Inilah Langkah Serta Cara Pasang Router Wifi Di Rumah

Cara Pasang Router Wifi Di Rumah

Inilah Langkah Serta Cara Pasang Router Wifi Di Rumah – Bukan suatu rahasia jika wifi menjadi peralatan tempur para generasi milenial. Tidak hanya kaum muda, namun setiap masyarakat membutuhkan jaringan internet. Berbeda dengan kuota GSM, wifi lebih mudah dengan pemakaian sepuasnya menggunakan tagihan bulanan. Pada kesempatan kali ini, akan secara khusus membahas cara pasang router wifi yang benar.

Ketika akan mendapatkan jaringan internet wifi, tentu seseorang membutuhkan router sebagai alat akses ke jaringan tersebut. Router sendiri berjasa menghubungkan antara perangkat di rumah dengan jaringan internet. Berikut merupakan tahapan memasang router yang perlu diketahui:

Inilah Langkah Serta Cara Pasang Router Wifi Di Rumah

1. Menyambungkan Router Pada Modem

Cara Pasang Router Wifi Di Rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyambungkan perangkat router dengan menghubungkan ke stop kontak terdekat. Lalu hidupkan perangkat router dengan memilih tombol “ON”. Tidak lupa juga sambungkan modem menggunakan kabel Ethernet.

Pada beberapa seri maupun tipe tertentu telah didukung koneksi USB. Sambungkan juga dengan kabel jack router ataupun kabel WAN. Saat menyambungkan kabel-kabel yang dimaksud, pastikan semua kabel terpasang dengan benar serta terhubung dengan erat. Jangan lupa untuk memastikan bahwa router telah mengenali perangkat modem.

2. Konfigurasikan Router Pada Perangkat Komputer

Cara Pasang Router Wifi Di Rumah

Cara pasang router wifi berikutnya yakni dengan menyambungkan router ke perangkat komputer. Hal yang harus diperhatikan yakni tidak dianjurkan menyambungkan ke komputer apabila untuk instalasi awal. Hal ini dikarenakan pengaturan belum terkoneksi dengan baik. Penggunaan kabel instalasi pada router juga berfungsi untuk mencegah koneksi tidak stabil ketika instalasi.

3. Cara Pasang Router Wifi Di Rumah, Buka Admin Router Serta Lakukan Log in

Apabila komputer terhubung ke router, langkah berikutnya yakni dengan membuka web browser. Lalu masuklah ke alamat router untuk kemudian masuk pada menu admin. Biasanya untuk memasang maupun setting router bisa menggunakan alamat web yakni “http://192.168.1.1″ maupun di  “http://192.168.0.1.

Untuk selanjutnya pergi ke menu admin. Selain itu, di dalam buku panduan juga terdapat cara untuk memasang yang tertera secara jelas. Jika cara ini gagal, silahkan baca buku panduan yang ada.

Pada umumnya terdapat nama bawaan dari username yakni “admin” dengan kata kunci “password”. Sebaiknya segera mengganti nama serta password default ini untuk mencegah hal tidak diinginkan seperti orang usil yang ingin membobol wifi.

4. Memasukkan Data Koneksi Internet

Untuk melengkapi tahapan cara pasang router wifi, langkah berikutnya yakni memasukkan informasi data serta melakukan konfigurasi layanan jaringan provider digunakan. Contohnya saat memakai DSL internet, jadi pengguna harus menyertakan setting PPPoE username serta password nya. Begitu pula dengan pengaturan saat memakai alamat IP statis.

5. Melakukan Pembaruan Alamat MAC Router

Beberapa jasa penyedia layanan jaringan internet mengotentikasi para pelanggannya disertai alamat MAC. Jika hal ini benar, pengguna bisa melakukan pembaruan alamat MAC melewati opsi admin router. Bisa juga dengan mempelajari buku panduan yang disediakan.

6. Mengubah Username Jaringan SSID

Router yang masih baru umumnya menggunakan nama serupa dengan nama produsennya. Maka untuk memperketat keamanan, pengguna bisa mengubah username SSID tersebut sesuai keinginan. Apabila telah berhasil merubah nama, lakukan verifikasi antara router dan komputer.

7. Cara Pasang Router Wifi Di Rumah, Mengatur Opsi Keamanan Jaringan

Agar lebih aman serta menjaga sistem agar terhindar dari tangan jahat untuk meretas jaringan, pengguna bisa memanfaatkan opsi WPA2 Wireless Encryption. Beberapa router mungkin tidak menyediakan fitur ini. maka dari itu, cek terlebih dahulu sebelum mengaktifkannya.

Itulah beberapa langkah cara pasang router wifi di rumah. Apabila semua langkah telah dilakukan, tahap berikutnya yakni mengatur letak atau menentukan dimana router nantinya di pasang. Pastikan untuk meletakkan di tempat yang aman serta jauh dari jangkauan anak.

Baca Juga : Aplikasi Mempercepat Wifi

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + fourteen =