5 Cara Pasang Wifi Dirumah Tanpa Kabel Telepon

Cara Pasang Wifi Dirumah

5 Cara Pasang WiFi Dirumah Tanpa Kabel Telepon – Dahulu pemasangan WiFi dirasa begitu merepotkan, karena harus tersedia kabel telepon untuk konektivitas. Tetapi, itu tidak berlaku lagi. Sekarang pemasangan WiFi tidak perlu kabel telepon lagi. Ada banyaknya cara pasang WiFi dirumah tanpa kabel telepon, yang pasti akan semakin mempermudah aktifitas.

Internet yang merupakan kebutuhan primer, menjadikan WiFi begitu pentingnya di era digital ini. Kebutuhan aktifitas manusia akan terhubungnya Internet memang tidak bisa dibendung. Mulai dari aktifitas sosial, hiburan, hingga pendidikan. Berikut adalah beberapa cara pemasangan WiFi tanpa kabel telepon:

5 Cara Pasang Wifi Dirumah Tanpa Kabel Telepon

1. Menggunakan Mifi

Cara Pasang Wifi Dirumah

Mifi atau Mobile WiFi adalah sebuah router nirkabel yang dapat bertindak sebagai hotspot WiFi. Pada umumnya mifi menggunakan jaringan seluler berupa jaringa 3G atau 4G. Salah satu kelebihan dari Mifi adalah dapat menjangkau perangkat hingga sepuluh perangkat.

Mifi dapat dipakai dengan memasang kartu sim seluler. Jangan lupa untuk memasang baterainya ketika hendak dinyalakan. Nyalakan Mifi dan tunggu beberapa saat. Biasanya setelah dinyalakan, Mifi akan menyalakan hotspot secara otomatis. Mifi akan segera menambatkan WiFi jika ada perangkat yang tersedia.

2. Menggunakan HP

Cara Pasang Wifi Dirumah

Mobile phone sudah semakin pintar sekarang ini, maka dari itu disebut smartphone. Kepintarannya itu yang membuat smartphone dapat melakukan tugas apa pun. Termasuk dalam hal penyediaan WiFi. Banyak smartphone yang telah memiliki fitur ini, apalagi pada smartphone jenis terbaru.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, pengguna smartphone hanya perlu masuk ke menu pengaturan. Pada bagian nirkabel dan jaringan, pilihlah selengkapnya. Cari opsi menambatkan hotspot portabel. Akan terdapat beberapa pilihan, salah satunya hotspot WiFi. Aktifkan hotspot WiFi dan WiFi siap digunakan.

3. Menggunakan Wireless Router

Cara pasang WiFi dirumah tanpa kabel telepon berikutnya bisa dengan mengandalkan Wireless router. Router ini memiliki prinsip kerja seperti router biasa hanya saja tanpa kabel. Sebenarnya Wireless Router dapat berfungsi ganda yaitu sebagai LAN kabel, LAN nirkabel, atau keduanya.

Cara pemasangannya adalah sambungkan Wireless Router dengan modem dan komputer untuk konsfigurasi awal. Buka dan login menu admin router pada komputer. Masukan segala jenis data yang berhubungan dengan konektifitas. Perbaharui alamat MAC router dan nama jaringan SSID. Wireless router siap dipakai.

4. Menggunakan Router USB

Router USB memiliki prinsip kerja yang mirip dengan Mifi. Hanya saja router USB dapat digunakan pada berbagai jenis operator seluler. Router USB sifatnya sebagai perangkat ketiga, maka dari itu dibutuhkan pula modem USB sebagai penyedia Internet.

Router USB dapat diterapkan diberbagai modem USB seperti Huawei, ZTE, Siera, dan lain sebagainya. Cara penerapannya sederhana, yaitu hanya dengan memasang USB modem pada router USB. Nyalakan router USB dan tunggu beberapa saat. Penambatan biasanya akan terjadi secara otomatis.

5. Cara Pasang Wifi Dirumah, Menggunakan layanan Indihome

Jika pengguna tidak mau repot dan memiliki modal sedikit agak banyak, sebaiknya pertimbangkanlah untuk menggunakan jasa layanan Indihome. Terlebih lagi karena Indihome adalah penyedia layanan internet terbaik di Indonesia. Ditambah lagi jaringannya yang luas dibanding penyedia layanan interner lainnya.

Untuk pemasangan Indihome diperlukan beberapa hal, seperti dokumen pribadi mulai dari KTP, SIM, atau Paspor. Siap juga uang deposit sebagai tanda jadi pemasangan sesuai dengan harga paket yang dipilih. Seluruh proses pemasangan biasanya dilakukan oleh petugas Indihome, jadi tidak perlu repot-repot lagi.

Demikianlah beberapa informasi tentang cara pasang WiFi dirumah tanpa kabel telepon. Dengan adanya WiFi dirumah, segala aktifitas akan tetap nyaman meski hanya di dalam rumah. Apalagi di era pandemi covid19 seperti sekarang ini. Aktifitas semakin terlindungi dan semakin menyenangkan.

Baca Juga : Inilah Langkah Serta Cara Pasang Router Wifi Di Rumah

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 5 =