5 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

5 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan – Xiaomi dikatakan sebagai smartphone dengan tipe ponsel yang susah untuk diperbaiki jika sudah rusak. Padahal, suku cadang dan toko resminya di Indonesia sangat jarang ditemukan. Mau tidak mau pengguna Xiaomi harus merawat smartphonenya, sebab tidak mudah mengganti kerusakan baterai tanam. Maka, sudah selayaknya untuk pengguna mengetahui cara menghemat baterai Xiaomi untuk menambah kenyamanan penggunaan smartphone. Berikut adalah beberapa yang dapat pengguna lakukan:

5 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

1. Matikan GPS, Location Service Akun Google, Bluetooth, Wi-Fi, dan Sinkronisasi Otomatis

Langkah pertama adalah mematikan berbagai sambungan wireless seperti GPS, Bluetooth, Wi-Fi, dan location service untuk akun Google pada ponsel, jika sudah selesai menggunakannya. Sambungan yang terus menyala membuat ponsel terus mencari perangkat lain untuk disambungkan.

Selain itu juga matikan update atau sinkronasi otomatis akun dan aplikasi pada ponsel. Update dan sinkronasi otomatis dapat membuat handphone terus memproses data kapan pun bahkan saat ponsel sedang digunakan. Dengan meminimalisir waktu sambungan dan penggunaan internet, ponsel dapat menghemat daya baterai sebab waktu kerja ponsel pun berkurang.

2. Matikan Mode Kecerahan Otomatis

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Cara menghemat baterai Xiaomi berikutnya adalah dengan menonaktifkan mode kecerahan otomatis. Layar handphone yang tiba-tiba bertambah terang atau redup dengan sendirinya menandakan bahwa mode kecerahan otomatis pada handphone tersebut menyala. Semakin cerah layar handphone, semakin besar juga daya baterai yang terserap.

Terlebih lagi, pengaturan kecerahan otomatis membuat handphone harus bekerja terus-menerus untuk menyesuaikan intensitas cahaya dengan lingkungan di sekitarnya. Maka, dengan mematikan mode ini, pengguna bisa lebih menghemat penggunaan baterainya dan membuat smartphone berusia lebih panjang.

3. Nyalakan Fitur Power Saving Handphone

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Xiaomi dilengkapi dengan fitur power saving yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna. Meskipun ponsel tidak digunakan, tetapi ponsel bisa tetap bekerja dan menguras daya baterai yang banyak. Jika pengguna sedang tidak menggunakan smartphone, Power Saving bisa dinyalakan untuk menghemat daya baterai. Selain meredupkan cahaya layar, fitur Power Saving juga membuat handphone hanya dapat menjalankan aplikasi-aplikasi ringan yang tidak menggunakan koneksi internet.

Power Saving juga dapat mencegah aplikasi bekerja pada background layar. Fitur ini dapat ditemukan di menu Setting/pengaturan, lalu masuk ke Power pada bagian Security. Setelah itu pilih Battery Saver dan aktifkan. Dengan demikian, daya baterai Xiaomi dapat lebih hemat saat ponsel sedang tidak digunakan.

4. Aktifkan Fitur Sleep Display

Selain  fitur Power Saving, Xiaomi juga dilengkapi dengan fitur Sleep Display. Fitur Sleep Display dapat mematikan handphone dengan otomatis di waktu yang sudah dijadwalkan oleh pengguna smartphone. Pengguna dapat menentukan kapan waktu handphone akan dimatikan secara otomatis dan membuatnya menjadi jadwal rutin. Selain dapat menghemat daya baterai, fitur ini juga dapat mencegah handphone overheat dan pengguna pun dapat mengatur batas waktu layarnya sendiri.

5. Cara Menghemat Baterai Xiaomi, Gunakan Charger Original Bawaan Hp

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Setiap charger memiliki tegangan yang berbeda dengan charger lainnya. Hal ini membuat penggunaan charger bawaan asli Xiaomi sangat disarankan sebab memiliki tegangan yang sama. Tegangan charger yang berbeda dengan baterainya membuat tegangan yang mengisi daya baterai tidak stabil dan dapat merusak handphone serta baterainya dalam jangka waktu tertentu.

Maka dari itu, penggunaan charger original sama dengan menjaga baterai Xiaomi tetap awet. Selain semua cara di atas, poin terpenting untuk diperhatikan adalah penggunaan smartphone secukupnya. Penggunaan sesuai dengan kebutuhan juga dapat memberikan waktu istirahat ponsel agar tidak bekerja terus-menerus.

Demikian cara menghemat baterai Xiaomi yang dapat dilakukan dengan mudah. Tanpa memerlukan aplikasi tambahan, Xiaomi sudah dilengkapi fitur-fitur bawaan yang dapat disesuaikan sendiri oleh pengguna agar handphone dan baterainya tetap awet. Klaim handphone susah jika sudah rusak menjadi tidak berarti jika pengguna memahami cara penggunaan yang tepat!

Baca Juga : Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *