Tak Perlu Panik, Begini Cara Hapus Virus di Laptop dengan Mudah

Cara Hapus Virus di Laptop

Tak Perlu Panik, Begini Cara Hapus Virus di Laptop dengan Mudah – Perangkat elektronik yang pernah terhubung ke internet, memiliki kemungkinan bisa terkena virus tersebut. Virus tersebut dapat merusak sistem pada perangkat yang terinfeksi, baik perangkat lunak atau perangkat kerasnya, terutama laptop. Adapun cara hapus virus di laptop sesuai dengan jenis virus dan tingkat infeksinya.

Hampir serupa dengan virus yang menginfeksi pada tubuh manusia, virus yang menginfeksi pada perangkat elektronik pun beragam. Tentu saja hal tersebut juga menjadikan cara penanganannya pun beragam. Beberapa cara ini dapat dilakukan untuk mengatasi laptop yang terkena virus, antara lain:

Tak Perlu Panik, Begini Cara Hapus Virus di Laptop dengan Mudah

1. Lakukan Backup Data dengan Rutin

Jika memiliki data penting yang tersimpan di laptop, pastikan untuk sering melakukan backup data tersebut. Backup data bisa dilakukan dengan cara menyalin ke media penyimpanan lainnya, bahkan dapat memanfaatkan fitur Google Drive yang tersedia gratis untuk kapasitas 15 GB setiap akunnya.

2. Mengunduh Pemindai Virus

Hal utama yang dapat dilakukan tentunya menginstall pemindai virus yang dapat bekerja secara maksimal. Unduh pemindai virus sesuai dengan OS dan bit yang terdapat pada laptop yang dipakai.

Beragam cara hapus virus, cara-cara ini yang terbilang mudah dilakukan oleh siapa pun, tak perlu ahlinya. Utamakan install anti virus yang sudah jelas dan terbukti kualitasnya, pengguna bisa menanyakan rekomendasi anti virus kepada yang lebih paham.

3. Cara Hapus Virus di Laptop, Ubah ke Safe Mode

Cara Hapus Virus di Laptop

Ubah ke safe mode untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, safe mode berfungsi sebagai pelindung ketika laptop sedang diperbaiki. Restart laptop yang akan diperbaiki, kemudian tekan F8 yang ada pada keyboard, lalu masuk ke Advanced Boot Options. Setelah itu, monitor akan menampilkan 3 pilihan, pengguna cukup memilih pilihan safe mode.

4. Matikan Sambungan Internet

Mematikan seluruh sambungan internet yang terhubung ke laptop, untuk meminimalkan risiko virus bertambah. Biasanya virus masuk melalui sambungan internet ke perangkat yang terinfeksi.

Jaringan internet bersifat umum, sehingga lebih rawan untuk dimasukkan virus yang mengganggu sistem yang ada di laptop tersebut. Terutama laptop dengan sistem operasi Windows akan lebih rawan terkena virus, dibandingkan dengan laptop yang memakai sistem operasi Linux.

5. Hapus Temporary Files

Cara Hapus Virus di Laptop

Berfungsi sebagai folder sementara untuk menyimpan sebuah berkas tertentu, namun akan langsung terhapus begitu selesai dipakai. Terkadang pula masih tersimpan, sehingga dapat menyita beberapa ruang di kapasitas ruang penyimpanan. Untuk mulai menghapusnya, pengguna bisa klik menu Start lalu ketik temporary files pada kolom pencarian.

Kemudian, pilih free up disk space by deleting unnecessary files pada pilihan. Pilih lagi temporary internet files, lalu tekan tombol OK dan tekan tombol Delete Files yang tersedia. Pengguna yang menggunakan OS Windows 10 dapat mengetik disk cleanup pada kolom pencarian untuk langsung menghapus temporary files.

6. Cara Hapus Virus di Laptop, Menjalankan Pemindaian Virus

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan dengan baik, pengguna bisa langsung memindai virus software yang telah diunduh sebelumnya. Lamanya proses pemindaian tergantung dari banyaknya virus yang telah menyebar hingga jenisnya. Namun, biasanya software anti virus tersebut akan langsung menghapus semua virus yang menginfeksi perangkat.

Apabila laptop pribadi yang terkena virus, biasanya cukup dengan cara tersebut bisa langsung teratasi masalahnya. Namun, jika perangkat tersebut menyimpan data yang sangat penting dan dapat merugikan banyak orang, cara hapus virus di laptop yang digunakan akan berbeda. Hal seperti itu dapat langsung ditangani oleh orang yang ahli dibidangnya.

Baca Juga : Mengatasi Android Terkena Virus

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten − 10 =