Aplikasi Paling Boros Kuota dan Cara Penghematannya

Aplikasi Paling Boros Kuota

Aplikasi Paling Boros Kuota dan Cara Penghematannya – Penggunaan kuota internet di pengaruhi oleh banyaknya aplikasi yang mengharuskan sambungan internet dalam pemakaiannya. Aplikasi tersebut yang menyebabkan pemakaian internet di hp sangat besar dan mengalami pemborosan. Beberapa aplikasi seperti media sosial menjadi aplikasi paling boros kuota.

Aplikasi-aplikasi yang berbasis foto dan video memang menjadi aplikasi yang memakan kuota paling banyak. Sistem aktif otomatis, unduh otomatis dan pembaharuan otomatis juga menyebabkan borosnya kuota yang dimiliki. Berikut beberapa aplikasi yang menghabiskan kuota paling banyak dan beberapa cara menghemat konsumsi kuota dari aplikasi tersebut:

Aplikasi Paling Boros Kuota dan Cara Penghematannya

1. Youtube

Aplikasi Paling Boros Kuota

Youtube adalah sebuah platform yang digunakan untuk berbagi video baik menonton maupun mengupload video agar bisa di lihat oleh orang banyak. Aplikasi youtube dipakai oleh hampir semua lapisan masyarakat baik artis maupun orang biasa. Youtube menghabiskan kuota yang tidak sedikit apalagi jika penggunaannya berlebihan.

Cara menghemat kuota internet saat memakai youtube yaitu menonton dengan mode penghemat data. Tampilan video dalam mode ini memang memiliki kualitas yang rendah, tetapi masih bisa dilihat dengan jelas. Cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan membeli kuota unlimited Youtube. Kuota ini akan sangat membantu meskipn harganya sedikit lebih mahal.

2. Instagram

Aplikasi Paling Boros Kuota

Instagram adalah media sosial yang paling popular untuk saat ini. Artis-artis terkenal juga berlomba-lomba membuat akun di Instagram dan memiliki jutaan pengikut. Penyebab borosnya kuota pada aplikasi ini yaitu pemutaran otomatis pada setiap video yang muncul di beranda, instastory dan juga timeline pencarian.

Cara menghemat penggunaan data untuk Instagram yaitu dengan mengaktifkan penghemat data pada pengaturan penggunaan data. Pengguna juga bisa mematikan fitur aktif otomatis pada aplikasi instagramnya. Pembelian kuota unlimited untuk media sosial juga bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet yang disebabkan oleh Instagram.

3. Aplikasi Paling Boros Kuota, Play Store

Aplikasi Play Store juga termasuk dalam aplikasi paling boros kuota. Play Store memang bukan aplikasi yang memiliki basis foto atau video. Pengunduhan aplikasi pihak ketiga dan juga update aplikasi yang menjadi faktor utama aplikasi ini menghabiskan banyak kuota.

Pengaturan tambahan pada aplikasi ini diperlukan agar pemakaian data bisa diperkecil. Cara yang paling tepat yaitu dengan menonaktifkan fitur update otomatis untuk aplikasi yang ada di perangkat. Play Store juga bisa diatur untuk update aplikasi saat terhubung dengan sambungan Wifi agar lebih menghemat data.

4. Netflix

Netflix adalah aplikasi streaming film dan juga drama yang sangat popular. Aplikasi ini bisa terhubung dengan Smart TV, Apple TV, HP, Laptop dan perangkat lain yang bisa digunakan untuk memutar video. Video yang di streaming dan juga didownload menjadi penyebab utama borosnya kuota internet.

Cara menghemat penggunaan data pada aplikasi ini yaitu dengan mengatur kualitas video yang akan ditonton. Pengguna juga bisa memanfaatkan wifi di sekolah, kantor atau wifi umum untuk mendownload terlebih dahulu dan menontonnya saat senggang. Beberapa provider juga menyediakan kuota streaming drama dan film unlimited yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat kuota.

5. Aplikasi Paling Boros Kuota, Game Online

Game online adalah game berbasis video game yang untuk dimainkannya membutuhkan koneksi internet yang cepat. Mobile Legend, PUBG dan DOTA adalah game online yang paling banyak dimainkan untuk saat ini. Game berbasis video ini yang membuat pemakaian kuota menjadi sangat besar.

Cara menghemat data bagi yang sangat suka bermain game online yaitu dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi lain yang juga menghabiskan banyak kuota. Pemakaian kuota hanya akan terfokus pada game saja. Penggunaan kuota unlimited game juga bisa menjadi pilihan agar bisa menghemat kuota internet biasa.

Kelima aplikasi tersebut memang menjadi aplikasi paling boros kuota. Pengguna dianjurkan memakai kuota unlimited jika sering memakai aplikasi-aplikasi diatas. Pilihan lain yaitu dengan memasang jaringan wifi dirumah, sehingga tidak membutuhkan kuota internet lagi.

Baca Juga : Game Berhadiah Pulsa dan Kuota

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × 1 =