14 Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu 2022

Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu 2022 – Pasti kamu ketika melihat HP merk samsung dengan harga murah bertanya-tanya. Kadang kamu juga berikir apakah hp samsung tersebut asli atau palsu. Soalnya, ketika hp samsung asli harga 20 juta, sedangkan yang palsu cuma harga 1 juta. Untuk itu kami akan mengulasnya secara lengkap.

Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu 2022

Sejarah Perkembangan Samsung Di Dunia Smartphone

Siapa yang tidak kenal dengan produk familiar ini, produk yang mulai rilis tahun 1938 silam oleh Lee Byung-chul di Korea Selatan. Perkembangan Samsung dari tahun ke tahun sangat konsisten dan menunjukkan perkembangan positif yang dimana Samsung pernah merajai dunia smartphone pada tahun 2020.

Samsung mempunyai 4 group bisnis besar yang sama-sama bergerak dan mengembangkan sistem dan aplikasi di dalam smartphone Samsung dan mengembangkan berbagai macam produk elektronik lainnya, seperti TV, DVD, dan lain sebagainya, 4 group itu adalah Samsung Group, Hansol Group, dan CJ Group dan Shinsegae Group.

Samsung mulai melakukan ekspor smartphone keluar negara Korea Selatan yaitu pada tahun 1990 yang kemudian mendapat sambutan positif dan menjadi pendapatan terbesar dari Samsung.

Pada tahun 2020 Samsung mengalami masa kejayaan dengan dinobatkannya sebagai perusahaan dengan produk paling populer yaitu Samsung elektroniks. Samsung elektroniks merupakan sebuah produk inovasi yang bergerak dibidang teknologi informasi produsen elektronik konsumen, hingga menjadi produsen chip.

Dengan awal mula yang baik Samsung mulai merancang produk smartphone yang diharapkan mampu menjangkau pasar smartphone dunia. Pada tahun 1998 Samsung mengeluarkan produk hp pertama namun masih kalah saing dengan produk SC-1000 yang terjual lebih banyak di pasaran.

Kemudian tahun 2000-an Samsung kembali mengeluarkan produk terbaru yaitu Samsung Galaxy yang banyak diminati dan berhasil menembus pasar internasional. Namun sampai saat ini belum ada pembaruan pasti tentang Samsung Galaxy ini, sehingga mulai dikalahkan merek lain seperti xiaomi dan oppo.

Catatan Produk Smartphone Samsung

tahun 2010 banyak produk Samsung yang sukses memikat hati masyarakat dunia Khususnya Indonesia. Semua tipe ini merupakan tipe hasil pembaruan dari tahun ke tahun. Berikut beberapa seri smartphone yang pernah dikeluarkan Samsung di Indonesia:

  • Tahun 2010, pada tahun ini Samsung merilis smartphone dengan spesifikasi OS Android 2.1 dan menggunakan ukuran layar pada ponsel ini adalah 800 x 480 tipe super amoled display yaitu Samsung Galaxy S.
  • Tahun 2011, pada tahun ini Samsung memperbarui seri Galaxy S dengan merilis smartphone dengan spesifikasi lebar layar yang masih sama. Menggunakan processor dual-core 1.2 GZ dengan RAM 750 MB yaitu Samsung Galaxy S2.
  • Tahun 2012, Samsung kembali merilis smartphone dengan spesifikasi layar lebih besar yaitu 1280 x 720 dan menggunakan OS Android 4.0. yaitu Samsung Galaxy S3.
  • Tahun 2013, di tahun Samsung merilis smartphone dengan spesifikasi RAM 2 GB dengan kamera yang makin berkualitas yaitu 13 megapiksel. yaitu Samsung Galaxy S4.
  • Tahun 2014, Samsung merilis smartphone dengan pembaruan spesifikasi RAM 2GB. Dan dari segi kamera di update menjadi 16 megapiksel. yaitu Samsung Galaxy S5.
  • Tahun 2015, Samsung kembali merilis 2 smartphone dengan tipe bezel-less yaitu Samsung Galaxy S6 & S6 Edge.
  • Tahun 2016, Samsung melakukan update prosesor yang lebih cepat dan RAM sebesar 4GB, yaitu Samsung Galaxy S6 & S6 Edge.
  • Tahun 2017, Samsung merilis seri Galaxy S8 melakukan update produknya dengan teknologi infinity display dimana layar Hp ini terlihat penuh dan menggunakan RAM nya masih sama yaitu 4 GB.
  • Tahun 2018, Samsung memfokuskan dalam pembaruan kamera dengan kualitas yang lebih baik yaitu Samsung Galaxy S9 dengan mencapai 12 megapiksel.
  • Tahun 2019, Samsung kembali melakukan pembaruan kamera dengan menambahkan fitur 3 kamera belakang dan 1 kamera selfie depan dengan menggunakan RAM 8 GB yaitu Samsung Galaxy S10
  • Tahun 2020, Samsung mengeluarkan produk terbaru yaitu Samsung Galaxy S11 dengan berbagai fitur unggulan, menggunakan kamera mencapai 108 megapiksel dan dilengkapi dengan fitur dynamic amoled display.

Itulah produk yang pernah dikeluarkan Samsung dari tenggat tahun 2010 sampai tahun 2020. Kini Samsung belum melakukan pembaruan terhadap produknya itu dan semakin tertinggal jauh dengan merk lain seperti xiaomi, apple, dan oppo.

Kelebihan Produk HP Samsung

Jika kita lihat produk yang dirilis Samsung memang mempunyai keunggulan tersendiri baik dari fisik atau sistem yang digunakan. Hal ini membuat Samsung banyak menorehkan prestasi gemilang dalam dunia smartphone pada tahun 2020. Apa saja kelebihan hp Samsung? Berikut penjelasannya:

1. Samsung Brand Tertua

Samsung sudah ada sejak tahun 1938 di Korea selatan dan merupakan brand elektronik tertua dan fenomenal di dunia. Tidak heran jika Samsung mempunyai catatan nama di hati pengguna setianya.

Perkembangan produk Samsung bisa dibilang selalu ada setiap tahunnya, awal pertama Samsung tidaklah mengeluarkan smartphone. Namun, lebih fokus memproduksi TV, DVD, dan kulkas.

2. Produk Awet

Jika berbicara masalah kualitas awetnya produk atau barang, Samsung tidak perlu diragukan kekuatannya. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh team penguji dan pengguna setia Samsung.

Samsung selalu fokus terhadap manajemen kualitas produk yang menyebabkan produk samsung salah satunya smartphone sangat tahan lama.

3. Produk Bervariasi

Samsung tidak hanya bergerak di dunia smartphone atau teknologi informasi saja. Namun teknologi Samsung lebih kompleks daripada itu. Samsung mulai banyak mengembangkan jam digital dan juga mengembangkan Galaxy Buds, laptop, hingga bahkan peralatan elektronik pintar lainnya.

4. Harga Terjangkau

Meskipun sebagai brand yang paling tua dan fenomenal Samsung tidak pernah membrandol produknya dengan harga yang tinggi seperti iPhone. Namun, smartphone Samsung bisa dimiliki dan digunakan oleh semua kalangan.

5. Kualitas Setiap Seri Terjaga

Pengguna Samsung tidak pernah mengeluh banyak mengenai kekurangan produk smartphone Samsung setiap serinya. Hal ini disebabkan karena fitur, spesifikasi, dan sistem yang dikeluarkan dalam tiap seri dijaga kualitasnya dengan konsistensi yang sangat tinggi.

6. Populer

Tidak heran jika produk Samsung sangat diminati selain menjadi produk tertua Samsung juga memiliki berbagai macam kelebihan yang diminati masyarakat luas. Setiap seri smartphone yang dikeluarkan Samsung habis terjual dan mendapat predikat sangat baik dalam pemasaran produk.

7. Menggunakan Teknologi One UI

Teknologi One UI merupakan teknologi yang dapat mengatur agar interface smartphone lebih menarik dan bisa dioperasikan dengan satu tangan. Teknologi ini diterapkan hampir di semua seri keluaran Samsung.

Dengan adanya teknologi ini disambut baik oleh pengguna setia Samsung, karena dengan adanya teknologi ini tampilan layar lebih menarik dan tombol navigasi mudah digunakan. Samsung juga sudah memperbarui teknologi UI ini menjadi teknologi UI 2 dengan banyak kelebihan dari sebelumnya.

8. Seri Samsung Mudah Dikenali

Perbedaan dari setiap seri keluaran samsung sangat terlihat jelas baik secara fisik luar atau sistem di dalamnya, pengguna bisa dengan mudah mengetahui seri Samsung hanya dengan melihat fisik luarnya saja.

9. Mempunyai Banyak Store

Jika kamu mempunyai masalah dengan hp Samsung kesayangan, kau bisa datang ke store Samsung terdekat di kotamu. Di Indonesia sudah tersebar store Samsung di seluruh kota dengan fasilitas service dan menyediakan layanan konsultasi secara gratis.

10. Aplikasi Bawaan Yang Sangat Membantu

Samsung juga memberikan kamu layanan berupa aplikasi bawaan sistem yang sangat bermanfaat dan ringan untuk keamanan penyimpanan kamu. Contohnya saja Samsung Pay yang era ini bisa dihubungkan dengan berbagai macam E-wallet seperti Dana, Ovo, ShopeePay, dan lain sebagainya

11. Daya Baterai Kuat

Baterai yang diberikan Samsung untuk setiap serinya memiliki performa yang patut diacungi jempol karena kuat dan daya tidak cepat habis. Namun sayangnya Samsung masih menggunakan Baterai yang bisa dilepas tidak menggunakan baterai tanam otomatis.

12. Adanya Fitur Sidik Jari

Samsung berupaya meningkatkan keamanan data pengguna dengan menyediakan fitur sidik jari yang tentunya lebih aman jika dibandingkan pola dan PIN. Hal ini disambut baik pengguna Samsung dan berhasil menjual habis produk seri Samsung dengan sidik jari.

13. Tampilan Fisik Produk Berbeda Dari Yang Lain

Contohnya saja Samsung Galaxy Fold yang layarnya bisa dilipat dan dilengkungkan dengan mudah. Tentunya produk semacam ini hanya dikembangkan oleh Samsung saja dan banyak mendapat perhatian dunia meskipun harganya yang masih sangat mahal di pasaran.

14. Produk Baru Setiap Tahunnya

Jika kita lihat seri Samsung dari tahun 2010 sampai 2020 memang sangat update dan selalu mengeluarkan inovasi setia tahunnya. Namun kini pengguna Samsung masih menunggu pembaruan dari seri Samsung yang terakhir yaitu Samsung Galaxy S11.

Kekurangan Produk Samsung

Sampai saat ini masih banyak kekurangan Samsung yang belum direspon dan diperbarui oleh pihak internal Samsung. Sebagian pengguna Samsung mengeluhkan hal ini dan beralih menggunakan smartphone lain seperti xiaomi dan oppo yang terus melakukan update hampir setiap tahunnya. Apa saja kekurangan smartphone Samsung? Berikut penjelasannya:

1. Beberapa Produk Samsung Mahal

Produk terbaru Samsung seperti Samsung Galaxy S11 dan Samsung Galaxy Fold mempunyai harga yang sangat fantastis dan hanya bisa dijangkau pengguna dengan ekonomi kelas atas. Hal inilah yang menjadi keluaran terbaru Samsung kurang diminati karena harganya yang terlalu mahal.

2. Harga Jual Second Anjlok

Disamping harga awal produk Samsung mahal, harga second smartphone Samsung juga sangat anjlok di pasaran. Hal ini dikarenakan desain fisik Samsung hanya memiliki trend sesaat dan cenderung kuno.

3. Desain Monoton

Desain fisik dan Sistem produk Samsung sangat monoton dan jarang di update. Bahan yang digunakan Samsung memang kuat tetapi tidaklah menarik mata. Samsung hanya memfokuskan dalam hal kualitas tanpa melihat kuantitas.

4. Mudah Terserang Malware

Sistem keamanan yang ditawarkan Samsung juga sangat rapuh dan rentan adanya malware yang sangat mengganggu dan dapat merusak aplikasi serta sistem di dalam perangkat. Hal ini menyebabkan Samsung menjadi lemot dan kalah dalam penyimpanan ruang.

5. Penyimpanan Kecil

Samsung masih kurang cocok digunakan untuk hp game atau hp dengan isi spesifikasi yang berat. Terlalu banyaknya bug menyebabkan penyimpanan Samsung terbuang sia-sia yang menyebabkan sistem internal hp rusak. Disamping RAM yang kecil hal ini juga dikarenakan Samsung belum menyediakan fitur Clear bug secara otomatis.

6. Kualitas Kamera Masih Kalah

Jika dibandingkan dengan produk lain seperti xiaomi dan oppo kamera yang digunakan Samsung masih tertinggal. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap hasil tangkapan gambar atau video apalagi sekarang adalah zaman selfie dan zaman media sosial.

7. Kurang Update Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan Samsung hampir tidak pernah di update dan terus didiamkan begitu saja. Sistem Samsung juga sangat lemot jika digunakan untuk update aplikasi terinstall seperti WA, IG, atau FB.

8. Material

Bahan atau Material yang digunakan Samsung masih kebanyakan dari bahan plastik dan dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Meskipun kuat terkadang banyak persepsi yang menyebutkan bahan produk Samsung tidak sesuai dengan harga.

Cara Cek Hp Samsung Asli dan Palsu Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui keaslian produk Samsung yang akan kamu beli. Karena melihat banyaknya kasus barang imitasi yang terjadi dilapangan. Berikut Cara Membedakan Hp Samsung Asli dan Palsu Dengan Mudah:

1. Membandingkan Harga

Cara pertama untuk cek hp samsung asli atau palsu yang bisa kamu lakukan adalah dengan membandingkan harga smartphone Samsung yang ingin dibeli. Harga resmi seri Samsung bisa kamu cek di website Samsung itu sendiri yaitu samsung.com

2. Cek Menggunakan LCD Test

Cara kedua adalah dengan menggunakan LCD test. LCD test merupakan fitur bawaan samsung yang menyediakan informasi tentang spesifikasi produk samsung. Berikut cara cek menggunakan LCD test:

  • Langkah pertama ketikkan “*#0*#” pada layar panggilan dan langsung hubungi
  • Tunggu beberapa saat, kemudian akan ditampilkan informasi LCD test.
  • Di halaman ini kamu bisa melihat keterangan kamera, getaran, suara, layar sentuh, dan spesifikasi lainnya.
  • Jika Samsung asli biasanya akan langsung menampilkan LCD test

3. Cek Menggunakan Kode Rahasia

Cara cek hp Samsung asli atau palsu berikutnya adalah menggunakan kode rahasia yaitu dengan mengetikkan “*#1234#” pada layar panggilan. Kode ini akan memberikan kamu informasi mengenai produk Samsung itu sendiri.

Setelah itu kamu bisa mencocokkan informasi di kode rahasia dan di boks smartphone, bila ada perbedaan bisa dipastikan barang itu merupakan imitasi.

4. Cek Nomor IMEI

Berikutnya adalah dengan cek nomor IMEI. IMEI merupakan kode ponsel rahasia yang secara sah diakui oleh dunia internasional sebagai identitas resmi sebuah perangkat. Cocokkan nomor IMEI pada hp Samsung dengan nomor IMEI yang tersedia di boxs

5. Membandingkan Kualitas Layar

Cara ini mungkin cukup susah karena kamu harus membawa contoh hp Samsung yang bisa kamu gunakan untuk membandingkan layar. Dengan demikian kamu lebih mudah membandingkan kualitas layar, biasanya hp Samsung palsu mempunyai kualitas layar yang lebih rendah.

6. Menyambungkan ke Samsung KIES atau CPU-Z atau AIDA 64

Berikutnya adalah dengan menyambungkan ke Samsung KIES. KIES merupakan aplikasi yang secara khusus digunakan pengguna Samsung saja. Dengan menyambungkan ke KIES kamu bisa melihat spesifikasi produk Samsung yang akan kamu beli.

Cara menyambungkan Samsung ke KIES juga sangat mudah yaitu dengan mengunduhnya secara langsung di google (Hanya bisa di unduh oleh merek hp Samsung) kemudian hubungkan dengan laptop menggunakan kabel data, kemudian akan muncul informasi mengenai spesifikasi produk secara langsung. Jika tidak muncul bida dipastikan produk yang ingin kamu beli palsu.

7. Cek Menggunakan Kode Rahasia

Cara cek hp Samsung asli atau palsu berikutnya adalah menggunakan kode rahasia yaitu dengan mengetikkan “*#1234#” pada layar panggilan. Kode ini akan memberikan kamu informasi mengenai produk Samsung itu sendiri.

Kesimpulan :Demikian penjelasan mengenai produk Samsung, jika kamu berminat menggunakan Samsung pastikan selalu waspada dan kenali ciri-ciri produk asli jika membeli di luar store resmi Samsung. Metode atau cara yang paling tepat digunakan adalah dengan membeli lewat store Samsung untuk menghindari penipuan.

Baca Juga: Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu

Intinya dalam membeli hp, terutama merk samsung, harus lebih teliti. Karena hp samsung asli dan palsu atau dilihat secara seklias 100 percen sama

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin