Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1, Beserta Spesifikasi Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1 – Baru-baru ini Xiaomi kembali merilis seri terbaru Redmi yaitu Redmi A1 pada tanggal 6 September di India untuk pertama kalinya.  Banyak rumor yang menyebutkan seri ini akan kehabisan stok karena diproduksi secara terbatas. Namun pihak Xiaomi menjawab hal ini dengan menyebutkan “Xiaomi masih berupaya mengeluarkan seri android yang bersih”

Redmi A1 merupakan salah satu keluaran Xiaomi yang diklaim bebas sampah atau bug yang mengganggu. Redmi seri ini memang seri yang paling ditunggu-tunggu pengguna setia Xiaomi di Indonesia. Sampai saat ini belum ada berita mengenai harga yang dibanderol Xiaomi untuk seri terbarunya.

Seri ini juga merupakan seri pertama One yang dikeluarkan Xiaomi sepanjang sejarah berkecimpung di dunia smartphone. Apakah kamu tahu apa itu ponsel jenis One? Ponsel jenis One merupakan ponsel yang murni tanpa banyak modifikasi dari pihak lain. Oleh karena itu ponsel jenis One lebih bersih dari sampah dan bug yang mengganggu.

Produk Xiaomi selama ini banyak menuai kritik mengenai MUI yang digunakan karena akan menyebabkan banyak kendala terutama kendala penyimpanan. Namun sekarang kamu bisa menggunakan Redmi A1 yang tidak lagi menggunakan MUI, tetapi mungkin kamu harus mengeluarkan kocek yang lumayan untuk produk ini.

Sedikit bocoran, seri ini merupakan seri unggul yang menggunakan teknologi USB-C dan menyediakan  headphone jack. Kamu juga akan disediakan slot hybrid yang berarti kamu bisa memilih untuk menggunakan kartu SIM ganda atau kombinasi kartu SIM dan kartu microSD. Apakah kamu tertarik menggunakan Redmi A1?

Kelebihan dan Kekurangan Redmi A1, Beserta Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Redmi A1

Jika kamu sudah tidak sabar untuk membeli dan menggunakan Redmi kamu harus mengetahui spesifikasi yang dimiliki sebagai pertimbangan dalam membeli produk ini. Adapun spesifikasi yang dibekali Redmi untuk seri Redmi A1 adalah:

  • Processor, Octa-core Snapdragon 625 prosesor, maksimal 2,0 GHz 14nm FinFET, kecepatan lebih tinggi dan daya tahan baterai terjamin, menggunakan Adreno 506 grafis 650MHz.
  • Memori, ada dua kemungkinan memori yang dibekali Redmi A1 yaitu 4+32G, 4GB RAM, 32GB memori internal, Memori eksternal sampai dengan 128GB (microSD) dan 4+64G, 4GB RAM, 64GB memori internal, Memori eksternal sampai dengan 128GB (microSD).
  • Dimensi, Tinggi: 155,4 mm, Tebal: 7,3 mm, Lebar: 75,8 mm, Berat: 165 gram.
  • Kamera, Menggunakan dual kamera yaitu depan dan belakang dengan spesifikasi kamera depan 5MP 1.12μm, f/2, Mode Beautify dengan 36 profil smart beauty, Timer selfie, Pengenalan wajah (Facial recognition) dan kualitas video yang yang mampu dihasilkan kamera depan adalah 4K / 1080p / 720p video, 30 fps, 720p slow-mo video, 120 fps
  • Sedangkan kamera belakang (Kamera utama) mempunyai spesifikasi sebagai berikut: menggunakan Lensa sudut lebar (Wide-angle) 12MP 1,25μm f/2.2, Panjang fokus ekuivalen 26mm, Lensa 5-piece serta menggunakan Dual-tone flash. Dilengkapi juga Lensa Telephoto, 12MP 1.0 μm, f/2.6, Panjang fokus ekuivalen 50mm, dan Lensa 5-piece. Redmi A1 juga menggunakan banyak panorama yaitu, Mode panorama,Mode Foto beruntun, dan Mode Pengenalan wajah.
  • Baterai, dengan kekuatan daya 3080 mAh (typ) / 3000mAh(min), tegangan Charging sebesar 5V / 2A, dan menggunakan USB type C yang bisa dibolak-balik.
  • Layar, 5,5 inci (diagonal) LTPS FHD, dengan 450 nits kecerahan, resolusi sebesar 1920 x 1080, 403 PPI, dan rasio kontras 1000 : 1.
  • Koneksivitas, mendukung berbagai macam jaringan seperti 802.11a/b/g/n/ac protokol, 2.4/5G WiFi / Wi-Fi Direct / Wi-Fi Display, Bluetooth 4.2/HID, 4G, jaringan kompatibel, dan juga mendukung jaringan 4G/3G/2G.
  • Navigasi, mendukung navigasi GPS, A GPS, GLONASS, BEIDOU.
  • Sensor, Redmi A1 dilengkapi dengan banyak sensor canggih seperti, Infrared,Sensor cahaya ambient, Giroskop, Sensor hall, Accelerometer, Sensor sidik jari, Sensor jarak (Proximity).
  • Format Multimedia, mendukung banyak format multimedia populer seperti, MP4, M4V, MKV, XVID, WAV, AAC/ACC+/eAAC+, MP3, AMR-NB/WB, FLAC, PCM.
  • Kelengkapan Pembelian, Membeli Redmi tipe ini juga akan mendapatkan paket komplit diantaranya, Smartphone Redmi A1, Adaptor, Kabel USB, Panduan Pengguna/Kartu Garansi, Alat SIM ejector.
  • Harga, untuk nominal harga belum diketahui sampai saat ini. Diperkirakan harga yang akan dibanderol Xiaomi cukup mahal, karena Redmi A1 merupakan seri One terbaru Xiaomi. Ada juga isu yang menyebutkan smartphone ini dibanderol dengan harga 3 jutaan saja.

Kelebihan Redmi A1

Sebagai smartphone jenis One pertama yang dikeluarkan Xiaomi tentunya dibekali banyak kelebihan, yang nantinya diharapkan mampu menarik hati pengguna smartphone di dunia. Berikut beberapa kelebihan Redmi A1:

1. Desain Menarik

Kelebihan yang pertama adalah desain Redmi A1 yang sangat menarik dan hampir mirip dengan salah satu seri iPhone yaitu iPhone 7. Redmi tipe terbaru ini memiliki desain minimalis yang sangat selaras dengan tata letak kamera atau sound utama.

2. USB Populer

Type USB yang digunakan juga sangat relevan dan populer untuk perkembangan dunia smartphone saat ini. Redmi A1 menggunakan Usb type C yang bisa dibolak-balik dalam menggunakannya.

Menggunakan USB type C memungkinkan kamu untuk mencolokkan secara mudah dan otomatis. Beda hal nya micro-USB yang hanya cocok di satu sisi saja. kecepatan transfer data jika menggunakan USB C juga lebih cepat dibandingkan micro USB. Dengan demikian kamu dapat memindahkan data dengan cepat.

3. Layar HD

Smartphone Redmi A1 menggunakan layar yang sudah Full HD berukuran 5,5 inchi dengan panel IPS. Pada layar telah didukung dengan lengkungan kaca 2.5D yang kokoh ditambah lagi dengan adanya pelindung bodi perangkat dari corning gorilla glass.

Selain itu Redmi A1 juga dilengkapi sidik jari di bagian belakang yang semakin menambah kesan mewah saat menggunakannya. Dengan demikian kamu bisa menggunakan fitur sidik jari ini untuk mengakses perangkat atau aplikasi dengan cepat dan aman.

4. Processor Tangguh

Redmi A1 menggunakan r octa-core dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 625 dengan kecepatan 2.0 GHZ yang didukung grafik GPU adreno 506. Website China pernah melakukan pengujian terhadap Redmi A1 dan berhasil mendapat poin yang sangat bagus yaitu sekitar 62000 poin, skor ini menandakan tipe hp redmi ini adalah smartphone yang cukup baik dan cepat digunakan untuk spesifikasi pekerja, pelajar, atau gamer.

Hal ini dikarenakan Redmi A1 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 yang mempunyai processor ARM Cortex-A53 utama menggunakan arsitektur 64-bit dan graphic processor Qualcomm Adreno 506.

Disamping itu juga didukung juga CPU yang solid, smartphone ini juga memiliki kapasitas internal memori yang cukup besar, yaitu 64GB ROM/32GB ROM yang diperluas hingga kapasitas 128 GB via slot microSD. Selain itu, Redmi A1 juga hadir dengan tipe dual sim-card dual nano-sim di dalamnya yang sudah support 4G LTE network.

5. Dual Kamera

Berikutnya adalah komponen dual kamera. Sebagai salah satu smartphone kekinian tentunya terfokus juga masalah kamera yang digunakan. Redmi A1 menggunakan kamera ganda yang mempunyai resolusi masing-masing sekitar 12 megapixel. Meskipun dengan resolusi yang sama besar namun ada perbedaan dari kedua kamera tersebut yaitu pada aperture-nya. Salah satu kamera memiliki aperture f/2,2 sedangkan kamera yang satunya dengan aperture f/2,6.

Kamera ini dilansir memiliki kemampuan 2 kali pembesaran optik dan sepuluh kali pembesar digital. Redmi A1 memungkinkan kamu untuk mendapatkan kualitas gambar dan video yang baik dan jelas meskipun mengambil dari jarak yang cukup jauh.

Kamu juga bisa mengambil photo dengan efek bokeh yang menarik. Selain itu kamu juga dapat mengatur saturasi dan filter photo. Dengan demikian kamu bisa membuat gambar menjadi lebih estetik. Kemampuan mengatur saturasi jarang dimiliki smartphone saat ini.

7. Android One

Redmi A1 merupakan smartphone satu-satunya jenis One yang pernah dikeluarkan Xiaomi. Dengan demikian ponsel ini sangat bersih dan kecil kemungkinan terkena bug yang dapat mengancam aplikasi atau sistem perangkat. Karena merupakan smartphone jenis One tentunya tidak lagi menggunakan MIUI yang selama ini menjadi ciri khas produk smartphone Xiaomi.

Dengan menggunakan sistem One, secara langsung Redmi A1 tidak dapat di bloatware atau software yang tidak diinginkan pengguna. Namun, secara langsung akan di install secara otomatis.

Kekurangan Redmi A1

Redmi A1 muncul pertama kali di India pada 6 September lalu. Disamping kelebihan dan gengsi yang ditawarkan. Ternyata banyak juga kelemahan yang dimiliki smartphone keren ini. Kelemahan ini banyak dikeluhkan oleh pengguna Xiaomi yang berharap terlalu jauh tentang smartphone ini. Berikut kelemahannya:

1. Harga Belum Menentu

Redmi A1 merupakan salah satu smartphone yang dicanangkan populer oleh Xiaomi melalui sub perusahaannya yaitu Redmi. Namun ada sedikit kelalain yang dilakukan Xiaomi yaitu harga yang tidak kunjung diumumkan di  media. Dengan demikian banyak masyarakat dunia masih menerka-nerka harga sebenarnya produk ini. Hal ini juga yang menyebabkan produk ini gagal banyak dicari karena tidak ada kepastian harga.

2. Tidak Ada Lampu Flash

Kekurangan berikutnya adalah Redmi A1 tidak menyediakan lamup flash karena terhalang oleh kamera yang mereka gunakan. Hal ini sangat merugikan pengguna yang sedang dijalan saat malam atau dalam kondisi gelap saat melakukan selfie. Tak banyak pembeli yang memerhatikan hal ini. Namun mereka akan mengeluh saat mengetahuinya.

3. Slot kartu Menyatu Dengan Memori Eksternal

Kekurangan berikutnya adalah slot kartu Menyatu Dengan Memori Eksternal yang membuat kita memilih salah satu, antara menggunakan 2 kartu atau menggunakan 1 kartu dan 1 memori eksternal.

4. Baterai Tanam

Sebagian besar smartphone saat ini menggunakan baterai tanam dengan alasan desain dan juga tampilan luar. Namun tanpa kita sadari ternyata penggunaan baterai tanam sangat menyusahkan saat kita ingin mengganti baterai jika sudah kembung atau drop. Jika kamu mengganti baterai tanam, kemungkinan alat atau sistem perangkat akan bergeser, karena sangat susah sekali melepas casing ponsel yang menggunakan baterai tanam.

Baca Juga: 15 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu dengan Mudah 2022

Harga sekitar Rp. 1.600.000 sampai 1.700.000 terbilang murah untuk membeli hp dengan spesifikasi bagu seperti Redmi A1. Bahkan tidak heran banyak orang yang mencari hp bekas nya. Kekurangan cuma 1 yang mungkin ada beberapa orang kurang tertarik yaitu tidak ada lampu flash.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin