Spesifikasi dan Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11 – Produk dari Huawei saat ini sedang galak mengeluarkan produk-produk unggulan dan tetap menjadi salah satu produk gadget yang sangat maju di dunia. Huawei kini juga mulai menggerakkan sistem operasi baru dengan meluncurkan tablet Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11. Produk ini sudah tentu memiliki spesifikasi dan perbedaan baik dari kekurangan maupun kelebihannya. Berikut adalah ulasan dari spesifikasi maupun perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11. 

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

  1. Spesifikasi Huawei MatePad 10.4

Rilis pada April 2020, produk ini memiliki layar IPS 10,4 inci dengan 2000 x 1200 inci. Menggunakan Chipset berupa HUAWEI Kirin 810 dan GPU Mali-G52. RAM pada tablet ini cukup besar, yaitu 4 GB. Sementara itu, memori internal 64 GB. Memori eksternal dapat dimasukkan microSD hingga ukuran 512. Kamera depan dan belakang memiliki resolusi 8MP dan baterai hingga 7.250 mAh. 

  1. Spesifikasi Huawei MatePad 11

Tablet ini baru dirilis pada Juli 2021. Dengan layar berukuran TFT LCD IPS berukuran 10,95 inci dan WQXGA ukuran 2560 x 1600 piksel. Chipset yang digunakan berupa Qualcomm Snapdragon 865 dengan GPU Adreno 650 587 MHz. RAM pada produk ini berukuran 4 GB dengan memori internal hingga 128 GB. Sementara itu, memori eksternal dapat menampung hingga 1 TB.

Kamera depan dan belakang berbeda resolusi. Untuk kamera belakang sudah mencapai 13 MP sementara kamera depan 8 MP. Spesifikasi ini menujukkan perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11. Meski begitu daya baterai keduanya sama, yaitu 7.250 mAh.

Perbedaan antara Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11

  1. Ukuran dan Resolusi pada Layar

Huawei MatePad memiliki dua varian yang berbeda pada layarnya, sama seperti namanya terdapat yang 10.4 inci untuk Huawei MatePad 10.4 dan juga 11 inci untuk Huawei MatePad 11. Keduanya juga memiliki resolusi yang berbeda. Untuk MatePad 10.4 memiliki resolusi yang lebih kecil. Pikseilnya juga jaug lebih rendah jika dibandingkan dengan MatePad 11.

Meski demikian, keduanya menghadirkan gamut warna DCI-P3 yang merupakan standar dari kelayakan layar di bioskop. Dengan begitu, tampilan warna terlihat natural dan akurat. Bahkan dapat menampilkan hingga 16,7 warna. Sayangnya, keduanya hanya memiliki IPS LCD dan bukan OLED. Meski begitu, keduanya masih memiliki resolusi yang tajam dan warna yang bagus.

  1. Resolusi Kamera

Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11 selanjutnya adalah pada resolusi kamera. Memang tablet bukanlah perangkat yang dapat digunakan sebagai fotografi, apalagi jika dibandingkan dengan smartphone. Akan tetapi kedua tablet dari Huawei ini telah menawarkan kamera yang memiliki resolusi bagus.

MatePad 10.4 misalnya. Kedua kamera, baik depan dan belakang sudah memiliki resolusi hingga 8 MP yang tentu daha sudah termasuk layak sesuai dengan harganya. Kamera belakang juga telah memberikan fitur autofokus sehingga kegiatan mengambil gambar dapat dilakukan dengan cukup mudah dan lancar.

Sementara itu, pada MatePad 11 memiliki resolusi kamera yang lebih tinggi. Pada kamera belakang, resolusinya sudah mencapai 13 MP. Sementara itu, pada kamera depan resolusi kamera 8 MP. Untuk perekaman video juga sudah mendukung hingga resolusi 4 K, sementara MatePAd 10.4 hanya sampai 1080p saja.

  1. Sistem Operasi

MatePad 11 menjadi salah satu tablet yang pertama menggunakan HarmonyOS dan menawarkan ekosistem yang dapat bersinergi dengan aksesoris dari Huawei lainnya termasuk TV, speaker, earphone, dan masih banyak lainnya. Sistem operasi ini juga dapat memperlancar pengguna dalam menggunakan tablet tersebut.

Dengan HarmonyOS, pengguna tidak perlu membiasakan diri kembali dengan sistem operasi yang baru. Meski begitu, sistem operasi ini tidak menyediakan akses untuk root seperti yang ada pada android untuk menjaga stabilitas pada sistem. Sistem operasi dengan menggunakan android sendiri masih digunakan oleh Matepad 10.4.

  1. Chipset

Pada MatePad 11 chipset yang digunakan adalah Snapdragon 865. Sementara itu MatePad 10.4 masih menggunakan Kirin 810. Perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11 juga mempengaruhi pada kinerjanya. Snapdragon jauh lebih bagus dan cukup populer. Dibandingkan dengan Kirin, Snapdragon juga memiliki kinerja yang tidak perlu lagi diragukan.

  1. WiFi 6

WiFi merupakan satu-satunya cara untuk mengoneksikan kedua tablet ini dengan internet. Jika memiliki router yang dapat mendukung WiFi 6, maka Matepad 11 dapar mendukung WiFi model terbaru yang memiliki kecepatan internet jauh lebih kencang. MatePad 11 juga memungkinkan mendapat kecepatan internet stabil untuk mengunduh maupun digunakan untuk bermain game online.

Sementara itu MatePad 10.4 hanya dapat mendukung WiFi 5. Karena itu kecepatan internetnya juga tidak dapat menandingi WiFi 6. Meski begitu, kedua perangkat ini dapat juga tersambung dengan WiFi Dual Band 1,4 dan juga 5 GHz.

  1. Jaringan Seluler

Tablet memang berbeda dengan smartphone dan tidak terlalu intens sehingga seringkali merk-merk elektronik mengeluarkan tablet yang hanya memiliki varian WiFi-Only. Huawei MatePad 10.4 ini sendiri tersedia opsi untuk LTE dan WiFi. Akan tetapi jika melihat spesifikasi resminya, varian yang ada di Indonesia hanya WiFi Only.

Dengan begitu, tablet ini tidak memungkinkan untuk memasukkan kartu SIM. Sementara jika ingin menggunakan varian LTE harus membeli di marketplace yang ada di luar negeri. Setelah itu, jika barang sudah sampai juga masih harus mendaftarkan IMEI di beacukai agar tidak terblokir.

Sementara itu, MatePad 11 tidak menyediakan versi LTE sama sekali. Sehingga membeli di marketplace di luar negeri juga sama saja. Model yang ditawarkan tidak menyediakan dukungan terhapad LTE.

  1. Daya Charger

Jika dilihat dari ketahanan baterai, kedua tablet ini hampir sama karena kapasitas baterainya juga sama yaitu 7.250 mAh. Meski demikian terdapat juga perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11 dalam hal baterai. Dapat dikatakan, baterai pada MatePad 11 jauh lebih cepat habis jika dibandingkan dengan Matepad 10.4.

Alasan baterai MatePad 11 cepat habis karena layarnya yang jaug lebih besar. Apalagi tablet ini juga menghadirkan 120 Hz dalam laju penyegarannya. Chipset yang digunakan juga mempengaruhi baterai. Akan tetapi MatePad 11 juga lebih cepat dalam mengisi daya, yaitu 22,5 W. Sementara itu MatePad 10.4 hanya 18 W. MatePad 11 juga dapat mengisikan baterai pada perangkat lain karena terdapat reserve charging.

Huawei memiliki dua produk baru yang cukup menarik untuk dilirik. Meski memiliki cukup banyak perbedaan, namun keduanya masih terbilang berharga miring jika dibandingkan dengan produk yang lain. Dengan mengetahui perbedaan Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad 11 ini, Anda dapat memilih sesuai dengan keperluan dan budget yang dimiliki.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition yang Perlu Diketahui

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five − two =