Canggih! Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek Sekarang Sudah Bisa!

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek

Canggih! Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek Sekarang Sudah Bisa! – BPJS Kesehatan adalah salah satu bagian yang selalu digendu-gendukan oleh mereka yang memilikinya. Wajar banyak yang ingin tahu cara bayar BPJS kesehatan lewat Gojek.

Tentu saja hal ini dikarenakan jauh lebih canggih dan bisa dilakukan hanya sembari di rumah saja. Di zaman yang serba modern ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk bayar BPJS kesehatan.

Anda yang punya rekening bisa bayar via bank, Anda yang memiliki uang tunai bisa membayarnya secara tunai, atau Anda yang punya saldo Gopay bisa pelajari bagaimana cara bayar BPJS kesehatan lewat Gojek. Pastinya tidak ada yang susah jika Anda baca ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek Paling Mudah

BPJS kesehatan dewasa ini sudah merata ke seluruh rakyat Indonesia. Bahkan tidak dapat dipungkiri mereka yang sebagai warga negara asing dan sudah menetap di Indonesia pun memiliki BPJSnya.

Nah! Agar tidak buang-buang waktu atau terjadi antrean panjang, terlebih di masa pandemic ini, ternyata Anda bisa bayar BPJS kesehatan online. Salah satunya adalah lewat aplikasi Gojek. Maka bagaimana cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek?

BPJS dengan KIS, Apakah Sama?

BPJS kesehatan dengan KIS, paakah keduanya sama? Nah! Ternyata sering kali banyak orang yang menanyakan hal demikian. Karena memang meski keduanya dikatakan berbeda ternyata masih memiliki kesamaan.

Nah! Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara bayar BPJS kesehatan lewat Gojek, aplikasi yang bisa digunakan pesan ojek online, ternyata Anda bisa kenalan dulu antara BPJS dengan KIS.

  1. Perbedaan BPJS dan KIS itu Apa

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek

Inilah pertanyaan yang sering muncul di kalangan banyak orang. Keduanya mungkin bisa dianggap sama. Namun, tahukah Anda? Sejatinya keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Amda yang ingin tahu BPJS kesehatan dan KIS itu apa, inilah bedanya.

a. Segi Konsep

Jika Anda ingin tahu cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek tetapi masih bertanya-tanya apa perbedaan keduanya dengan KIS, maka bisa kita lihat dari konsepnya. Kalau BPJS adalah Badan Hukum Publik untuk jaminan kesehatan SJSN, lain dengan KIS.

KIS alias Kartu Indonesia Sehat merupakan program SJSN yang diperuntukan bagi para warga Indonesia, khususnya bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi. Nah! Meski keduanya agak mirip, namun jelas sangat berbeda, ya.

Adapaun dari segi desainnya dahulu memang sempat mengalami perbedaan di antara keduanya. Namun, kini baik BPJS dan KIS keduanya sama-sama mengusung desain KIS sebagai tampilannya. Bagaimana cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek?

b. Segi Peserta

Perbedaan berikutnya yang bisa diketahui baik dari KIS maupun BPJS adalah segi kepesertaannya. Kalau BPJS lebih condong ke siapa saja bisa menjadi peserta, bahkan warga negara asing yang sudah menetap di Indonesia sekurang-kurangnya 6 bulan.

Adapun Anda bisa dapatkan BPJS kesehatan dari perusahaan lokasi Anda kerja dengan ketersediaan BPJS kesehatan. Daftarnya sih bisa secara online, dengan mengunjungi kantor BPJS terdekat. Sama juga dengan cara bayar BPJS kesehatan lewat Gojek.

Lantas perbedaannya dengan KIS bisa kita saksikan pada golongannya. KIS alias Kartu Indonesia sehat lebih diperuntukan bagi mereka yang ekonominya kurang mampu. Namun, dengan syarat harus sudah terdaftar di PPLS tahun 2011 didata oleh BPS.

KIS ini nantinya akan didistribusikan oleh BPJS kesehatan melalui perantara puskesmas terdekat kepada seluruh penerima KIS. Jadi sudah jelas beda dengan BPJS, ya! Cara bayar BPJS kesehatan lewat Gojek juga mudah dilakukan di zaman sekarang.

c. Bayaran Iurannya

Perbedaan selanjutnya antara BPJS dengan KIS adalah bayaran iuran yang terjadi setiap bulannya. Bisa dikatakan kalau KIS kan diperuntukan bagi mereka yang kurang mampu, maka tidak akan dikenakan biaya iuran. Alasannya sebab sudah ditanggung pemerintah.

Berbeda dengan BPJS, justru harus membayar iuran setiap bulannya. Ada besaran tertentu yang dikenakan para pemegang kartu BPJS. Pembayarannya juga tidak sulit,. Apa lagi zaman semakin modern. Cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek pun bisa.

Anda juga bisa membayranya melalui virtual account. Di mana nantinya tinggal memasukan nomor kartu BPJS beserta nomor pesertanya.

  1. Persamaam BPJS dan KIS

Setelah kita tahu apa perbedaan yang ada di dalam BPJS dan KIS serta tahu kalau cara bayar BPJS kesehatan lewat Gojek sudah bisa dilakukan, ternyata keduanya juga memiliki persamaan. Terutama dari segi layanannya.

Meski diperuntukan bagi golongan yang berebda, ternyata dari segi layanannya keduanya tidak dibedakan. Beruntung sekali, ya! Hal ini sangat membantu, terutama mereka-mereka yang membutuhkan.

So, baik dari segi persalinan juga tidak memiliki perbedaan baik BPJS kesehatan maupun Kartu Indonesia sehat. Meski kini sudah ada cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek dan terkesan lebih elite, sih.

Adapun bagi Anda pemegang Kartu Indonesia Sehat juga berkesempatan mendapatkan seluruh layanan, lho! Misalkan Anda sedang hamil, maka perawatan masa kehamilan, proses persalinan hingga rawat inap sudah ditanggung.

Jika Anda belum memiliki KIS atau BPJS maka bisa hubungi kantor BPJS terdekat dan segera memprosesnya agar mendapatkan bantuan. Itulah sekilas perbedaan KIS dan BPJS yang kini sudah bisa melalui cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek Cepat

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek

Seperti yang sudah kita ketahu, bayar iuran BPJS kini semakin canggih dengan paduan teknologi. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Gojek yang biasa digunakan untuk pesan ojek online. Maka cara melakukan pembayarannya seperti apa, ya?

  1. Buka Aplikasi Gojek. Pastikan Anda sudah melakukan login.
  2. Masuk ke menu Layanan dengan cara swipe ke atas pada bagain tampilan awal
  3. Masuk ke menu GoBills, maka akan muncul beberapa icon untuk melakukan pembayaran
  4. Karena Anda akan bayar BPJS iuran, maka klik BPJS
  5. Memilih bulan pembayaran BPJS yang diinginkan
  6. Pada autodebet Anda tinggal isikan tidak, sebab jika iya maka akan terjadi autu pembayaran
  7. Tekan icon Lanjut untuk melanjutkan ke proses pembayaran
  8. Pastikan saldo gopay Anda cukup, sebab pembayaran dilakukan menggunakan gopay
  9. Untuk melakukan proses pembayaran Anda bisa tekan Bayar Sekarang.

Bagaimana? Sekarang sudah bisa melakukan cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek, bukan? Nah! Misalnya gopay Anda habis, maka tidak bisa melakukan transaksi pembayarn lewat gojek. Sehingga harus mengisinya terlebih dahulu. Caranya seperti apa?

  1. Kunjungi minimarket terdekat yang menyediakan transaksi gopay
  2. Beri tahukan nomor yang digunakan untuk Gopay
  3. Beri tahukan nominal yang akan ditransaksikan. Biasanya, minimal transaksi Rp 20.000 dengan biaya admin 2000
  4. Tunggu beberapa saat hingga kasir melakukan transaksi
  5. Jika sudah, lakukan cek saldo gopay dengan cara masuk ke menu lainnya -> tekan Riwayat.
  6. Jika sudah, simpan transaksi sebagai bukti yang sah jika suatu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa perbedaan BPJS dan KIS serta cara bayar BPJS kesehatan lewat gojek dengan mudah. Sekarang Anda sudah bisa melakukannya dengan mudah, bukan?

Baca Juga : Cara Bayar Tagihan Gopay Paylater Yang mudah dan Cepat

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 1 =