Canva, Aplikasi Desain Grafis Multiguna

Canva Aplikasi Desain Grafis Multiguna – Aplikasi apa yang menurut Anda mudah, praktis tanpa berpikir dan langsung tersedia dalam satu ruang. Yups, inilah canvas aplikasi design yang mudah, cepat dan tanpa berpikir untuk mencari inspirasi pun di aplikasi ini sudah ada dan tersedia semua.

Di canva tidak perlu berpikir keras maupun mencari inspirasi. Entah itu dari sumber terpercaya seperti google, youtube ataupun media lainnya. Aplikasi yang diciptakan sebagai media promosi bagi pengusaha, pemula maupun profesional.

Banyak aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Namun, apa salahnya sebagai pengguna  mencoba aplikasi yang satu ini. Nah, daripada semakin penasaran langsung saja disimak. Sebelumnya apakah sudah mengetahui mengenai canva?

Apakah itu Canva?

Tahukah Anda apakah Canva? Merupakan aplikasi pihak ketiga yang khusus digunakan untuk membuat gambar media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai contoh gambar untuk dipakai. Terdapat dua jenis, yaitu  layanan yang gratis kedua layanan berbayar.

Disini tidak perlu takut akan mengcopy atau mengambil karya milik orang lain. Semua gambar atau desain bisa dimiliki gratis tanpa harus ijin kepada pemilik aslinya. Saat mencoba aplikasi lain dengan fungsi dan kegunaan yang sama. Biasanya akan ditemukan tools asing yang bahkan tidak tahu cara menggunakannya.

Tetapi pada aplikasi ini tidak berlaku demikian, sebab Anda hanya membutuhkan text untuk memasukkan karya seperti apa yang diinginkan. Pengalaman tidak dibutuhkan pada aplikasi canva. Mudah dan sederhana sekali aplikasi ini dan tentunya semua orang pun pasti akan beradaptasi dengan cepat apabila menggunakannya.

Untuk yang baru mengetahuinya mungkin sebaiknya mengetahui kelebihan dari aplikasi ini untuk dijadikan perbandingan dengan aplikasi lain. 

Kelebihan Canva

Dibawah ini adalah kelebihan dari aplikasi canva yang patut anda ketahui. Lantas apa saja kelebihan dari aplikasi pihak ketiga yang sangat keren ini? 

1.Dapat Masuk Melalui Web dan Android.

Aplikasi ini sangat mudah dan ringan dapat juga masuk melalui web canva.com

2. Interface Simple Tapi Komplit.

Untuk tampilannya sendiripun tidak banyak tools yang menyulitkan pengguna, bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

3. Menyediakan Berbagai Template Langsung Edit

Berbeda dengan aplikasi lain disini tidak perlu berkreasi membuat tambahan gambar karena template sudah tersedia.

4. Kaya Fitur

Berbagai macam fitur yang digunakan tidak lain untuk memudahkan dalam penggunaan aplikasi ini. Fitur lengkap dan mudah.

5. Dapat di Unduh dan di Share dengan berbagai format

Terkadang pada aplikasi lain hanya bertitik pada beberapa format saja. Namun, Anda dapat save dengan format yang beragam.

6.Tidak Membutuhkan Ruang Penyimpanan.

Benar adanya bawa aplikasi canva ini tidak membutuhkan banyak ruangan karena dapat desain langsung di situs resminya.

7. Tersedia Fitur Save Otomatis

Yang paling keren dari aplikasi pihak ketiga ini adalah fitur otomatis simpan. Anda tidak perlu khawatir bila terjadi kehilangan data.

8. Bisa menghasilkan uang

Uniknya aplikasi ini adalah pengguna yang berumur 18 tahun dapat gabung menjadi kontributor canva. Dengan demikian, dapat menghasilkan uang dari karya desain yang diciptakan.

Kekurangan Canva

1. Hanya Bisa Masuk Melalui Online.

Aplikasi yang hanya bisa masuk melalui web resminya saja, karena canva berbasis web. Namun, pengguna tetap dapat menggunakan melalui offline.

2. Fitur Baru Dapat Masuk Melalui Akun Premium.

Aplikasi pihak ketiga memang kaya akan fitur. Namun, ada fitur yang harus membayar dahulu bila ingin menggunakannya. Seperti misalnya menghapus background foto, template, foto, elemen premium, mengunduh kualitas besar, hingga mendownload dengan latar belakang transparan.

3. Membutuhkan Sinyal Internet yang Stabil

Jika ingin mengaksesnya maka, harus memiliki jaringan yang stabil. Sebab canva berbasis web,  dengan demikian harus memiliki sinyal internet yang stabil.

4. Mengunduh Desain Video Terlalu Lama

Kelemahan lainnya adalah proses pengunduhan yang lumayan menyita waktu.

5. Belum Ada Fitur Insert Tabel untuk Membuat Slide Presentasi

Merupakan gudangnya template, namun masih memiliki kelemahan tidak memiliki tabel seperti ms.word.

6. Kode Warna Jadi Buram Saat Diunduh

Terjadi perbedaan warna saat mengunduh misal text dengan biru air saat di unduh menjadi biru biasa.

Canva merupakan salah satu edit foto sejuta umat. Karena lengkapnya fitur membuat orang selalu mengedit foto di aplikasi ini. Selain edit foto, aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk edit video. Maksimalkan fitur-fitur yang ada di aplikasi Canva sehingga anda akan mendapatkan hasil editan yang maksimal.

Baca Juga: 42 Aplikasi Penghasil Uang, 100 Persen Membayar

Nah, itulah tadi pembahasan perihal kelebihan dan kekurangan aplikasi canva serta apa itu aplikasi tersebut. Mudah mudahan menjadi bermanfaat bagi anda dan pembaca lainnya.

Gunakan fitur aplikasi Canva yang dengan semaksimal mungkin, agar hasil editan fotomu manjadi  memuaskan dan indah.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin