DANA: Fitur, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Instal

Dana

Aplikasi Dana – Di zaman dengan teknologi maju saat ini, transaksi uang kertas sudah banyak diganti dengan uang digital, meskipun keduanya saling berkaitan. Bisa dikatakan, uang kertas adalah bentuk fisiknya.

Saat ini, ada banyak layanan yang bergerak sebagai dompet uang digital yang disebut sebagai e-wallet dan salah satunya adalah aplikasi DANA. Banyak yang mengenal DANA sebagai dompet digital atau e-wallet, padahal DANA memiliki fitur lain yang menarik. Ingin tahu seperti apa aplikasi ini? Simak review di bawah ini.

Tentang DANA

DANA adalah layanan yang bergerak dalam keuangan digital yang memiliki Gedung pusat di Jakarta, Indonesia. Aplikasi ini pertama kali rilis pada 2018, tepatnya didirikan pada tanggal 5 Desember 2018 oleh Vincent Iswara. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah menggantikan metode pembayaran uang konvensional menjadi pembayaran digital.

Kesan Pertama

Jika dilihat dari fungsi utama DANA yaitu dompet digital, Anda akan mendapatkan pengalaman transaksi yang cukup baik. Pembuatan akun dapat dilakukan secara gratis dan tidak dikenakan biaya admin perbulannya. Apabila Anda melakukan transfer di atas nominal Rp 50.000, maka tidak dikenakan biaya administrasi, tetapi terkena biaya sebesar Rp 4.500 pada transaksi di bawah nominal tersebut. Menariknya, tidak ada minimal jumlah saldo awal pada aplikasi ini.

Fitur-Fitur DANA

Scan Code QR

Code QR merupakan fitur yang kini banyak terdapat di restoran atau tempat-tempat pelayanan umum yang mendukung. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan pembayaran langsung menggunakan aplikasi DANA. Caranya mudah, buka aplikasi dan cari menu Pay kemudian tempelkan layar smartphone ke Code QR. Setelah itu, masukkan pin dan pembayaran pun selesai dengan mudah serta praktis.

Kirim Terima Uang Dengan Mudah

DANA menyediakan layanan transfer dan terima uang digital, baik antar aplikasi DANA maupun BANK, bahkan antar e-wallet lain namun tidak secara resmi. Kelebihan dari proses transaksi DANA adalah tidak memiliki biaya tambahan pada nominal tertentu, yaitu Rp 50.000 di mana angka tersebut terbilang rendah untuk minimal biaya.

Nearby Me

Fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sering berpergian. Dengan fitur ini, Anda dapat mendeteksi toko merchant, restoran, atau outlet yang berada di dekat Anda. Nearby Me dilengkapi juga dengan map sehingga mempermudah pengguna menemukan lokasi yang ingin dituju. Tidak hanya itu, terdapat juga informasi bermanfaat seperti jarak dan lain sebagainya.

DANA News

Fitur yang sangat berguna untuk pengguna baru, karena dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan informasi dan dipandu tentang cara penggunaan aplikasi serta tips-tips keuangan.

Investasi

DANA tidak hanya memiliki fungsi sebagai dompet digital, tetapi juga memberikan opsi investasi untuk para nasabahnya. Di sini tersedia fitur Reksa Dana dan bisa melakukan jual beli emas atau investasi emas tanpa harus susah payah ke toko fisik.

Hide Balance

Atau fitur sembunyi saldo merupakan fitur terkait dengan kenyamanan privacy pengguna. Tidak semua orang merasa baik-baik saja apabila saldonya dilihat oleh orang lain. Karena itu, fitur ini akan berfungsi untuk menyembunyikan nominal saldo apabila Anda tidak ingin saldo Anda ketahuan.

Kekurangan DANA

Setiap aplikasi pasti memiliki kekurangan, biasanya tidak lebih banyak dari keuntungan yang diberikan. DANA memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan seperti fitur Nearby Me yang masih terbatas dalam Kerjasama toko yang mendukung. Kemudian DANA bukan opsi e-wallet yang baik untuk usaha micro karena masih terkena biaya admin di nominal transfer tertentu.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − ten =