20 Cara Bayar Pakai QRIS BNI dengan Mudah

Cara Bayar Pakai QRIS BNI –  Kode QR standar indonesia atau Quick response Code Indonesia yang disingkat menjadi QRIS merupakan standar kode QR yang dikembangkan oleh bank indonesia dan asosiasi sistem pembayaran indonesia yang memiliki tujuan untuk mengintegrasikan seluruh pembayaran non tunai di indonesia.

Cara Bayar Pakai QRIS BNI dengan Mudah

Apa Itu QRIS?

Sebelum QRIS diresmikan oleh bank indonesia, setiap jasa sistem pembayaran menyediakan kode QR yang berbeda beda untuk setiap merchant. Seperti contoh, pembeli harus memiliki akun Go Pay jika merchant nya hanya menyediakan kode QR GoPay saja. menilik dari permasalahan tersebut bank indonesia menganggap hal tersebut tidaklah praktis, bank indonesia memutuskan untuk mengintegrasikan atau menggabungkan semua metode pembayaran seperti Ovo,GoPay,Link Aja,Dana,ShopeePay,Motion Pay dan seluruh penyedia jasa sistem pembayaran yang telah terdaftar di bank indonesia (BI) .

QRIS dapat dioperasikan untuk semua ponsel cerdas yang anda miliki seperti android maupun iphone yang sudah mendukung pemindaian kode QR. Tidak seperti kode QR biasa yang hanya bisa dipindai dengan  satu aplikasi PJSP,  QRIS dapat dipindai dengan semua aplikasi PJSP yang terdaftar. terdapat dua metode dalam pembayaran yang tersedia: QRIS statis dan QRIS dinamis. QRIS statis pada umumnya dipasang secara permanen di depan toko, sedangkan QRIS dinamis muncul pada layar EDC atau monitor.

Manfaat Adanya QRIS

QRIS merupakan terobosan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat karena  tidak hanya bagi pelaku bisnis dan merchant, tetapi juga bagi konsumen yang membayar sangat dipermudah.

Manfaat QRIS Untuk pedagang

1. Perdagangan lebih mudah

Jika Anda adalah seorang pedagang yang telah menggunakan QRIS, yang Anda butuhkan hanyalah kode QR saja. Tentu saja hal ini  ini menyederhanakan dan mempercepat transaksi.

2. Opsi pembayaran lainnya

Dengan QRIS, pembeli dapat memilih pembayaran digital dari e-wallet favorit mereka tanpa mengkhawatirkan ketersediaan kode QR untuk pembayaran. dari hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kemungkinan dalam pembelian serta pembayaran tanpa uang tunai atau non tunai.

3. Pencegahan penipuan

Penipuan uang palsu masih sering terjadi hingga saat ini. Namun, jika Anda menggunakan kode QR, tidak ada yang seperti itu karena ini adalah pembayaran tanpa uang tunai.

4. Mendaftar sebagai trader sangat mudah

Tidak perlu mendaftar secara terpisah dengan bank atau e-wallet yang berbeda. Cukup mendaftar dengan QRIS untuk menerima pembayaran dari mana saja.

Manfaat QRIS Untuk konsumen

1. Berbagai metode pembayaran

Keuntungan menggunakan QRIS sebagai pembeli adalah Anda tidak perlu lagi khawatir tentang alternatif mana yang lebih baik dari yang lain.

Saat merchant menggunakan QRIS, pembayaran dapat dilakukan menggunakan aplikasi pembayaran apa pun yang dimiliki merchant karena kode QR sudah terstandarisasi.

2. Transaksi cepat

pembayaran digital, terutama yang menggunakan Pembayaran QRIS, pasti lebih cepat daripada pembayaran tunai. Tidak perlu menunggu kasir memberikan kembalian atau dibatasi oleh orang lain. Selain itu, pembayaran digital juga lebih transparan.

3. Batas Transaksi QRIS

QRIS memiliki limit dalam setiap transaksi pembayaran sebesar Rp 2.000.000. Namun, ada juga alasan yang melatar belakangi hal tersebut atau bulan yang telah diterapkan pengguna di bawah ketentuan PJSP. Tentu saja, latar belakang ide dari setiap manajemen risiko pengguna adalah tetap.

Biaya Transaksi QRIS Saat membayar dengan QRIS, ada istilah yang disebut Merchant Discount Rate (MDR). Tingkat rabat dealer QRIS adalah 0,7% dan dibayar oleh mitra atau dealer. Dibandingkan dengan biaya transaksi Pembayaran Nasional (GPN) yang mencapai 1%, angka ini tentu lebih kecil dan lebih menguntungkan user.

Metode Pembayaran Melalui QRIS

Metode pembayarannya melalui QRIS, konsumen dapat memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang di ponselnya. Selanjutnya, konsumen harus mendaftar ke salah satu PJSP.

Ingatlah untuk memastikan ada saldo yang tersedia untuk melakukan sebuah transaksi. Hanya melalui aplikasi, konsumen dapat memindai QRIS di merchant yang diinginkan, memasukkan jumlah transaksi yang diinginkan , mengotorisasi transaksi atau memonitoring, dan kemudian mengkonfirmasi pembayaran ke pemasok barang atau jasa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BI, syarat dan ketentuan penggunaan pembayaran QRIS adalah sebagai berikut:

1. Mode Layanan Vendor Statis (BPM)

merchant hanya perlu menunjukkan satu tayangan QRIS. Kemudian pengguna tinggal menscan, lalu memasukkan nominal transaksi yang diinginkan, PIN dan klik transaksi pembayaran. Setelah itu, notifikasi transaksi akan langsung diterima oleh pengguna dan pelaku merchant . QRIS MPM Statis sangatlah cocok untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

2. Mode layanan pedagang dinamis (MPM)

Kode QR akan dikeluarkan melalui perangkat seperti mesin EDC atau smartphone. Ini dapat dilakukan secara gratis. Merchant haruslah memasukkan jumlah pembayaran  terlebih dahulu, yang selanjutnya pelanggan dapat memindai QRIS melalui telepon seluler. QRIS MPM dinamis ini sangat cocok untuk merchant dengan volume sedang hingga besar atau tinggi.

3. Mode Layanan Pelanggan (BPS)

BPS masih dalam versi beta. Pelanggan kemudian cukup menunjukkan QRIS yang ditampilkan dari aplikasi pembayaran pelanggan untuk dipindai oleh merchant. QRIS CPM lebih untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi seperti retailer modern, penyedia parkir, dan lain sebagainya.

Cara Bayar Menggunakan QRIS BNI Dalam Pembayaran Online

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi merchant atau pusat perbelanjaan online yang sudah mendukung fitur QRIS kemudian beli beberapa barang dan setelah itu anda akan melakukan pembayaran.
  • Buka aplikasi QRIS pada telepon anda dan pilih metode pembayaran.
  • Selanjutnya pada tahap ini anda dapat memilih metode pembayaran melalui ikon QRIS BNI.
  • Kemudian klik tombol bayar untuk melakukan pembayaran.
  • Setelah anda memilih tombol bayar maka anda akan mendapatkan sebuah QR Code yang dapat di scan saat melakukan pembayaran di merchant.
  • Pertama, Anda bisa masuk ke aplikasi mobile BNI, pilih ikon QRIS.
  • Kedua, pindai kode QR yang Anda terima dari Handphone atau Anda dapat mengunduh gambar kode QR yang telah diunduh sebelumnya.
  • Setelah itu akan muncul pembelian buku yang akan dibayar, selanjutnya anda bisa menekan tombol bayar. Jika transaksi berhasil, akan muncul pesan transaksi berhasil.
  • Transaksi berhasil

Cara Bayar Pakai QRIS BNI Dalam Pembayaran di tempat merchant

Cara bayar pakai QRIS BNI sangatlah mudah, anda tinggal mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi merchant atau pusat perbelanjaan offline yang sudah mendukung fitur QRIS kemudian beli beberapa barang dan setelah itu anda akan melakukan pembayaran.
  • Buka aplikasi BNI dan Klik Ikon QRIS pada telepon anda
  • Buka aplikasi BNI pada telepon pintar anda.Loginn menggunakan pin yang anda miliki.
  • selanjutnya pilih metode pembayaran.
  • Klik ikon QRIS.
  • Scan kode Qr kode yang ada pada merchant.
  • Pilih nominal pembayaran yang ingin anda lakukan.
  • Selanjutnya masukkan pin BNI anda.
  • Konfirmasi pembayaran oleh user
  • Konfirmasi oleh merchant
  • Transaksi selesai dan otomatis saldo BNI anda akan terpotong dalam pembayaran tersebut

Teknologi QRIS selain memiliki banyak kelebihan ternyata ada beberapa kekurangan yang dimiliki QRIS sebagai metode pembayaran non tunai.

Kekurangan Penggunaan QRIS sebagai Media Transaksi

Berikut saya rangkum beberapa kekurangan QRIS sebagai metode pembayaran non tunai

  • Harus memiliki device yang mendung QR kode minimal android 5 keatas.
  • Transaksi harus menggunakan internet.
  • Dalam setiap transaksi dibatasi hanya sebesar 2 juta rupiah dan jika anda ingin  melakukan. transaksi di atas 2 juta rupiah maka anda harus menggunakan atm.

Beberapa kekurangan transaksi pembayaran menggunakan QRIS di atas dapat Anda kaji ulang.

Baca Juga: 17 Cara Tarik Tunai BNI Tanpa Kartu, Banyak Keuntungannya

Mudah bukan bertransaksi atau melakukan pembayaran menggunakan metode QRIS Bank BNI. Jika dirasa memudahkan anda maka tunggu apa lagi, ayo segera gunakan.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin