yang tengah viral yang berisi perilaku orang yang aneh, absurd atau menyebalkan, kamu dapat berkomentar “SMH banget sih”. Artinya kamu gak habis pikir dengan kelakuan orang di dalam video yang kamu tonton.

  1. PMO

PMO juga merupakan salah satu istilah dan singkatan di Tiktok yang viral namun bermakna negatif. Istilah ini merujuk pada tingkah seseorang yang memuaskan diri sendiri dengan menonton konten dewasa hingga mencapai orgasme. Istilah ini banyak digunakan warganet di Tiktok hingga Twitter untuk menjelaskan kebiasaan buruknya itu dengan cara yang lebih halus. Jika konten terindikasi bermakna negative dan seksual, tak jarang orang akan berkomentar “PMO”.

  1. Stitch

Stitch juga salah satu istilah dan singkatan di tiktok yang cukup viral. Kata stitch hampir bermakna mirip dengan Duets. Bedanya, pada fitur stitch ini memungkinkan kamu membuat video untuk mengomentari video dari kreator lain .

  1. #xyzbca

Penggunaan tagar #xyzbca menjadi sangat popular di Tiktok belakangan ini tengah popular. Hashtag ini digunakan agar seseorang dapat kesempatan lebih untuk masih ke FYP. Fungsi tagar ini hampir sama dengan tagar #fyp maupun #foryourpage.

  1. Check

Bagi orang yang gemar bermain tiktok pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Check itu merupakan singkatan dari checklist yang berarti hal yang ingin kamu pertontonkan pada orang lain. Misalnya “makan ayam goreng check!”, video yang bisa kamu buat adalah yang mewakili makan ayam goreng seperti video makan ayam goreng di KFC atau sedang mukbang bareng teman-temanmu.

  1. CEO

Selama ini kamu mungkin mengenal istilah CEO sebagai pemimpin tertinggi pada perusahaan. Namun di TikTok, CEO lebih mengarah pada seseorang yang mampu menguasai suatu topik. Misal CEO of Marketing artinya orang yang benar-benar menguasai bidang marketing.

  1. Sasima

Istilah selanjutnya ada Sasima yang dalam bahasa Tiktok berarti Sana Sini Mau. Di Tiktok, kata ini ditujukan untuk orang yang mau berhubungan dengan siapapun bahkan tanpa alasan yang jelas. Istilah Sasima sering digunakan untuk menyindir seseorang baik yang sudah memiliki pasangan maupun belum. Ya secara kasar Sasima biasanya disebut sebagai murahan.

  1. DC

Singkatan DC yang ada di Tiktok memiliki banyak makna. Singkatan ini bisa berkepanjangan dance compilation, dance challenge atau dance cover. Kepanjangan lain dari DC adalah Disconnect yang berarti tidak nyambung, Don’t Care yang berarti tidak peduli, bahkan Dirrect Current yang berarti hubungan sejenis.

  1. Pargoy

Pargoy merupakan istilah dan singkatan di Tiktok yang beberapa bulan belakangan popular di Tiktok. Pargoy merupakan kepanjangan dari Partai Goyang yang dipopulerkan oleh para muda-mudi daerah Sumatera Barat. Tarian ini diartikan dengan sekumpulan orang yang bergoyang secara kompak. Pargoy dikelompokkan menjadi dua yaitu pargoy petarung dan patah-patah.

  1. Parjamban

Parjamban merupakan kependekan dari Para Jamet Berparas Tampan. Kata-kata ini digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki sifat atau karakter “jamet” namun dilengkapi dengan paras yang tampan dan menawan.

  1. TNKKP

Singkatan TTNKKP memiliki kepanjangan Tenang Nanti Kita Kasi Paham. Kata tersebut akhirnya disingkat menjadi sangat pendek agar memudahkan dalam pengucapannya.

  1. PPDTA

Hampir mirip dengan TNKKP, namun PPDTA merupakan kependekan dari Pura – Pura Dak Tau. Kata ini sering digunakan untuk menyebut seseorang yang pura-pura tidak tahu dengan kelakuan buruk orang lain.

Baca Juga: 11 Cara Transfer Dana ke Berbagai Bank dan Aplikasi

Banyak sekali istilah dan singkatan di Tiktok yang menjadi trend di kalangan warganet. Bagi seseorang yang tidak mengetahui istilah dan singkatan di Tiktok kadang bingung ketika orang lain berbicara tentang istilah yang viral. Nah, kamu juga perlu mengupgrade pengetahuan mengenai istilah di Tiktok agar tidak kudet, ya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 + four =