Cara Membersihkan Casing HP

Rate this post

Casing merupakan salah satu komponen yang terdapat pada smartphone. Kegunaan casing adalah baju atau pertahanan luar dari smartphone tersebut untuk melindungi bagian dalam dari HP seperti mesin, modul-modul hardware, baterai, dan lain sebagainya. Salah satu masalah yang terjadi pada komponen ini adalah kotor. Masalah ini bisa menimbulkan hal yang ganjal pada penampilan, bahkan performanya karna casing tidak hanya berfungsi sebagai pelindung saja, tetapi memiliki kaitan dengan hardware smartphone. Karena itu, sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara membersihkan casing HP yang baik dan benar.

Apa Itu Casing HP?

Jika berbicara tentang casing HP, sebenarnya ada dua komponen yang bisa dikatakan sebagai casing. Yang pertama adalah casing bawaan dari smartphone, dan casing tambahan yang dibeli terpisah di toko smartphone. Fungsi dari casing bawaan smartphone sangat banyak sekali, selain melindungi HP dari debu, goresan, dan benturan, casing bawaan juga berfungsi sebagai mediator jaringan untuk membantu hardware dalam menangkap jaringan selular.

Kemudian untuk melindungi casing bawaan karena casing bawaan bersifat melekat erat dan memiliki harga yang mahal, maka pengguna biasanya menggunakan casing tambahan. Casing tambahan ini memiliki beberapa tipe, seperti hard-case dan soft-case. Seperti namanya, soft-case adalah casing yang terbuat dari bahan yang lembut seperti karet atau plastik lentur sedangkan hard-case merupakan casing yang terbuat dari bahan baku keras seperti aluminium atau plastik keras.

Fungsi Casing HP

Casing memiliki fungsi tersendiri dalam penerapannya. Paling umum adalah pelindungi dari debu atau kotoran yang bisa menempel, baik dari tangan atau benda lain. Kotoran ini bisa membuat perubahan warna pada casing sehingg perlu dihindari. Untuk lebih lengkapnya, berikut fungsi casing HP baik itu casing bawaan maupun tambahan;

Melindungi Dari Debu

Debu merupakan hal yang cukup mengganggu apabila sudah mengenai casing. Karena tidak hanya membuat casing menjadi cepat kotor, debu juga bisa menimbulkan goresan halus pada casing dan membuat penampilannya menjadi jelek. Tidak hanya itu, debu juga bisa masuk ke sela-sela casing dan berada di bawah casing sehingga membuat casing bawaan tergores dan mengalami perubahan warna. Saran kami untuk menghindari debu adalah pilih casing yang cukup ketat digunakan sehingga tidak memiliki cela untuk masuknya debu.

Melindungi dari Goresan

Goresan bisa disebabkan oleh apa saja yang mengenai casing, bahkan jika itu kertas atau debu. Untuk melindungi casing dari goresan, Anda memerlukan casing tambahan yang terbuat dari bahan keras seperti aluminium karena lebih tahan goresan. Tidak hanya itu, hard-case yang terbuat dari aluminium juga dapat menghantarkan panas yang cukup baik sehingga membuat mesin di dalamnya tetap adem.

Terhindar dari Benturan dan Goncangan

Benturan atau goncangan terjadi ketika smartphone Anda terjatuh dari ketinggian tertentu. Ketika smartphone jatuh dan mengalami benturan, otomatis mesin dan segala isinya ikut tergoncang dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen. Untuk mengatasi benturan, kami menyarankan untuk menggunakan soft-case atau casing yang terbuat dari plastik lentur atau karet dan memiliki proteksi tambahan di bagian sudut smartphone yang nampak seperti tambahan plastik lentur yang lebih tebal. Karena ketika HP jatuh, paling umum yang duluan terkena lantai adalah bagian sudut smartphone.

Melindungi Camera dan Tampil Trendi

Desain sangat penting dalam pembuatan casing. Desain yang bagus adalah desain yang mampu melindungi camera dibelakangnya. Pilihlah casing yang memiliki tonjolan di sekiling kamera untuk melindunginya dari gesekan saat diletakkan di permukaan rata. Kemudian desain juga bisa menampilkan kepercayaan diri memegang HP dan tersedia banyak sekali pilihan di online shop.

Cara Membersihkan Casing HP

Masuk ke pembahasan utama, kami akan memberikan tips dan trik bagaimana cara membersihkan casing HP baik itu casing bawaan HP atau casing tambahan yang dibeli di luar dari produk.

Cara Bersihkan Casing HP Dengan Penghapus

Penghapus biasanya digunakan untuk membersihkan tulisan pensil. Ternyata, penghapus juga bisa digunakan untuk membersihkan noda-noda yang terdapat pada casing HP. Caranya sendiri sangat mudah, yaitu dengan menggosok-gosokkan penghapus tersebut dengan casing HP yang memiliki noda. Tetapi jangan menggosok terlalu keras karena bisa merusak permukaan dari casing Anda, apabila casing tersebut terbuat dari plastik lentur atau karet. Setelah noda sudah dipastikan hilang, bersihkan menggunakan tisu basah atau bilas dengan air kemudian keringkan dan lihat hasilnya.

Cara Membersihkan Casing HP Dengan Pemutih

Pemutih merupakan produk pembersih yang digunakan untuk membersihkan dan mengembalikan warna putih pada kain atau pakaian. Tidak hanya noda kuning pada pakaian, produk pemutih juga bisa digunakan untuk mengembalikan warna asli dari casing yang sudah menguning, biasanya efektif pada soft-case transparant. Caranya mudah, cukup campurkan air hangat dan sedikit pemutih dalam suatu wadah. Kemudian rendam casing HP Anda selama beberapa menit. Setelah itu, bilas bersih dan keringkan. Perlu diperhatikan bahwa pemutih berbahaya bagi kulit jadi jangan sampai terkena tangan berlebihan dan pakaian yang dikenakan. Gunakanlah sarung tangan plastik dan masker wajah untuk melindungi dari percikan pemutih.

Cara Bersihkan Casing HP Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan produk pembersih yang biasanya digunakan untuk membersihkan tangan dari virus atau bakteri berbahaya. Kandungan yang ada di dalam hand sanitizer ternyata bisa membantu dalam membersihkan casing HP. Caranya cukup mudah, Anda hanya menaruh sedikit hand sanitizer ke tisu atau kapas kemudian digosokkan ke casing HP sampai bersih. Setelah itu, bisa dibilas menggunakan air atau tidak bisa juga tidak perlu dibilas karena cairan hand sanitizer aman untuk tangan dan membuat HP Anda menjadi wangi.

Cara Membersihkan Casing HP Dengan Alkohol

Alkohol memiliki fungsi yang sama dengan cairan pemutih yaitu membantu dalam mengembalikan warna asli dari casing yang sudah mulai menguning. Cara penerapannya cukup mudah yaitu menggosokkan cairan alkohol ke casing menggunakan kapas atau tisu. Alkohol juga membantu dalam membersihkan kuman serta kotoran yang terdapat di casing HP Anda. Setelah itu bisa dibilas menggunakan air dan keringkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah alkohol memiliki harga yang cukup tinggi dan susah didapatkan dibanding bahan pembersih lainnya.

Cara Bersihkan Casing HP dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang biasanya digunakan dalam membuat kue agar rasanya menjadi lebih nikmat dan tekstur yang bagus. Selain kue, baking soda juga memiliki manfaat untuk membersihkan casing HP dan mengembalikan warna normalnya. Cara penerapannya sangat mudah yaitu menaruh bubuk soda kue atau baking soda secukupnya kemudian campur dengan air secukupnya saja. Setelah itu, celupkan casing Anda dan gosok secara perlahan untuk membersihkan noda. Setelah bersih, bilas menggunakan air dan keringkan.

Cara Bersihkan Casing HP Menggunakan Sabun Cuci Piring

Seperti namanya, sabun cucin piring memang memiliki kandungan yang berguna untuk membersihkan kotoran di berbagai permukaan piring. Karena itu, manfaatnya juga bisa terasa ketika membersihkan casing smartphone. Caranya seperti mencuci piring, yaitu menggosok casing dengan sabun cuci piring yang dicampur dengan sedikit air sehingga menimbulkan busa. Setelah digosok dan dipastikan bersih, bersihkan dengan air mengalir dan keringkan.

Cara Bersihkan Casing HP dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dengan cara mengoleskan cairannya ke kulit dan bisa diterapkan sebagai aroma terapi. Kandungan yang ada dalam minyak ini juga berfungsi untuk membersihkan noda-noda bandel seperti bekas noda sticker, sisa makanan, sampai bekas double tape semuanya dibersihkan. Minyak ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan casing yang memiliki warna kuning atau kotor dengan cara mengoleskannya secara langsung ke bagian noda kemudian gosok sampai hilang. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

Cara Bersihkan Casing HP Menggunakan Pasta Gigi

Odol atau pasta gigi berfungsi sebagai pembersih dan pemutih gigi tetapi ternyata memiliki manfaat lain yaitu membersihkan noda kuning pada casing HP. Caranya sangat mudah, yaitu mengoleskan secara langsung pasta gigi secukupnya pada permukaan casing HP kemudian ambil sikat gigi dan gosokkan secara perlahan sampai noda hilang. Bahan ini sangat mudah didapatkan sehingga bisa menjadi alternatif yang mudah didapatkan. Setelah digosok menggunakan odol, bilas menggunakan air bersih dan lihat hasilnya.

Kesimpulan dan Hal yang Harus Diperhatikan

Membersihkan casing HP yang penuh noda memiliki metode yang berbeda-beda dan pastikan untuk menggunakan metode yang sesuai dengan bahan dari casing tersebut. Sekarang ini, ada beberapa bahan pembuatan casing HP, umumnya ada empat yaitu karet atau silikon, plastik, kayu, dan kulit. Pembersihannya masing-masing berbeda, seperti contohnya pembersihkan dengan baking soda lebih cocok untuk soft-case yang berbahan silikon atau karet. Kemudian selain membersihkan, lebih baik untuk mencegah casing kotor atau tergores dengan memperhatikan lokasi penempatan HP dan lain sebagainya.

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin