Ukuran Feeds Instagram Paling Tepat 2021

Ukuran Feeds Instagram Paling Tepat 2021 – Mengetahui ukuran gambar untuk di posting di Instagram sangat penting. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kerapian feed Instagram kamu. Apalagi Jika kamu menggunakan Instagram untuk berjualan, ukuran feed Instagram harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara membuat posting feed Instagram dengan baik dan juga ukuran-ukuran tepat untuk posting feeds dan kebutuhan Instagram lainnya.

Berikut Hal Penting Dalam Membuat Posting Instagram

Memperhatikan ukuran gambar yang akan kamu posting di Instagram sangat penting untuk menjaga kerapian feeds kamu. Akan tetapi, selain itu kamu juga akan mendapatkan manfaat lain berupa resolusi yang lebih stabil dan tidak terpengaruh meski Instagram melakukan kompresi pada gambar yang telah kamu posting.

Untuk memastikan gambar kamu tidak pecah atau tidak rusak karena ada dua hal penting yang harus kamu perhatikan yaitu ukuran gambar dan resolusi gambar.

Ukuran gambar yang bisa kamu posting di Instagram

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan ketika kamu akan memposting gambar di Instagram adalah mengenai ukuran gambar. Ukuran gambar yang dimaksud di sini adalah dimensi atau rasio panjang dan lebar dari gambar yang akan kamu posting.

Biasanya dimensi atau rasio gambar ini ditunjukkan dengan ukuran rasio sebesar 4:5 atau 9:16. Dari rasio ini, digit pertama digunakan untuk merepresentasikan panjang dan angka kedua merepresentasikan tinggi.

Sangat penting untuk memperhatikan rasio saat kamu akan memposting sebuah foto di Instagram. Karena ketika kamu menggunakan rasio yang buruk, foto kamu akan terlihat aneh saat dipasang di Instagram.

Resolusi gambar

Ukuran Gambar Instagram Paling Tepat

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah resolusi gambar. Resolusi gambar adalah jumlah pixel yang menjadi digunakan untuk membuat gambar. Seperti rasio sebuah gambar, resolusi gambar juga direpresentasikan dalam 2 angka, misalnya 50 px : 50 px.

Mengapa resolusi gambar sangat penting? Padahal kan akhirnya Instagram akan mengompress foto dan video yang kamu miliki? Meskipun video yang kamu buat nantinya akan di compress oleh ide, akan tetapi akan lebih baik jika kamu membagikan gambar kamu dengan resolusi yang optimal. Hal ini digunakan untuk membuat hasil foto kamu bisa terlihat maksimal.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu beberapa ukuran maksimal masing-masing gambar di Instagram? Berikut ini adalah ulasannya.

Ukuran gambar Instagram feed yang tepat 

Dahulu, Instagram hanya memperbolehkan Instagram dengan ukuran panjang dan tinggi yang sama atau bisa dibilang persegi. Akan tetapi saat ini hampir semua gambar bisa masuk dan kamu post di Instagram. Sekarang kamu bisa memposting gambar di Instagram yang memiliki rasio 16 : 9 hingga 4 : 5.

  • Gambar dengan posisi horizontal 

Jika kamu ingin membuat gambar dengan posisi lebar ke samping, maka kamu bisa menggunakan rasio 1.91 : 1 hingga 16 : 9. Untuk membuat gambar seperti ini, akan lebih baik jika kamu membuat resolusi gambar 1080 px untuk tingginya.

  • Gambar persegi 

Jika kamu ingin membuat gambar persegi maka rasionya adalah 1 : 1. Nah untuk membuat gambar persegi, resolusi gambar kamu baiknya adalah 1080 px : 1080 px.

  • Gambar vertikal 

Gambar vertikal adalah gambar yang memiliki dimensi panjang ke atas. Biasanya untuk membuat gambar ini, kamu akan membutuhkan rasio 4 : 5. Jika kamu menggunakan rasio lebih besar, maka Instagram akan memotongnya.

Post dengan gaya vertikal ini bisa disebut lebih menarik dan menguntungkan, karena dimensinya yang panjang membuat post kamu bisa dilihat lebih lama oleh penonton Instagram kamu. Akan tetapi ketika kamu akan membuat foto kamu dengan rasio lebih panjang, pastikan kamu membayangkan bagaimana tampilan foto kamu saat diperlihatkan dalam bentuk preview di Instagram grid nantinya.

Untuk resolusinya, kami merekomendasikan kamu menggunakan resolusi sebesar 1080 px : 1350 px. Dengan resolusi ini, hasil akhirnya kamu masih bisa mendapatkan gambar kompres dengan ukuran resolusi 480 px : 600 px.

Ukuran video terbaik untuk posting di Instagram 

Resolusi Video Instagram Paling Tepat

Untuk kamu yang ingin posting video, kamu bisa posting video dengan ukuran 16 : 9 hingga 4 : 5 tanpa di crop oleh Instagram. Sesungguhnya kamu bisa menggunakan aturan ukuran seperti aturan ukuran video seperti ukuran gambar, hanya saja kamu mungkin akan membutuhkan resolusi yang beda. Kamu bisa menggunakan video yang paling tidak menggunakan ukuran frame rate 30 fps.

Nah, untuk video pihak Instagram kamu harusnya tidak hanya peduli dengan ukuran maksimal agar posting kamu terlihat lebih menarik. Akan tetapi kamu juga harus memperhatikan mengenai ukuran maksimal dari video yang akan kamu posting. Akan lebih baik jika kamu membuat video dengan ukuran di bawah 4 GB. Ukuran ini adalah ukuran maksimal video yang bisa kamu gunakan untuk posting di Instagram.

Ukuran posting carousel di Instagram 

Ukuran Carousel Instagram Paling Tepat

Saat ini mamang ada banyak sekali jenis posting yang bisa kamu gunakan untuk Instagram kamu, salah satunya adalah posting dengan tipe carousel. Tipe posting ini adalah tipe posting dimana kamu bisa mengupload 10 gambar dalam 1 feed di Instagram kamu.

Untuk kamu yang tertarik dengan jenis posting ini, kamu bisa menggunakan format posting persegi, format horizontal dan juga format vertikal. Oh ya, kamu tidak hanya bisa menggunakan gambar saja untuk melakukan posting ini tapi kamu juga bisa menggunakan format video untuk tipe posting ini.

Ukuran posting Instagram stories 

Nah, jika kamu ingin memposting Instagram stories kamu bisa memposting gambar atau video dengan ukuran beberapa saja. Akan tetapi akan lebih baik jika kamu menggunakan format 1.91 : 1 sebagai ukuran minimal dan 9 : 16 untuk ukuran maksimal.

Jika kamu ingin posting kamu memenuhi layar dan tidak ada potongan, kamu bisa menggunakan rasio 9 : 16. Lalu bagaimana dengan resolusinya? Untuk resolusinya, posting ig stories kamu sebaiknya menggunakan resolusi 1080 px : 1920 px sebagai resolusi maksimal untuk mendapatkan gambar yang menarik.

Banyak dari kamu pasti merasa ukuran tidak begitu penting. Tapi jika kamu memang ingin menjadi seorang content creator, kamu harus mengetahui beberapa ukuran maksimal posting yang bisa kamu gunakan untuk Instagram kamu. Pasalnya jika kamu tidak menggunakan ukuran yang tepat untuk posting Instagram kamu, kamu sendiri yang akan dirugikan. Apalagi jika Instagram kamu adalah Instagram bisnis. Jika kamu tidak memanfaatkan konten kamu dengan baik, Instagram bisnis kamu mungkin tidak kan berkembang.

Oleh karena itu, pastikan kamu tahu beberapa resolusi terbaik untuk postingan Instagram kamu baik untuk gambar, stories, video atau bahkan carousel. Pastikan juga resolusi yang kamu gunakan tepat agar keindahan konten kamu maksimal.

Ukuran Feeds Instagram Paling Tepat di Tahun 2021

Nah, diatas merupakan reverensi yang bisa kami berikan hari ini. Dengan adanya reverensi dari kami ini, kami harap bisa membantu kamu dalam mengoptimasi ukuran feeds instagram dengan baik agar dapat membuat instagram kamu terlihat lebih menarik.

Jika, kamu merasa jenuh dengan content instagram, kamu bisa mengubah mood kamu menjadi lebih baik dengan bermain game secara offline. Kami memberikan beberapa list game offlline terbaru ditahun 2021 disini.

 

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 9 =