Mudah! Ternyata Inilah Cara Mengetahui Wifi Dipakai Siapa Saja

Cara Mengetahui Wifi Dipakai Siapa Saja

Mudah! Ternyata Inilah Cara Mengetahui Wifi Dipakai Siapa Saja – Beberapa pengguna pasti merasa kesal jika wifi yang digunakan terasa lemot. Biasanya masalah seperti ini terjadi lantaran banyaknya pengguna wifi yang sedang aktif menggunakan jaringan wifi sehingga membuat wifi lemot saat digunakan. Bagaimana cara mengetahui wifi dipakai siapa saja? Ternyata ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui pengguna wifi bahkan hingga memblokirnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

Mudah! Ternyata Inilah Cara Mengetahui Wifi Dipakai Siapa Saja

1. Menggunakan Aplikasi Fing

Cara Mengetahui Wifi Dipakai Siapa Saja

Cara pertama yang dapat dilakukan sebagai solusi dari cara mengetahui wifi dipakai siapa saja yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan aplikasi Fing. Aplikasi ini dapat ditemui pada Google Play Store dan dapat diunduh secara cuma-cuma oleh pengguna. Terdapat fitur dimana memungkinkan penggunanya melihat siapa saja yang tengah menggunakan wifi bahkan dengan akurat memperlihatkan merk ponsel yang sedang terhubung dengan wifi.

Bukan itu saja, Fing juga dapat memindai perangkat lain seperti laptop hingga komputer yang juga tengah tersambung wifi, bahkan sekaligus dapat memblokirnya. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengunduhnya dan membuka aplikasi. Lalu, kemudian memindai perangkat yang terhubung dengan wifi.

2. Memakai Who’s on My Wifi

Cara Mengetahui Wifi Dipakai Siapa Saja

Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan memakai aplikasi Who’s on My Wifi. Hampir serupa dengan cara pertama, bedanya hanyalah aplikasi yang digunakan saja. Apk ini terbilang lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi yang sudah dibahas di awal tadi. Bedanya, aplikasi ini hanya menampilkan alamat IP dan jenis perangkatnya saja sedangkan apk Fing dapat menampilkan nama perangkatnya juga.

Meskipun begitu, aplikasi ini terbilang efektif jika hanya untuk mengetahui jumlah pengguna wifi dan cocok untuk yang menginginkan aplikasi yang lebih ringan dibanding Fing. Cara penggunaannya juga hampir serupa, yakni cukup mengunduhnya dan mengizinkan aplikasi mengakses perangkat lalu pilihlah opsi memindai perangkat yang terhubung. Seluruh perangkat yang terkoneksi dengan wifi akan langsung ditampilkan.

3. Menggunakan Wifi Scanner

Aplikasi ketiga yang dapat dijadikan menjadi alat yang mudah untuk melihat siapa saja pengguna wifi adalah wifi scanner. Layaknya aplikasi diawal, aplikasi ini juga terbilang efektif untuk digunakan. Lantaran aplikasi ini juga dapat menampilkan siapa saja yang sedang menggunakan wifi. Informasi yang mendetail berupa nama perangkat hingga terdapat fitur untuk melihat history penggunaan wifi.

4. Memakai Who Uses My Wifi

Cara lain yang dapat digunakan yang hampir sama dengan ketiga cara diatas adalah dengan memakai aplikasi Who Uses My Wifi. Pengguna hanya perlu mengunduhnya dan mengaktifkannya, pengguna akan mendapatkan berbagai informasi mendetail mengenai siapa saja yang sedang menggunakan wifi. Sama halnya dengan beberapa aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, aplikasi ini juga menawarkan fitur yang sangat lengkap.

5. Cara Mengetahui Wifi Dipakai Siapa Saja, Memakai Perintah CMD

Berbeda dengan keempat cara di atas, cara yang satu ini tanpa memerlukan aplikasi ketiga untuk mengetahui para pengguna wifi. Cara ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang memiliki laptop. Langkah dan caranya terbilang mudah, yakni dengan membuka laptop lalu mengklik kombinasi tombol win+ R.

Lalu, mengetikkan CMD dan otomatis laptop akan mengarahkan ke perintah CMD. Jika sudah maka ketikkan saja perintah “Net View” lalu ketikkan lagi perintah “arp-a”. Secara otomatis perangkat akan menampilkan siapa saja yang menggunakan wifi.

Itulah kelima cara mengetahui wifi dipakai siapa saja yang dapat dicoba. Sekarang tak perlu lagi kesal ataupun penasaran siapa saja yang sedang menghubungkan perangkatnya pada wifi. Hanya memilih menggunakan cara yang mana atau mungkin aplikasi apa yang akan digunakan untuk melihat pemakai wifi, secara otomatis pengguna akan mengetahui secara detail siapa saja yang sedang menggunakan wifi bahkan dapat memblokirnya.

Baca Juga : Aplikasi Mempercepat Wifi

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 2 =