Biaya Asuransi Mobil

Pertanyaan seputar asuransi mobil selalu muncul bagi para pemiliknya. Asuransi memang diperlukan untuk kendaraan demi mencegah pengeluaran yang tidak terduga saat terjadi kerusakan akibat kecelakaan.

Banyak orang berpikir biaya yang akan dikeluarkan untuk asuransi akan besar, tapi apakah ekspektasi ini benar?

Lantas, berapa biaya asuransi mobil? Buat mengetahuinya, mari kita simak dalam artikel berikut!

Biaya Akan Tergantung Jenis Asuransi

Biaya asuransi untuk mobil akan tergantung pada jenis produk asuransi yang Anda gunakan. Produk untuk mobil adalah coverage model All Risk dan TLO.

All Risk adalah asuransi untuk cover kerusakan mobil ukuran besar maupun ukuran kecil. Sedangkan TLO adalah asuransi yang hanya cover biaya kerusakan mobil yang mencapai 75% nilai kendaraan.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa melihat TLO akan selalu lebih murah daripada All Risk karena layanannya terbatas.

Perbedaan biaya umumnya All Risk bisa di atas 1,5 sampai 4 persen per tahun dari harga mobil sedangkan TLO bisa di range sekitar 1 persen ke bawah per tahunnya.

Simulasi Biaya Asuransi Mobil

Untuk memudahkan proses pemahaman, mari lihat simulasi biaya asuransi mobil per tahun berikut ini!

asuransi mobil terbaik

Simulasi Biaya Asuransi All Risk

Umumnya All Risk akan memberikan persen biaya lebih tinggi pada harga mobil paling rendah yaitu antara Rp100 juta sampai Rp125 juta. Karena gambaran ini, Anda bisa hitung biaya 4%dari Rp125 juta.

Biaya kira-kira yang harus Anda bayar adalah 5 juta Rupiah per tahunnya.

Untuk mobil mahal yang sampai Rp800 juta, biaya asuransi All Risk adalah sekitar 1,5%. Dari sini bisa dihitung 1,5% dari Rp800 juta adalah Rp12 juta. Menggunakan perkiraan harga atas dan bawah ini, Anda bisa bayangkan sendiri biaya yang harus disiapkan.

Simulasi Biaya Asuransi TLO

Untuk TLO, biaya paling mahal bisa sampai 1% harga kendaraan. Rate ini bisa lebih murah, tapi untuk perkiraan biaya paling mahal, misalkan saja pakai rate 1% ini.

Jadi untuk mobil seharga 250 juta Rupiah misalnya, Anda harus bayar 1% dikali Rp250 juta adalah Rp2,5 juta. Jadi Anda cukup bayar biaya Rp2,5 juta per tahun.

Tips Memilih Jasa Asuransi Mobil Anda Pas

asuransi mobil

Anda sekarang bisa perkirakan berapa biaya asuransi mobil yang akan dikeluarkan. Simulasi biaya tersebut adalah rata – rata umum yang ada di pasar, tapi bukan berarti Anda tidak bisa temukan harga yang di bawah itu.

Semisal Anda memilih jasa asuransi mobil profesional, bisa saja mereka menyediakan harga yang lebih kompetitif. Untuk temukan jasa asuransi dengan harga seperti ini, Anda bisa gunakan tips-tips berikut ini:

Pastikan Mulai dari Survei

Walaupun rata – rata biaya bisa disimulasi, rate harga per perusahaan asuransi akan berbeda. Karena itu, pastikan survei dulu informasi perusahaan asuransi tersebut.

Jangan sampai sudah ambil asuransi kendaraan mahal, tapi ternyata layanan perusahaan mengecewakan. Lebih baik cari informasi lengkap seputar perusahaan dulu dan jangan hanya fokus soal biaya.

Perhatikan Kontrak dengan Pihak Asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki aturan sendiri seputar kontrak. Sebelum deal, pastikan dulu baca aturan kontrak dengan detail. Jangan sampai sudah setuju tapi ada poin-poin yang ternyata tidak sesuai harapan Anda.

Banyak asuransi yang tawarkan harga murah bermain nakal di kontrak ini, jadi pastikan cek dulu dengan detail.

Utamakan Jasa Asuransi dengan Network Bengkel Rekan yang Luas

Asuransi kendaraan haruslah punya network bengkel yang luas. Hal ini memastikan Anda bisa di-cover jika menggunakan bengkel manapun di daerah Anda.

Anda tentu rugi jika hanya cari biaya asuransi murah tapi tempat bengkel yang bisa dipakai sedikit dan sulit diakses. Karena itu, coba cari tahu soal bengkel rekan dulu sebelum setuju pakai asuransi.

Terbukti Menyediakan Layanan Lengkap

Harga bukan segalanya jika layanan tidak baik. Karena itu, pastikan mereka yang mampu penuhi layanan yang bagus.

Contoh layanan yang bagus adalah menyediakan full support 24 jam, menggunakan platform digital yang mudah digunakan dan tentunya birokrasi cepat dan asuransi mudah diklaim.

Pastikan Lebih Kritis Mengukur Biaya Asuransi Mobil Anda!

Dari bahasan cara simulasi biaya dan tips memilih penyedia jasa yang tepat di atas, Anda sekarang akan lebih cermat menggunakan asuransi kendaraan.

Banyak jasa di Indonesia yang sudah menyediakan layanan baik untuk asuransi kendaraan roda empat, Anda hanya perlu riset mencari yang paling tepat demi kebutuhan Anda.

Semoga bahasan tentang asuransi mobil ini berguna bagi Anda sekalian dan pastikan lebih kritis menentukan pilihan asuransi. Terima kasih sudah baca artikel ini, ikuti terus metroandalas.co.id untuk mendapatkan informasi menarik seputar teknologi dan update!

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × one =