Alight Motion Pro : Pengertian, Fitur, Dan Cara Menggunakannya

Alight Motion Pro

Alight Motion Pro : Pengertian, Fitur, Dan Cara Menggunakannya – Hadirnya aplikasi Alight Motion Pro memberikan kemudahan tersendiri dalam proses pembuatan video. Jika sebelumnya Anda membutuhkan perangat dengan spesifikasi tinggi untuk melakukan editing video, kini hal tersebut tidak perlu lagi.

Bahkan Anda pun bisa melakukan proses edit video dengan menggunakan perangkat ponsel pintar. Terlebih saat ini sudah semakin banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video secara gratis dan lengkap.

Meski demikian, Anda tetap perlu cermat dan bijak dalam memilih apk yang tepat. Sebab pemilihan jenis aplikasi yang kurang sesuai justru akan membuat proses pengeditan video tersebut menjadi terganggu dan tidak maksimal.

Alight Motion Pro : Pengertian, Fitur, Dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Aplikasi Alight Motion Pro?

Alight Motion Pro

Alight Motion Pro adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video animasi melalui ponsel pintar. Untuk versi Pro, ada cukup banyak fitur dan manfaat yang bisa didapatkan. Sehingga proses editing video pun akan menjadi semakin praktis dan juga mudah.

Namun tentu saja Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan aplikasi Alight Motion yang versi Pro. Kalau dibandingkan dengan aplikasi yang versi free, tentu saja aplikasi yang versi Pro jauh lebih diunggulkan.

Terlebih ada cukup banyak fitur dan manfaat yang hanya bisa didapatkan melalui aplikasi versi Pro. Hal ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa membuat dan menciptakan video animasi secara maksimal dan optimal untuk berbagai keperluan.

Jadi kalau Anda sedang mencari rekomendasi aplikasi pembuatan video animasi terbaik, Alight Motion versi Pro bisa menjadi pilihannya. Selain mudah digunakan, Anda juga bisa memasang aplikasi ini pada perangkat ponsel pintar atau smartphone sehingga penggunaanya pun menjadi lebih fleksibel.

Fitur Lengkap Alight Motion Versi Pro

Alight Motion Pro

Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja versi Alight Motion Pro, berikut adalah beberapa diantaranya yang perlu Anda ketahui.

1. Terdapat Keyframe Animation Pada Alight Motion Pro

Salah satu fitur unggulan yang bisa dinikmati pada Alight Motion versi Pro adalah adanya Keyframe Animation. Perlu Anda ketahui bahwa Keyframe Animation adalah suatu frame atau titik yang bisa menandai adanya perubahan secara drastic pada sebuah gambar.

Ketika menggerakkan sebuah gambar maka perubahannya pun dapat digambar pada keyframe tersebut. Sehingga memungkinkan Anda untuk membuat video-video animasi yang lebih unik dan kreatif.

Sedangkan untuk tampilan objek dapat disesuaikan dengan keyframe yang ada pada bagian timeline video. Agar tidak mengalami kebingungan, ada baiknya kalau terlebih dahulu Anda perlu mempelajari terkait tutorialnya terlebih dahulu mengenai cara penggunaan keyframe animation tersebut.

2. Terdapat Tutorial yang Lengkap

Fitur berikutnya yang bisa Anda nikmati di aplikasi Alight Motion versi Pro adalah adanya tutorial yang lengkap. Adanya fitur berupa tutorial yang lengkap ini tentu saja akan semakin memudahkan para penggunanya untuk melakukan pembuatan video animasi.

Hadirnya tutorial lengkap ini tentunya akan semakin memudahkan pengguna baru ketika memakai aplikasi tersebut. Sehingga mereka tidak perlu mengalami kebingungan lagi sebab adanya tutorial tersebut.

Dokumentasi atau adanya fitur tutorial yang lengkap pada Alight Motion Pro akan membuat calon pengguna menjadi semakin paham terkait aplikasi tersebut. Selain itu, fitur ini juga termasuk built in sehingga Anda akan bisa menemukannya ketika mengakses dan menginstal aplikasi ini untuk kali pertama.

Bahkan fitur ini pun bisa dibuka kembali jika Anda mengalami kebingungan. Caranya cukup akses fitur ini melalui bagian menu yang ada di dalam aplikasi tersebut. Nantinya Anda akan bisa mengakses tutorial tersebut ketika mengalami kesulitan atau kebingungan terkait proses editing.

3. Memiliki Efek Animasi yang Keren

Efek merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses editing video. Tanpa adanya efek maka video Anda pun akan terlihat biasa-biasa saja dan cenderung kurang menarik untuk ditonton.

Ketika menggunakan versi Pro dari aplikasi Alight Motion, Anda pun  bisa menikmati berbagai macam efek transisi yang keren dan menarik. Sebab aplikasi ini sudah menyematkan berbagai macam jenis efek keren untuk membuat video Anda menjadi semakin unik.

Bahkan untuk membuat para penggunanya semakin betah, efek-efek animasi yang disertakan pun terus mengalami penambahan. Hal ini untuk menunjang perkembangan dunia video animasi yang semakin pesat.

4. Terdapat Banyak Pilihan Jenis Font

Dalam pembuatan video animasi, terkadang Anda juga akan membutuhkan tulisan di dalam video sebagai penegas atau penunjang. Agar tampilan tulisan menjadi semakin menarik, tentunya Anda akan membutuhkan jenis font yang tepat.

Nah, tidak perlu khawatir sebab Alight Motion Pro sudah memiliki cukup banyak jenis pilihan Font yang bisa Anda gunakan. Selain bisa menggunakan font yang tersedia di dalam aplikasi, Anda juga bisa melakukan import font favorit yang ada di memori penyimpanan internal perangkat Anda.

Hadirnya berbagai macam jenis font ini akan membuat kualitas video yang dihasilkan pun menjadi semakin menarik. Dengan demikian, Anda bisa lebih bebas dalam melakukan kreasi dalam proses pembuatan video.

5. Mendukung Banyak Jenis Format Video

Fitur unggulan berikutnya yang ditawarkan oleh Alight versi Pro adalah dukungan terhadap banyak jenis format video. Anda bisa melakukan export file ke dalam berbagai jenis format video sesuai kebutuhan Anda.

Beberapa format hasil export yang didukung antara lain adalah MP4 ataupun bisa juga memilih PNG. Animasi PNG adalah sebuah video animasi bergerak yang tidak memiliki suara di dalamnya.

6. Bebas Watermark

Adanya watermark pada video tentu akan mengurangi kesan eksotisme pada video tersebut. Bahkan banyak yang menilai kalau video dengan watermark akan membuat video tersebut menjadi terlihat kurang profesional.

Maka dari itu, banyak editor video yang mencari aplikasi editing bebas watermark. Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah Alight Motion Pro. Pada versi Pro ini, Anda akan terbebas dari adanya watermark pada saat melakukan edit video.

Hal ini tentunya akan membuat kualitas video yang dihasilkan pun menjadi lebih menarik dan terlihat profesional. Sehingga video animasi yang dihasilkan pun akan terlihat lebih prima dan juga optimal.

7. Ukurannya Ringan

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Alight adalah ukurannya yang relatif ringan. Tidak seperti aplikasi untuk edit video lainnya yang berukuran besar, Alight justru terbilang memiliki ukuran yang minimalis dan ringan.

Secara umum, aplikasi ini memiliki ukuran pada kisaran 28 MB saja. Ukuran ini tentunya relatif cukup kecil. Bahkan jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran game-game online yang sekarang ini banyak beredar di pasaran.

Ukurannya yang ringan ini membuat aplikasi tersebut banyak diminati oleh para penggemar edit video. Sebab selain tidak terlalu banyak memakan space penyimpanan, aplikasi tersebut juga tidak akan terlalu memperberat kinerja perangkat.

Imbasnya, Anda bisa melakukan edit video secara lebih praktis dan mudah tanpa perlu khawatir kalau perangkat mengalami lag. Bahkan aplikasi ini bisa Anda gunakan di ponsel dengan sistem Marshmallow Android 6.0. Namun tentu saja menggunakannya pada versi OS yang lebih tinggi akan membuat kinerjanya menjadi semakin optimal dan maksimal.

Alight Motion Pro, Cara Menginstal Aplikasi Alight Motion

Alight Motion Pro

Setelah mengetahui beberapa keunggulan yang ditawarkan, mungkin Anda mulai tertarik untuk menggunakan aplikasi edit video tersebut. Bagi Anda yang tertarik, berikut adalah beberapa langkah mudah yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi Alight Motion.

  1. Langkah pertama, silakan terlebih dahulu Anda perlu mengunduh aplikasi Alight Motion versi Pro. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa mencarinya di situs-situs penyedia aplikasi yang ada di internet. Pastikan Anda mengunduh aplikasi tersebut secara lengkap hingga selesai.
  2. Kalau Anda sudah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, silakan Anda bisa membuka folder yang digunakan untuk menyimpan hasil unduhan file APK Alight Motion tersebut.
  3. Jika dalam proses pembukaan tersebut terdapat permintaan izin install aplikasi, maka silakan Anda bisa pilih Buka.
  4. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan proses penginstallan dengan mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan.
  5. Kemudian Anda hanya perlu menunggu sebentar hingga aplikasi tersebut benar-benar selesai terpasang.
  6. Setelah memastikan bahwa aplikasi Alight Motion tersebut benar-benar terpasang, maka silakan Anda bisa menekan tombol Buka untuk memulai penggunaan aplikasi tersebut.

Berbekal dengan beberapa langkah mudah tersebut, seharusnya Anda tidak perlu lagi mengalami kebingungan jika ingin memasang apk Alight Motion.

Cara Menggunakan APK Alight

Setelah selesai melakukan instalasi Alight Motion Pro, maka Anda pun perlu mengetahui cara penggunaan aplikasi edit video animasi tersebut. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa gambaran umum mengenai cara penggunaan aplikasi APK Alight.

1. Buka Aplikasi APK Alight

Jika ingin menggunakan aplikasi edit video ini tentu saja terlebih dahulu Anda perlu membukanya. Cara membuka aplikasi ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu tap atau klik pada ikon aplikasi Alight yang ada di dalam ponsel Anda. Kemudian Anda hanya perlu menunggu sebentar hingga aplikasi tersebut selesai dibuka.

2. Membuat Lembar Kerja Baru

Setelah APK tersebut terbuka, maka tahapan berikutnya adalah membuat File baru. Caranya pun sangat  gampang, sebab Anda hanya perlu klik pada bagian tombol +. Nantinya akan muncul sebuah laman file baru untuk pembuatan project video Anda.

3. Membuat Project Baru

Setelah berhasil membuat file lembar kerja baru, maka tahapan selanjutnya adalah membuat Project Baru untuk edit video. Namun sebelum membuat project baru, pastikan terlebih dahulu Anda mengatur berbagai komponen yang diperlukan.

Misalnya saja tingkat resolusi video yang akan dihasilkan, jenis background pada video, frame rate, dan bahkan juga aspek rasio yang ada di dalam video tersebut. Hal ini perlu dilakukan dengan cermat dan teliti sebab akan mempengaruhi kualitas dan keunikan video yang akan Anda buat nantinya.

Kalau semua pengaturan tersebut sudah berhasil Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah silakan klik bagian tombol Create Project. Setelah itu, silakan Anda bisa pilih image dan video. Kemudian Anda bisa melakukan proses editing sesuai dengan kebutuhan dan juga daya kreativitas yang Anda miliki.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Alight Motion Pro yang perlu Anda ketahui. Kini Anda tidak perlu bingung lagi terkait dengan apa itu Alight dan berbagai seluk-beluk yang dimiliki. Kalau Anda mencari aplikasi edit video yang ringan dan berkualitas baik, aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Aesthetic Android dan iPhone

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *