50 Aplikasi Pemotong Video Android, PC dan Online

Pemotong Video Cepat, Ringan di Android, PC maupun Online – Upload video ke sosmed kini memang tengah trend. Namun kadangkala video kita kurang apik atau terlalu panjang sehingga harus dipotong. Nah supaya hasil edit video cantik Anda harus menggunakan aplikasi pemotong video. Tentunya dengan bantuan aplikasi tersebut maka editing video bisa dilakukan kapan saja.

Kini aplikasi yang digunakan untuk memotong video juga sudah beragam, mulai untuk PC, Android dan juga ayang online. Agar mendapatkan hasil edit yang sempurna, haruslah memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan aplikasi yang sesuai maka editing video juga menjadi lebih maksimal hasilnya.

Daftar Aplikasi Pemotong Video

Tidak semua aplikasi pemotong video bisa digunakan pada smartphone, begitu juga sebaliknya. Berikut adalah 14 macam aplikasi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mengedit dan memotong video.

1. Viva Video

Salah satu dari sekian banyaknya aplikasi yang bisa Anda coba adalah Viva Video. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang tergolong cepat dan juga mudah. Aplikasi pemotong video ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna smartphone.

Dengan bantuan dari Viva Video, maka jika ingin mengedit video yang akan diupload ke medsos pun menjadi semakin gampang. Anda tinggal mengunduh aplikasi Viva Video ini pada Play Store.

Untuk melakukan edit dan potong video, tinggal buka aplikasinya lalu masukkan saja video mana yang akan dipotong. Tinggal meneruskan video  atau foto dengan fase montase Anda juga bisa langsung merekam atau membuat video dari aplikasi.

Selain melakukan cutting video, Anda juga bisa merekatkan sebuah video. Anda juga dapat menambahkan transisi, seperti memotong dan memutar dan lain sebagainya. Bisa juga menerapkan berbagai filter. Aplikasi ini wajib dicoba, sebab selain lengkap, aplikasi juga gratis.

Dengan bantuan Viva Video ini maka Anda bisa membuat kolase video hanya berbekal smartphone saja. Pada bagian menu utamanya terdapat Free Video Editor yang sangat membantu.

2. InShot

InShot merupakan aplikasi untuk memotong video keluaran InShot inc developer. Meski tidak selengkap aplikasi lainnya, nyatanya dengan InShot mengedit memang lebih mudah. Namun jika hanya dipakai untuk memotong video saja aplikasi sudah cukup.

InShot merupakan software gratis, InShot juga mampu memotong video dengan cepat. Selain itu aplikasi ini memiliki kelebihan diantaranya yaitu:

  • Dapat diganti-ganti warna latar dari video yang akan dipotong. Jadi Anda bisa mengubah sesuai dengan keinginan.
  • Memiliki berbagai macam stiker dan font. Koleksi yang dimiliki termasuk terbanyak, jadi sangat cocok untuk membuat video menjadi lucu atau dapat mendeskripsikan isi video tersebut.
  • Anda juga bisa memanfaatkan berbagai font yang sudah disediakan yang bermanfaat dapat menambah nilai estetik pada video.
  • Memiliki koleksi music yang lengkap. Dengan menambahkan music atau lagu yang sedang hits, maka video akan menjadi lebih menarik.
  • Hasil video juga bersih tanpa watermark. Dengan demikian maka Anda bisa memberikan tanda sendiri bahwa video tersebut ciptaan sendiri. Jadi Anda akan lebih PD ketika mengunggahnya ke sosial media.
  • Mempermudah pengeditan. Berkat sistem interface yang sederhana, maka penggunanya pun menjadi lebih mudah untuk mempelajarinya, termasuk pemula sekalipun.
  • Format file yang dipakai bisa bermacam-macam. Misalnya saja file MP4, MOV,AVI,FLV, 3GP dan lain sebagainya.
  • Bisa untuk membuat meme dengan mudah. Sebab terdapat fitur yang digunakan untuk mengubah latar atau background, menambah foto dan edit lain sebagainya.

Aplikasi ini juga terhubung otomatis ke berbagai media sosial. Jadi ketika Anda sudah selesai dalam mengedit video, maka bisa langsung dibagikan hasilnya ke medsos. Misalnya saja ke IG, FB, Twitter ataupun media sosial yang lain.

Jika Anda berminat untuk menggunakan aplikasi InShot ini, maka dapat langsung download di PlayStore ataupun di App Store. Jika sudah terpasang, tinggal masuk pada pilihan menu “Create New”.

Kemudian tinggal pilih bentuk video yang diinginkan, busa landscape ataupun potrait. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan background atau tanpa menggunakan background. Gunakan filter sesuai dengan kebutuhan, lalu simpan atau bagikan ke media sosial yang diinginkan.

3. VideoShow

Aplikasi yang juga bisa digunakan untuk memotong video adalah aplikasi VideoShow. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi terbaik untung memotong video. Aplikasi bisa digunakan bagi Anda pengguna android.

Aplikasi ini memiliki fitur andalan yang cepat dan juga praktis dalam memotong video. Jadi Anda tidak akan repot ataupun ribet ketika akan mengedit sebuah video. Aplikasi VideoShow ini terbukti banyak diminati, nyatanya lebih dari 2 juta orang yang sudah mengunduhnya di PlayStore.

Hal tersebut dikarenakan VideoShow mewartakan aplikasi yang gratis dan mudah digunakan oleh siapapun termasuk pemula. Jadi untuk mengedit ataupun memotong video tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Meski gratis namun hasil editing ataupun cuttingnya juga tidak mengecewakan loh.

4.  PowerDirector Video

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk memotong video adalah PowerDirector Video. Dalam aplikasi ini terdapat fitur lengkap untuk mengedit video, termasuk di dalamnya fitur “trim”. Dengan mengunduhnya di PlayStore, maka Anda sudah bisa menggunakannya.

Menu “trim” ini merupakan fitur yang paling sering digunakan oleh penggunanya. Sebab dengan menggunakan fitur ini, maka meski videonya panjang, maka bisa di cut. Barulah setelah di cut, dapat melanjutkan mengedit videonya.

Supaya lebih menarik, bisa dengan menyisipkan tulisan, gambar, atau slip pada video Anda. Tentunya karena fiturnya yang sangat lengkap, sangat membantu sekali untuk mengedit video menjadi maksimal.

Aplikasi pemotong video satu ini cocok bagi Anda yang senang melakukan editing dengan menggunakan laptop. Terdapat 3 mode pengeditan dalam aplikasi PowerDirector Video ini, yaitu Editor Mudah, Editor Fitur Lengkap serta Pembuat Slide Show.

Aplikasi memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu

  • Memiliki banyak fitur, untuk fitur pengeditannya sendiri ada 100 lebih yang  bisa Anda manfaatkan. Fitur yang paling populer adalah tema untuk membuat judul animasi 3D, subtitle, tayangan slide ataupun fitur yang lain.
  • Pengguna dapat import maupun eksport video serta mengeditnya dengan mudah baik 3D atau 4D.
  • Merupakan aplikasi paling tepat dalam hal rendering, meski banyak memiliki lapisan. Yang biasanya bisa berjam-jam untuk menunggu hasilnya, dengan aplikasi ini maka bisa dilakukan dalam beberapa menit saja.
  • Untuk edit videonya paling canggih yaitu sendiri bisa hingga 360 derajat.
  • Semua format, baik audio maupun video. Dengan demikian mungkin menjangkau banyak audiens dan juga platform.
  • Memiliki banyak efek, tema, transisi, dan filter, jadi penggunanya pun menjadi semakin kreatif dalam melakukan cutting serta editing. Dengan bantuan fitur-fitur tersebut, maka konten yang dihasilkan juga menjadi lebih rapi dan juga lebih menarik.
  • Dapat melakukan pengeditan multi-kamera dan perekam layar, bukan itu saja mampu untuk melakukan pelacakan gerakan.
  • Cepat dalam menjawab pertanyaan lebih cepat, sebab memiliki 24/7 dukungan layanan pelanggan.

Meski demikian aplikasi ini juga memiliki beberapa kelemahan, misalnya saja banyak iklan ketika menggunakannya. Ada juga beberapa pengguna yang melaporkan adanya bug sehingga terkadang macet sendiri.

Mau tidak mau harus mengulang lagi dari awal. Pada 5 detik pertama nanti akan muncul watermark yang bisa hilang sendiri.

Berikut adalah rincian dari aplaikais PowerDirector Video,

  • Tampilan antarmukanya sedikit rumit, namun hal tersebut dikarenakan banyaknya pilihan fitur untuk melakukan pengeditan. Namun pada dasarnya justru memiliki antarmuka yang sederhana.
  • Selain itu itu, dengan antar muka yang intuitif menjadikan fitur efek yang audio serta video level atas.
  • Memiliki fitur dasar yang maksimal dan banyak pilihan. Jadi aplikasi ini merupakan solusi bagi Anda yang mencari aplikasi pemotong video fitur dasar.
  • Memiliki kinerja yang tidak diragukan lagi. Sebab dalam mengedit content creator memang sangat pas baik bagi pemula maupun bagi profesional. Tayangannya yang berkualitas, cocok untuk pengguna PC.
  • Sebab penyimpanannya yang besar, sekitar 1 GB untuk install programnya. Sedang jika untuk Windows RAM nya minimal 4 GB. Untuk kartu grafis RAMnya sekitar 128 MB.
  • Hal tersebut yang terkadang menjadikan sistemnya menjadi lambat, apalagi ketika menggunakan fitur canggih. Namun overall aplikasi PowerDirector adalah aplikasi yang kinerjanya cukup tinggi dan memudahkan penggunanya melakukan editing secara maksimal.

5. KineMaster

Aplikasi pemotong video KineMaster ini wajib dimiliki bagi pengguna Android. Sebab palikai ini merupakan editing video yang paling dasar untuk memotong video secara cerdas. Dalam aplikasi terdapat fitur menarik yaitu “trim tools”.

Jika menggunakan trims tools, maka video dapat di trimming. Terdapat juga fitur “cutting” yang bisa Anda gunakan untuk memotong sebuah video. Dengan begitu Anda juga bisa menggabungkan beberapa video.

Sebelum digabungkan, Anda juga bisa editing terlebih dahulu dengan menggunakan fitur cutting tersebut. Dengan bantuan kedua fitur tersebut tentunya akan membantu Anda dalam melakukan cut dan juga edit video.

Ketika melakukan editing, Anda juga bisa menyisipkan dan menambahkan filter yang unik. Dapat juga menambahkan fitur efek-efek atau menambahkan tulisan dan teks pada video Anda.

Berikut ini adalah secara rinci fitur yang dimiliki oleh KineMaster

  • Fitur Project Assistant

Project Assistant memungkinan Anda untuk mengedit video lebih detail yaitu step by step. Jadi memang merupakan aplikasi yang pas untuk melakukan editing.

Mulai dari memilih video kemudian memilih filter, audio hingga render hasil editing video. Memang aplikasi KineMaster ini lebih cocok dipasang di komputer. Namun tak sedikit pula yang mengunduhnya untuk dipasang di smartphone, sebab justru malah memudahkan karena lebih simple untuk dibawa-bawa.

  • Fitur Dukungan Media

Fitur berikutnya yang terdapat dalam KineMaster adalah fitur Dukungan Media. Fitur ini sangat membantu penggunanya, sebab dengan adanya fitur ini, maka file jenis apapun bisa diolah melalui aplikasi ini.

Hasil penyimpanannya pun bisa diatur baik di perangkat ataupun lainnya.

  • Fitur Audio

Fitur audio ini memungkinkan penggunanya untuk dapat menambahkan audio pada video yang akan di edit. Selain itu dapat menambahkan audio berlapis. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan audio dari noise sekaligus dapat menjadi sebuah soundtrack.

  • Memiliki Fitur 3D

Anda juga bisa mengedit video dengan fitur 3D. Jadi ketika akan melakukan transisi dari video satu ke berikutnya maka akan transisi 3D. Efek ini mampu memberikan nilai perpindahan yang estetik, hingga menjadikannya lebih enak dilihat.

  • Fitur Pratinjau Hasil Editing

Saat Anda akan melakukan editing video, pasti memerlukan double cek. Hal ini diperlukan untuk melihat apakah video tersebut sudah sesuai dengan harapan. Nah pada aplikasi KineMaster ini memiliki sistem pratinjau yang kekinian.

Jadi meski sedang mengedit sebuah video, Anda tetap bisa melakukan pratinjau. Jadi tidak perlu kembali ke halaman sebelumnya. Tentunya hal tersebut akan mempermudah pengecekan dan juga tidak menghabiskan waktu untuk melakukan pratinjau ulang.

  • Memiliki Banyak Theme

Ketika memilih aplikasi pemotong video, tentunya keberadaan koleksi tema menjadi salah satu alasan. Sebab tema ini bisa menjadikan latar sebuah video menjadi lebih hidup dan menarik. Dengan tampilan visual yang menarik tersebut orang akan senang untuk melihatnya.

  • Memiliki Fitur Pengatur Durasi Kecepatan

Ketika melakukan proses editing, tentunya perlu yang namanya sinkronisasi baik untuk audio dan juga videonya. Melalui fitur pengaturan durasi ini, bukanlah tidak mungkin, hal tersebut masalah yang gampang diatur.

Dengan memanfaatkan fitur pengatur durasi ini, maka sinkronisasi tersebut dapat dilakukan dengan waktu yang bersamaan.

  • Fitur Chroma

Fitur Chroma Key ini adalah fitur yang digunakan untuk menggabungkan dua video. Bukan hanya video saja, namun foto juga bisa digabungkan dengan menggunakan fitur ini. Penyesuaian baik foto maupun video akan dengan instan dapat dilakukan dengan mudah. Jadi latar green screen dapat berubah gambarnya saat dimasukkan.

  • Memiliki Resolusi Tinggi

Dalam mengedit video, setiap orang tentunya berkeinginan mendapatkan hasil terbaik. Salah satu aspek video tersebut dikatakan bagus, apabila memiliki resolusi yang tinggi. Pengeditan menggunakan KineMaster ini akan menghasilkan video yang beresolusi tinggi yang membuat hasilnya bukan hanya bagus saja namun juga berkualitas.

  • Tampilannya Sederhana

Orang akan langsung bisa menilai sebuah aplikasi langsung dari tampilannya. KineMaster ini memiliki tampilan yang sederhana. Warnanya latarnya yang biru menjadikan lebih nyaman bagi mata.

  • Memiliki Fitur Pemotongan Durasi Kecil

Kelebihan dari aplikasi KineMaster ini juga fleksibel untuk semua jenis durasi video. Jadi meski durasi tersebut kecil, misalnya saja 0.1 juga tetap bisa dilakukan editing. Jadi Anda bisa menghilangkan bagian video yang dirasa tidak penting meski hanya sepersekian detik saja.

Jika penasaran langsung saja download di PlayStore dan cobalah fitur menarik lainnya. Caranya menggunakan aplikasi tersebut adalah seperti di bawah ini.

  1. Masuk pada Playstore untuk mendapatkan aplikasi KineMaster. Klik jika sudah muncul, tunggu hingga aplikasi terunduh sempurna. Pastikan ketika melakukan pengunduhan ingin, koneksi internet dalam keadaan stabil.
  2. Ketika sudah terdownload, masuk pada pengaturan smartphone. Pilih option ‘Perizinan’, aktifkan ‘Opsi Install dari sumber tak dikenal’.
  3. Masuk pada ‘File Manager’ pada handphone Anda. Cari file downloadan sebelumnya. Klik file tersebut lalu klik “Install”.
  4. Jika sudah terinstall tinggal gunakan saja KineMaster suka-suka. Pada bagian menu utama terdapat lingkaran dengan pilihan Audio, Layer, Voice dan juga Media. Tinggal pilih menu mana yang dipakai untuk melakukan cutting dan juga editing.
  5. Lanjutkan proses editing dengan menggunakan pilihan menu dan juga fitur yang sudah disediakan.
  6. Jika sudah selesai melakukan cutting dan juga editing maka tinggal simpan hasil editan tersebut. Untuk membagikan hasil editan bisa juga langsung dari aplikasi. Tinggal klik ‘Share atau Bagikan’ lalu pilih media mana untuk membagikan hasilnya.

Aplikasi pemotong video KineMaster ini juga termasuk aplikasi yang aman. Sampai saat ini belum ada keluhan bahaya terhadap aplikasi KineMaster. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang relatif ringan.

Jadi untuk dipasang pada smartphone pun tidak akan mempengaruhi kinerja handphone. Meski demikian Anda tetap harus berhati-hati ketika memilih file unduhan, sebaiknya mengunduh melalui platform terpercaya saja.

Pastikan juga bahwa smartphone yang Anda miliki versinya minimal 4.1 agar aplikasi bisa terpasang. Pastikan juga penyimpanan internal handphone cukup, agar bisa untuk dipasang KineMaster. Jika ternyata penuh sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak penting agar KineMaster dapat terpasang.

Lakukan juga update berkala, supaya Anda tidak ketinggalan versi terbaru dari aplikasi KineMaster. Sering-seringlah membersihkan sampah akibat dari pengeditan dan juga sistem lainnya.  Supaya aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

6. FilmoraGo

Filmorago adalah aplikasi yang bisa melakukan cutting video dengan mudah serta praktis. Enaknya lagi aplikasi ini tidak berbayar alias gratis. Aplikasi merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan orang.

Buktinya di PlayStore sudah ada lebih dari 200.000 kali aplikasi diunduh. Memang termasuk salah satu aplikasi yang populer via PlayStore. Bagaimana tidak, sebab Filmorago ini memiliki menu “Trim tools” yang sangat mudah digunakan, meski oleh pemula sekaligus. Jika Anda tertarik mencobanya, langsung saja search di PlayStore unduh mengunduhnya.

7.  CapCut

Adalah CapCut yang merupakan aplikasi pemotong video serba bisa. Merupakan aplikasi all in one untuk masalah editing video. Banyak sekali fitur yang terdapat dalam aplikasi CapCut ini. Filter canggih yang populer dalam aplikasi salah satunya adalah filter efek kecantikan, menu perpustakaan lagu dan juga koleksi lagu-lagu hits.

Anda juga bisa mencoba filter lainnya, seperti filter stiker serta filter efek. Keduanya dapat dimanfaatkan untuk membuat video menjadi lebih hidup dan lebih unik. CapCut juga termasuk aplikasi yang populer, sebab review di PlayStore terlihat bahwa sudah lebih dari 100 juta orang yang sudah mengunduh aplikasi ini.

Namun ketika menggunakan aplikasi ini Anda tetap harus tersambung dengan jaringan internet. Jadi pastikan untuk memiliki jaringan internet stabil agar cutting berjalan lancar

8. Cute CUT

Cute CUT ini merupakan aplikasi pemotong video. Namun karena di dalamnya terdapat menu cutting video, jadi termasuk bagus pula untuk memotong video. Tools untuk memotong video juga terbilang lengkap di sini.

Karena memang untuk mengedit, maka setelah dipotong, justru Anda akan mendapatkan kemudahan editing video. Misalnya saya ingin menambahkan teks serta menambahkan efek, banyak filter yang bisa dimanfaatkan.

Untuk mengatur tingkat kecerahan pada video juga bisa dilakukan di aplikasi Cute CUT ini. Nah jika ingin mendapatkan hasil maksimal untuk edit video. Anda bisa mencoba menggunakan tools multiple layer, tentunya akan menghasilkan hasil yang lebih kekinian pula. Tertarik untuk mencobanya, langsung saja download aplikasi di PlayStrore.

9. YouCut

Terdapat juga aplikasi yang bisa digunakan untuk memotong video yaitu YouCut. Aplikasi ini menjadi solusi terbaik, terutama pengguna handphone Android. Di aplikasi ini Anda juga bisa menggunakan “trim” seperti pada aplikasi yang dipakai sebagai pemotong video lainnya.

Namun tentunya terdapat menu yang lainnya juga yang sangat membantu, diantara adalah “Frame”. Dengan menggunakan frame maka Anda bisa mempercantik hasil cutting dari video tersebut. Tinggal pilih saja frame mana yang akan digunakan.

Anda juga bisa menambahkan atau menyisipkan lagu kedalam video tersebut, jadi hasil editing video akan menjadi lebih bagus.

10. Video Maker

Ada lagi aplikasi pemotong video yang bisa Anda coba untuk memotong video yaitu Video Maker. Dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan. Sebab Video Maker memungkinkan pengguna mengedit video  perbagian atau per part.

Jadi pengguna akan menjadi lebih gampang untuk menentukan bagian video mana yang harus diedit atau dibuang. Anda juga bisa menggunakan berbagai macam pilihan filter dan efek. Jika ingin mengubah judul atau teks juga bisa dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan.

11. VidTrim

VidTrim juga merupakan salah satu aplikasi pemotong video online yang patut dicoba. Pasalnya pada aplikasi ini merupakan aplikasi yang two in one. Jadi bukan hanya memotong video saja, namun juga dapat mengedit video sekaligus.

Tentunya jika dapat melakukan keduanya, maka Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lainnya lagi. Meskipun melakukan dua hal sekaligus, namun nyatanya untuk mengedit video lebih cepat. Selain itu dengan VidTrim Anda juga  bisa menggabungkan dua video menjadi satu bagian jadi lebih praktis tentunya.

Jika dapat melakukan segalanya dalam satu aplikasi tentunya lebih mudah ketimbang harus menggunkan beerpa aplikais lainnya. VidTrim juga memberikan dalam menyimpan atau membagikan hasil editan. Anda bisa langsung membagikan hasil cutting dan editing tersebut ke social media yang dimiliki. Jadi tidak perlu ribet menyimpan atau mencari terlebih dahulu ketika akan membagikannya.

12. AndroVid

Hadir juga untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, yaitu aplikasi AndroVid. Sama halnya dengan aplikasi pemotong video lainnya, aplikasi yang satu ini juga memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya.

Dalam hal edit dan potong video tentunya menjadi lebih cepat. Fitur andalan pada aplikasi ini adalah “Trim”, melalui fitur ini tentunya memotong video menjadi lebih cepat. Interfacenya pun juga lebar, sebab disediakan dalam bentuk landscape

13. Cutter

Aplikasi cepat dan mudah untuk memotong video lainnya yang patut Anda coba adalah aplikasi video cutter. Sebab sesuai dengan namanya, memang aplikasi uni spesialis untuk pemotong video saja. Kendati demikian di dalamnya terdapat fitur yang sangat membantu pengguna yaitu “Merge Video.

Menggunakan fitur “Merge Video” tersebut, mungkin Anda untuk menggabung dua video bahkan lebih menjadi satu video utuh. Sangat membantu bukan? Apabila editing yang dilakukan sudah selesai, maka secara otomatis akan tersimpan pada SD card yang berada pada handphone.

14. Easy Video Cutter

Aplikasi pemotong video yang lain adalah Easy Video Cutter. Hampir mirip seperti aplikasi sebelumnya, namun pada aplikasi ini memiliki fitur yang lebih beragam dan sempurna. Misalnya saja pada menu utama terdapat fitur Cut Video dan Merge Video.

Terdapat juga fitur Extract MP3, Rotate Video, Gif Video, Mute Video dan Speed Video. Selain fitur andalan tersebut, melalui aplikasi Easy Video Cutter Anda juga bisa melakukan Compress Video Size. Dengan aplikasi ini ketika akan melakukan editing, juga tinggal upload dan cutting saja. Jadi tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Pemotong Video di PC Lainnya :

  1. Magisto
  2. Adobe Premiere Rush
  3. Film Maker Pro
  4. My movie Cut Video Editor Maker

Situs Pemotong Video Online Lainnya:

  1. Online Video Cutter
  2. Video2edit
  3. Veed
  4. Canva
  5. Video Cutter js
  6. Clipcham
  7. Clideo
  8. Video Toolbox
  9. Mixmoov
  10. YouTube Video Editor
  11. FileLab Video Editor

Di atas tadi adalah aplikasi pemotong video yang dapat dijadikan pilihan. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan juga perangkat yang dimiliki. Anda juga bisa mencoba beberapa aplikasi gratis untuk membandingkan mana yang terbaik antara aplikasi yang satu dengan aplikasi yang lainnya. Selamat mencoba.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Youtuber di Laptop, Cocok Bagi Pemula Calon Youtuber!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *