7 Komponen Penting Komputer Gaming Rakitan yang Wajib Diketahui

Komponen Penting Komputer Gaming

7 Komponen Penting Komputer Gaming Rakitan yang Wajib Diketahui – Hampir semua game terbaru saat ini bisa dijalankan di perangkat komputer. Hal inilah yang menyebabkan PC dijuluki sebagai master race. Orang-orang juga mulai merakit komputer sendiri dibanding membeli langsung. Untuk orang yang baru belajar merakit, hal ini mungkin bisa sedikit membingungkan. Untuk itu, berikut ini adalah 7 komponen penting komputer gaming rakitan yang wajib diketahui:

7 Komponen Penting Komputer Gaming Rakitan yang Wajib Diketahui

1. CPU

CPU sangat penting dalam pembuatan kompter desktop untuk game. Ini adalah nyawa utama dalam sebuah komputer. Ada beberapa hal yang menjadikan CPU cocok digunakan untuk gaming. Salah satu faktor terbesar adalah jumlah core dan threads yang dimiliki. Semakin banyak core dan threadsnya, maka kecepatannya akan semakin meningkat. Selain itu, clock speed yang dimiliki juga bisa menjadi nilai lebih. Saat ini, kecepatan clock sekitar 3,5 hingga 4,0 GHz dianggap cukup untuk menjalankan game modern.

2. Case

Komponen Penting Komputer Gaming

Dari semua bagian komputer game, case adalah salah satu bagian yang paling murah. Meskipun begitu, penggun masih  perlu mempertimbangkan ukuran motherboard saat memilih casing, serta kipas tambahan atau sistem pendingin yang direncanakan untuk dimasukkan ke dalam casing.

Motherboard ATX adalah standar emas ukuran motherboard, memberikan kemampuan yang cukup untuk berkembang. Namun, jika ingin membuat PC gaming dengan faktor bentuk yang lebih kecil, motherboard M-ATX atau Mini-ITX mungkin sesuai dengan kebutuhan.

3. GPU

GPU memegang faktor terbesar dalam kinerja game di komputer. Sementara CPU melacak data, GPU adalah bagian yang bertanggung jawab untuk mengambil data ini dan menampilkannya di monitor game. Keduanya bekerja sama, jadi jika CPU tidak cukup cepat memproses apa yang terjadi di game, ini akan menyebabkan output visual GPU melambat untuk menunggu di CPU, menyebabkan frame rate (lag) yang lebih rendah dan kemacetan in-game.

4. Komponen Penting Komputer Gaming, RAM

Di bawah CPU dan GPU, ada RAM yang memainkan peran terpenting berikutnya dalam kinerja komputer. Kebutuhan RAM akan tergantung pada tugas apa yang ingin dilakukan dengan PC. Jika lebih dari sekadar bermain game, biasanya, sebagian besar pengguna dapat bertahan dengan RAM 8GB-16GB. Minimum RAM 16GB adalah yang terbaik untuk workstation kelas atas untuk pengeditan video 3D dan game kelas AAA.

5. PSU

PSU mengubah listrik dari stopkontak menjadi tegangan rendah untuk konsumsi komponen PC. Ini dihubungkan langsung ke bagian bertenaga termasuk motherboard, kipas, dan kartu grafis. Saat memilih satu daya untuk PC gaming, sangat penting untuk memperhatikan ukuran watt. Jika prosesor dan GPU yang digunakan adalah kelas tinggi, pengguna mungkin akan membutuhkan PSU dengan daya diatas 700 watt.

6. Hard Drive

Komponen Penting Komputer Gaming

Hard drive adalah perangkat penyimpanan data yang dapat menyimpan game, gambar, film, musik, dan file lain di komputer. Direkomendasikan untuk memiliki kapasitas minimal 512GB jika ingin memainkan game modern. Ada dua jenis hard drive yang dapat dipilih, yaitu HDD dan SSD. Dengan sedikit biaya, pengguna sudah bisa mendapatkan HDD berkapasitas 2 TB dengan harga murah. Sementara untuk SSD, harganya mungkin sangat mahal tapi penggunaannya sangat efektif.

7. Komponen Penting Komputer Gaming, Cooling

Komponen Penting Komputer Gaming

Komponen penting komputer gaming rakitan yang selanjutnya adalah cooling. Pendinginan sangat penting untuk menjaga output termal CPU/GPU tetap terkendali dan efisiensi yang optimal. Ini sangat penting jika pengguna ingin meng-overclock PC gaming atau untuk melakukan tugas sistem intensif di lingkungan bersuhu tinggi. Untuk sebagian besar gamer PC biasa, pendingin udara sederhana sudah cukup.

Demikian tadi 7 komponen penting komputer gaming rakitan yang wajib diketahui. Dengan adanya penjelasan ini, kini para pembaca tidak perlu bingung lagi jika ingin merakit komputer gaming sendiri.

Baca Juga : Mudah! Cara Pasang SSD Di PC Desktop dan Laptop

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.