Cara Aktivasi Layanan LinkAja Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara Aktivasi Layanan LinkAja Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara Aktivasi Layanan LinkAja Melalui Aplikasi MyTelkomsel dan Bagaimana Cara Melakukan Pengisian Saldo LinkAja – Nama LinkAja mungkin terdengar asing di telinga beberapa orang atau bahkan ada juga orang-orang yang hanya tau nama LinkAja tapi tidak mengetahui fungsi dan kegunaannya. Bagi anda yang kurang mengetahui tentang apa itu LinkAja mari simak beberapa hal seputar LinkAja serta bagaimana cara aktivasi layanan LinkAja melalui aplikasi Mytelkomsel dan bagaimana cara melakukan pengisian saldo LinkAja berikut ini.

Mengenal Apa Itu LinkAja Serta Bagaimana Cara Mengaktifkan Layanannya Melalui Aplikasi MyTelkomsel dan Bagaimana Cara Melakukan Pengisian Saldo LinkAja

  1. Apa Itu LinkAja

Cara Aktivasi Layanan LinkAja Melalui Aplikasi MyTelkomsel

LinkAja merupakan sebuah uang digital yang dikeluarkan oleh Telkomsel dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Inilah yang membuat anda dapat melakukan cara aktivasi layanan LinkAja melalui aplikasi Mytelkomsel. Awalnya LinkAja dikenal dengan nama Telkomsel Cash atau TCASH dan dikeluarkan pada tahun 2007. Kemudian pada tahun 2015 Telkomsel kembali mengeluarkan TCASH TAP yang membuat para pengguna TCASH dapat melakukan pembayaran menggunakan teknologi NFC.

Pada tahun 2017 Bank Indonesia mengeluarkan sertifikasi untuk TCASH sebagai bisnis uang elektronik Indonesia. Selanjutnya pada tanggal 21 Februari 2019 TCASH akhirnya berubah menjadi LinkAja dan mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia untuk menerbitkan uang elektronik dan sudah bekerja sama dengan banyak sekali bank besar di Indonesia seperti BCA, BRI dan BNI.

  1. Fitur-Fitur yang Ada di LinkAja

Cara Aktivasi Layanan LinkAja Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Untuk mempermudah para penggunanya LinkAja menawarkan 7 fitur menarik. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa LinkAja merupakan uang digital jadi bisa digunakan untuk membayar atau membeli sesuatu. Berikut adalah beberapa fitur pembayaran atau pembelian yang bisa dilakukan menggunakan LinkAja.

Pertama ada fitur telekomunikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk membayar pulsa pasca bayar, membeli pulsa prabayar, membeli paket data internet, dan membeli paket roaming. Fitur kedua adalah Beli atau Bayar Tagihan. Pada fitur ini para pengguna LinkAja bisa melakukan pembayaran listrik, pembayaran PDAM, pembayaran TV kabel, pembayaran telepon, pembelian gas, pembayaran internet, rekening virtual, pasar online, properti, dan pembayaran pendidikan.

Fitur ketiga adalah Transportasi yang memungkinkan para pengguna LinkAja melakukan pembelian tiket kapal laut, pembelian tiket kereta api, pembelian tiket bus, pembelian tiket pesawat terbang, membeli kendaraan, membeli bahan bakar, dan membayar parkir. Fitur keempat adalah Uang Elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan top up e-Money.

Fitur kelima adalah Keuangan yang memungkinkan para pengguna LinkAja untuk membayar tagihan, melakukan peminjaman, membayar asuransi, membayar BPJS, pegadaian, dan reksadana. Selanjutnya fitur keenam adalah Pajak dan Retribusi yang bisa digunakan untuk membayar pajak.

Terakhir yang ketujuh adalah fitur LinkAja berbagi, yang bisa digunakan untuk membagi saldo LinkAja ke teman atau orang terdekat. Semua fitur tersebut tidak hanya bisa digunakan dari aplikasi LinkAja, tetapi anda juga bisa digunakan melalui aplikasi MyTelkomsel. Untuk cara aktivasi layanan LinkAja melalui aplikasi Mytelkomsel akan kita bahas, jadi simak sampai selesai.

  1. Cara Melakukan Aktivasi LinkAja dari Aplikasi MyTelkomsel

Untuk cara aktivasi layanan LinkAja melalui aplikasi Mytelkomsel pertama-tama jelas anda harus memiliki aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu. Jika belum memiliki aplikasi MyTelkomsel anda bisa mendownloadnya di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau di App Store untuk pengguna smartphone iOS. Setelah menginstal MyTelkomsel anda bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Setelah masuk ke aplikasi MyTelkomsel silahkan login menggunakan nomor hp telkomsel anda yang masih aktif, karena anda akan menerima sms untuk melakukan verifikasi login. Jika berhasil melakukan login maka anda akan dibawa masuk kedalam halaman utama aplikasi MyTelkomsel, dari halaman utama tersebut silahkan scroll ke bagian bawah sampai menemukan tombol Aktifkan LinkAja. Tekan tombol tersebut untuk memulai proses aktivasi LinkAja.

Setelah anda menekan tombol Aktifasi LinkAja, Telkomsel akan memberikan penjelasan secara detail mengenai apa itu LinkAja dan apa saja keuntungan yang bisa anda peroleh dengan menggunakan LinkAja. Baca secara seksama untuk lebih memahami tentang apa itu LinkAja beserta fitur-fiturnya. Jika sudah membaca semuanya maka anda bisa menekan tombol Aktifkan Sekarang yang berada di bagian bawah.

Setelah menekan tombol Aktifkan Sekarang anda akan diminta untuk membuat pin LinkAja dengan kombinasi 6 digit angka. Tekan lanjut jika anda sudah memasukan 6 digit pin LinkAja, selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan kembali 6 digit pin LinkAja yang sudah anda buat sebelumnya. Tekan kirim untuk menyelesaikan pembuatan 6 digit pin LinkAja.

Setelah menekan tombol kirim maka proses aktivasi sudah selesai. Pada halaman terakhir ini anda akan ditunjukan bagaimana cara mengisi saldo LinkAja, dimana anda bisa melakukan pengisian saldo LinkAja melalui GraPARI, Transfer dari Bank BCA, Transfer dari ATM Bersama, dan menggunakan Mobile Banking.

  1. Cara Melakukan Top Up atau Pengisian Saldo LinkAja

Setelah mengetahui bagaimana cara aktivasi layanan LinkAja melalui aplikasi Mytelkomsel dan sudah mengaktifkan LinkAja di aplikasi MyTelkomsel, selanjutnya anda bisa melakukan top up atau pengisian saldo LinkAJa. Kali ini mari kita bahas beberapa cara melakukan pengisian saldo LinkAja.

Cara yang pertama adalah melakukan pengisian saldo LinkAja melalui GraPARI. Caranya dengan mendatangi GraPARI di kota anda kemudian ambil nomor ambil nomor antrian. Setelah nomor anda dipanggil silahkan informasikan kepada kasir GraPARI bahwa anda ingin melakukan pengisian saldo LinkAja, informasikan nomor Telkomsel anda dan nominal saldo yang ingin anda isi. Ikuti langkah-langkah yang diminta untuk menyelesaikan proses pengisian saldo LinkAja.

Cara selanjutnya bisa dilakukan menggunakan Transfer dari Bank BCA. Caranya dengan mendatangi ATM BCA terdekat kemudian masukan kartu BCA dan pin anda. Tekan Transaksi Lainnya, lalu pilih Transfer, kemudian pilih Ke BCA Virtual Account kemudian masukan kode 09110 (kode BCA) diikuti nomor Telkomsel anda. Contoh 091100852******. Selanjutnya masukan nominal yang diinginkan, dan cek apakah nomor tujuan dan nominal sudah benar. Jika sudah maka tekan YA dan selesaikan proses transfer tersebut.

Cara berikutnya menggunakan Mobile Banking BCA atau yang dikenal dengan nama m-BCA. Caranya masuk ke aplikasi m-BCA kemudian masukan kode akses m-BCA anda, setelah itu pilih menu m-Transfer, lalu pilih BCA Virtual Account, masukan kode 09110 (kode BCA) diikuti nomor Telkomsel anda. Contoh 091100852******. Berikutnya masukan nominal yang diinginkan lalu masukan PIN m-BCA anda. Baca detail transfer tersebut untuk memastikan tidak ada kesalah, tekan OK untuk menyelesaikan proses pengisian saldo LinkAja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai LinkAja serta cara aktivasi layanan LinkAja melalui aplikasi Mytelkomsel dan bagaimana cara melakukan pengisian saldo LinkAja. LinkAja yang merupakan sebuah uang digital sangat membantu di era modern ini, apalagi untuk urusan membayar atau membeli sesuatu. Dimana para penggunanya tidak perlu repot-repot mendatangi sebuah tempat untuk melakukan transaksi pembayaran atau pembelian.

Baca Juga : Cara Transfer Pulsa Telkomsel

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − fifteen =