Berikut 5 Cara Mengukur Kecepatan Internet di Berbagai Perangkat

Cara Mengukur Kecepatan Internet

Berikut 5 Cara Mengukur Kecepatan Internet di Berbagai Perangkat – Internet saat ini menjadi sektor penting di kehidupan manusia karena semua kegiatan manusia sudah banyak yang menggunakan internet. Tentu kecepatan internet yang digunakan sangatlah penting untuk meningkatkan kinerja. Untuk itu berikut 5 cara mengukur kecepatan internet yang digunakan di hp, laptop, hingga komputer/pc:

Berikut 5 Cara Mengukur Kecepatan Internet di Berbagai Perangkat

1. Melakukan Tes Bandwith Melalui Speedtest.net

Cara Mengukur Kecepatan Internet

Cara mengukur kecepatan internet yang pertama adalah dengan melakukan tes bandwidth. Bandwidth merupakan istilah yang digunakan untuk menghitung jumlah transfer data yang bisa dilakukan di internet. Semakin besar ruang transfer data yang tersedia maka semakin cepat untuk melakukan transfer data melalui internet. Hal tersebut karena data atau permintaan yang dilakukan dapat terakomodasi banyak.

Manfaatnya ketika ingin mengirim file yang besar menjadi lebih cepat karena kapasitas bandwith internetnya yang besar. Speedtest.net adalah platform web yang bertujuan untuk mengecek kecepatan bandwith internet. Setelah mengetahui kecepatan dan kapasitas bandwith , data tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan bandwith atau tidak ke depannya.

2. Mengukur Kecepatan Internet di Bandwith Place

Cara Mengukur Kecepatan Internet

Cara mengukur kecepatan selanjutnya adalah dengan menggunakan website Bandwidth Place. Sistem yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet di sini adalah melalui PING. PING sendiri merupakan data waktu respon dari koneksi internet yang dipakai ketika mengirim suatu data atau permintaan. Hasil PING akan ditampilkan per satuan milidetik.

Pada layanan tersebut juga akan ditampilkan data besarnya bandwidth yang diberikan oleh internet. Jika kapasitas bandwith yang ditampilkan kecil dan pengiriman respon yang lama itu artinya kecepatan internet yang digunakan sangat buruk. Untuk mengatasinya tentu bisa dilakukan dengan meningkatkan kapasitas internet atau dengan mengganti tipe provider internet saat ini dengan yang lebih baik.

3. Menggunakan Aplikasi Opensignal

Cara Mengukur Kecepatan Internet

Aplikasi berikut adalah untuk mengatur sinyal dan kecepatan internet yang berbasis android. Serta, dapat didownload dan diinstal melalui Play Store. Aplikasi berikut akan melakukan tes untuk mengukur kecepatan download, kecepatan upload , dan tes ping tiap 5 detik. Hasil pengukuran akan ditampilkan di akhir dan pengguna bisa melihat kecepatan internet yang sedang digunakan.

Caranya cukup mudah hanya dengan menekan satu tombol maka proses pengukuran kecepatan internet dan kapasitas bandwith langsung dimulai. Selain fitur di atas, juga terdapat fitur test video. Fitur tersebut bertujuan untuk mengatasi masalah video yang buffering, dan isu lemot lainnya seperti ketika menonton video Youtube atau video lainnya.

4. Menggunakan Aplikasi Meteor

Aplikasi berikut juga merupakan aplikasi pengetes internet berbasis android. Aplikasi berikut berguna untuk mengetes kecepatan internet untuk tipe 3G, 4G, 5G baik internet kuota dan wifi.  Terdapat fitur menarik di aplikasi berikut yaitu tes internet berdasarkan lokasi. Hal tersebut dikarenakan biasanya pada beberapa wilayah kecepatan internet dapat berubah berdasarkan kondisinya.

Fitur tersebut bertujuan untuk melihat dan mengetahui di daerah atau wilayah mana saja internet mengalami kecepatan yang bagus. Selain itu juga dimana saja tempat internet menjadi lemot. Data tersebut dikumpulkan dengan sistem historic yang nantinya akan memberikan keterangan titik lokasi tempat berdasarkan kecepatan internet yang terekam sebelumnya.

5. Melakukan Tes Melalui Meter.net

Meter.net merupakan salah satu situs yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet. Sama seperti situs sebelumnya, Meter.net akan mengukur kecepatan unduhan, upload, dan tes PING dari jaringan internet yang digunakan. Pengguna hanya perlu menekan tombol Start untuk memulai proses pengukuran kecepatan internet.

Berikut adalah 5 cara mengukur kecepatan internet yang dapat dilakukan melalui hp, laptop, maupun pc. Tentu masih banyak cara dengan situs atau aplikasi lain yang bisa dipakai untuk mengukur kecepatan internet dan kapasitas bandwidth dari jaringan internet yang dipakai.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet Android.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *