Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu

Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu – IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah sebuah barisan angka yang jika kita cek maka akan memberi tahu kita informasi mengenai handphone, mulai dari model, mereknya, tahun pembuatan, serial number, dll. Seluruh ponsel atau ponsel pasti memiliki IMEI, karena dapat diibaratkan seperti KTP yang merupakan identitas manusia.

Setiap ponsel ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Demikian juga dengan hp Xiaomi. Untuk mengetahui nomor IMEI pada hp Xiaomi ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan. Cara cek IMEI Xiaomi asli atau palsu yang paling mudah yaitu dengan melihat bagian belakang dus book saat kita membeli hp Xiaomi baru maupun bekas.

Tetapi tak jarang no IMEI yang tertera pada dus book berbeda dengan yang terdapat di ponsel. Terdapat beberap aspek yang dapat menimbulkan perihal itu. Dapat saja hp yang kita beli ialah hp rekondisi, sehingga memakai dus book palsu. Tidak hanya itu, no IMEI yang berbeda pula dapat mengindikasikan keaslian dari ponsel.

Yah, buat mengecek keaslian hp Xiaomi maupun ponsel yang lain memanglah dapat dicoba dengan mengecek no IMEI. Tetapi saat sebelum itu kita wajib terlebih dulu mengenali no IMEI- nya. Nah yang jadi persoalan saat ini, bagaimanakah metode mengecek IMEI Xiaomi tidak hanya memandang dari dus book?

Begini Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu

Cara Cek IMEI Xiaomi 1

Cara cek IMEI Xiaomi sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan kode cek IMEI yang dapat diaplikasikan ke semua ponsel. Masih ada beberapa cara lain untuk mengetahui kode IMEI asli ini. Silahkan simak informasi cara cek nomor IMEI Xiaomi berikut ini.

Cek Dengan Kode

Seperti yang kami sampaikan di atas, cara cek IMEI dapat dilakukan dengan memasukkan kode tertentu. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui kodenya, berikut mari kita simak informasinya:

  • Langkah pertama yaitu dengan membuka menu phone atau telepon pada ponsel Xiaomi yang Anda miliki.
  • Kemudian tuliskan kode cek IMEI Xiaomi dengan mengetikkan kode *#06#.
  • Lalu tekan tombol telepon / call.
  • Nantinya secara otomatis akan muncul nomor IMEI di layar ponsel Anda.
  • Jika menggunakan hp Xiaomi yang memiliki fitur Dual Sim, maka akan muncul 2 nomor IMEI berbeda yang merupakan IMEI Sim Card pertama dan kedua.

Kode cek IMEI Xiaomi di atas dapat Anda gunakan untuk mengecek nomor IMEI pada ponsel berbeda, jadi tak hanya terbatas pada hp Xiaomi. Nah setelah mengetahui kode IMEI-nya, maka tinggal kalian catat agar nantinya dapat melakukan pegecekan lebih lanjut melalui situs yang dikhususkan untuk cek IMEI.

Cara Cek Melalui Menu Setting

Cara Cek IMEI Xiaomi kedua yaitu dengan mengecek IMEI Xiaomi dengan melihatnya di Menu Setting atau Pengaturan ponsel. Adapun cara mengecek IMEI nya silahkan simak ulasan di bawah ini.

  • Pertama, silahkan buka menu Setting (Pengaturan).
  • Selanjutnya carilah menu About Phone (Tentang Ponsel).
  • Kemudian pilih menu Status.
  • Setelah itu klik menu IMEI Information dan informasi nomor IMEI hp Xiaomi yang kita miliki akan muncul kemudian.

Dengan mengikuti langkah pemeriksaan IMEI di atas, nantinya kita dapat mengetahui keaslian hp Xiaomi yang dimiliki. Tetapi, untuk mengecek keasliannya Anda harus terlebih dahulu membuka halaman khusus untuk cek keaslian ponsel Xiaomi. Adapun caranya bisa kita simak di bawah ini.

Cek Keaslian Xiaomi Dengan IMEI

Cara Cek IMEI Xiaomi 2

Saat ini banyak sekali hp Xiaomi palsu yang beredar dipasaran. Kualitasnya tentu berbeda sangat jauh, karena rata-rata ponsel Xiaomi memiliki spesifikasi tinggi dan didukung build quality yang bagus. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mengecek nomor IMEI agar dapat mengetahui keaslian hp Xiaomi yang dibeli.

Setelah mengetahui nomor IMEI yang tertera pada hp Xiaomi di atas, maka sekarang kita tinggal mengecek keasliannya saja. Caranya cukup mudah, karena Xiaomi telah menyediakan halaman khusus untuk mengecek keaslian ponsel yang mereka pasarkan. Untuk mengetahui caranya, silahkan simak ulasan bawah ini.

  • Untuk mengecek keaslian hp Xiaomi melalui nomor IMEI dapat mengunjungi situs resmi verifikasi Xiaomi di https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.
  • Kemudian buka situs di atas, lalu kita tinggal memasukan nomor IMEI atau Serial Number yang didapatkan melalui pengecekan IMEI di atas atau dari Dus Book.
  • Setelah itu masukkan kode verifikasi, dan selanjutnya tinggal klik tombol “Verify“.
  • Jika nomor IMEI yang kita masukan asli Xiaomi, maka akan muncul informasi keasliannya.

Untuk mengecek informasi keaslian nomor IMEI kita juga dapat mengunjungi situs https://www.imei.info. Dalam situs tersebut nantinya akan muncul berbagai informasi lengkap mengenai model, tipe, tahun pembuatan, hingga spesifikasi dari HP yang kita punyai.

Cara cek IMEI Xiaomi ini memang sangat penting. Semoga dengan mengikuti tips di atas, Anda sebagai Anda dapat terhindar dari hp Xiaomi palsu. Terlebih lagi Pemerintah Indonesia pada akhirnya telah memberlakukan pemblokiran berbasis International Mobile Equipment Identity (IMEI) terhadap ponsel illegal atau ponsel BM (Black Market), termasuk di dalamnya tablet dan juga komputer genggam. Aturan ini pada praktiknya sudah berlaku efektif per 15 September 2020.

Pemblokiran IMEI ini dilakukan pemerintah Indonesia dalam rangka untuk membabat habis peredaran ponsel ilegal. Para Anda tentu banyak yang akan kecewa dengan peraturan tersebut. Pasalnya rata-rata ponsel Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia merupakan jenis ponsel blackmarket, terutama ponsel Xiaomi flagship seperti Xiaomi Mi Mix 3, Mi 9, dan juga Redmi K20.

Pemerintah melalui Kementrian Perindustrian telah menyediakan situs khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI. Dengan demikian ponsel yang IMEI-nya tidak terdaftar, maka tidak akan dapat menggunakan operator seluler Indonesia. Alhasil ponsel tersebut tidak dapat dipakai untuk telepon, sms, dan mengakses internet melalui layanan data operator seluler yang ada di tanah air.

Selanjutnya, dengan didukung aturan TKDN, diharapkan produsen ponsel dapat mengembangkan atau membuat pabrik baru di Indonesia. Hal ini tentu akan berdampak positif, dengan dibukanya lapangan pekerjaan baru dan kehadiran pabrik baru secara tidak langsung dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sekitarnya.

Selain itu, dengan adanya aturan ini tentu akan berpotensi meningkatkan pajak. Tidak hanya itu saja, sistem yang digunakan di aturan ini juga dapat dikembangkan untuk mengatasi pelaporan ponsel hilang. Sementara itu, sosialisasi pada konsumen mengenai aturan ini juga diperlukan. Alasannya yaitu karena pemerintah harus menjamin konsumen dapat terlindungi dengan baik.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara cek IMEI Xiaomi asli atau palsu bukan? Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang baru saja membeli hp merk Xiaomi. Pastikan sebelum membeli Anda membuat perjanjian terlebih dahulu agar dapat mengajukan pengembalian jika barang tidak sesuai ya! Hal ini penting agar Anda dapat meminimalisir kerugian yang akan terjadi kedepannya.

Selain Handphone Xiaomi, ternyata terdapat Handphone-handphone yang harganya selangit dan hanya dimiliki para miliarder loh, mau tau informasi lengkapnya? Kami sediakan artikel 5 HP Termahal di Dunia Incaran Miliarder di kumpulan artikel Kami, jangan lupa di cek yaa.

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =