Ternyata Begini Cara Buat Akun WA Bisnis

Cara Buat Akun WA Bisnis

Ternyata Begini Cara Buat Akun WA Bisnis – Untuk mempermudah para pelaku usaha, mulai September 2017 telah hadir WhatsApp Business. Tidak jauh berbeda dengan yang versi reguler, di sini pun ada beberapa cara buat akun WA bisnis yang perlu dilakukan. Hal ini tentu membuat lebih fokus dalam mengembangkan usaha tanpa mencampurkannya dengan nomor pribadi. Berikut ini langkah-langkahnya:

Ternyata Begini Cara Buat Akun WA Bisnis

Cara Buat Akun WA Bisnis

1. Download WhatsApp Business

Pertama kali, tentu harus mempunyai aplikasi WhatsApp yang khusus digunakan untuk bisnis. Sama seperti biasanya yang identik dengan warna hijau, versi Busines sama. Hanya saja pada bagian dalamnya terdapat huruf B sebagai pembeda. Pengguna smartphone Android bisa mendapatkannya di Google Play Store. Sedang produk iPhone melalui App Store.

Para pelaku usaha memang disarankan untuk menggunakan WhatsApp Business agar lebih mudah menjalin komunikasi dengan para pelanggan atau memasarkan produknya. Sehingga tidak perlu mencampur adukkan dengan akun pribadi. Selain itu, melalui WA bisnis ini pengguna mampu mengembangkan usaha dan memperoleh banyak keuntungan.

2. Cara Buat Akun WA Bisnis, Instal dan Tinjau Ketentuan Layanan

Cara Buat Akun WA Bisnis

Setelah berhasil mengunduhnya, segeralah untuk menginstal aplikasi WhatsApp Business di perangkat. Saat membuka pertama kali, pada tampilan awal pengguna diharuskan membaca semua ketentuan yang telah ditetapkan. Bacalah dengan saksama dan setujui hal tersebut agar dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

3. Daftar Menggunakan Nomor HP

Sama seperti membuat WA untuk akun reguler di sini pun juga memerlukan nomor handphone yang akan didaftarkan nanti. Disarankan, pakailah kontak yang biasa digunakan berbisnis agar dapat terfokus dan tidak bingung jika ada chat masuk, apakah itu dari pelanggan atau bukan.

Pada kolom yang disediakan, pilihlah negara tempat domisili. Lalu di bawahnya, masukkan nomor handphone sesuai format yang telah ditentukan. Jika sudah selesai, tekan Lanjut untuk menuju ke langkah berikutnya. Pihak WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi 6 digit ke kontak yang telah didaftarkan. Jika sudah, masukkan kode tersebut.

4. Izinkan Semua Akses

Setelah memasukkan kode verifikasi, maka nomor tersebut sudah terdaftar di dalam WhatsApp Business. Lalu, cara buat akun WA bisnis berikutnya yaitu, pengguna diminta untuk mengizinkan semua akses untuk aplikasi. Agar nantinya dapat digunakan untuk berkirim foto, video, atau file. Termasuk kontak yang ada dalam buku telepon juga tercatat dalam WA.

5. Buatlah Akun Bisnis

Langkah untuk membuat WA bisnis tidak berhenti sampai di situ. Pengguna harus membuat akun bisnis dalam nomor yang sudah didaftarkan agar pembeli bisa mengetahuinya dengan jelas. Mulai dari kategori dari usaha yang sedang dijalankan, menyertakan foto profil yang sesuai, dan tentunya nama dari bisnis tersebut.

Pengguna perlu memperhatikan beberapa ketentuan dalam penulisan nama bisnis dalam WhatsApp Business, antara lain:

  • Huruf kapital hanya ada pada awal kata, tidak boleh semuanya. Seperti ‘Toko Subur Jaya’ bukan ‘TOKO SUBUR JAYA’
  • Tidak diperkenankan memberikan emoticon, tanda baca apa pun, dan simbol karakter. Hanya diperbolehkan berupa huruf dan angka
  • Jangan mengganti nama bisnis sewaktu-waktu atau akun akan di-banned

6. Cara Buat Akun WA Bisnis, Lengkapi Profil Bisnis

Jika sudah selesai membuat akun bisnis sesuai usaha yang sedang dijalankan, berikutnya pengguna harus melengkapi semua profil agar memudahkan pelanggan. Buatlah deskripsi dengan menarik, sertakan juga alamat lengkap, jam kerja, dan katalog berupa foto-foto produk yang dipasarkan.

7. Lakukan Pengaturan Lainnya

Pada menu Setelan, pengguna bisa melakukan pengaturan lanjutan untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Seperti adanya fitur Away Message yang membuat WA bisa membalas pesan secara otomatis jika sedang sibuk.. Terdapat juga Greeting Message dikirimkan ketika pembeli melakukan chat pertama kali. Atau dapat memilih balasan cepat.

Itulah cara buat akun WA bisnis yang perlu diketahui oleh para pelaku usaha agar dapat mengembangkan usahanya. Hal ini juga memudahkan memasarkan produk dan bertindak lebih responsif kepada pelanggan.

Baca Juga : Berikut 5 Cara Mengetahui Last Seen WA Yang Dimatikan Dengan Mudah

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 + 11 =