Cara Batalkan Paket Telkomsel dengan Beberapa Metode

Cara Batalkan Paket Telkomsel

Cara Batalkan Paket Telkomsel dengan Beberapa Metode – Telkomsel adalah salah satu provider yang menyediakan beragam layanan. Setiap layanan biasanya disediakan dalam sistem paket. Semua paket yang ada bisa dibeli dan dihentikan. Jika ingin membeli paket Telkomsel pasti sudah banyak yang tahu. Lalu, bagaimana cara batalkan paket Telkomsel yang sudah dibeli?

Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa metode yang bisa diaplikasikan. Setiap metode bisa dipakai oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Setiap metode yang ada akan diuraikan pada pembahasan kali ini. Berikut adalah daftar cara atau metode pembatalan paket Telkomsel yang sudah dibeli:

Cara Batalkan Paket Telkomsel dengan Beberapa Metode

1. Menggunakan Kode USSD

Cara Batalkan Paket Telkomsel

Cara pertama yang bisa diaplikasikan adalah menggunakan kode USSD. Dengan memanfaatkan kode ini, pengguna bisa langsung masuk ke menu Telkomsel dan melakukan pembatalan paket. Langkah yang harus dilakukan juga harus berurutan. Bagi yang belum tahu caranya, berikut adalah urutan yang tepat:

  • Masuk ke menu panggilan yang ada di perangkat.
  • Ketikkan kode *363# lalu tekan tombol panggil yang ada di bagian bawah.
  • Jika sudah muncul menu lain, maka pengguna bisa melihat daftar paket yang sedang disediakan Telkomsel. Pilih “Berhenti” untuk melanjutkan proses.
  • Setelah itu, pilih “Berhenti S/K” yang ada di daftar pilihan.
  • Apabila sudah, tunggu sistem memproses keinginan. Jika disetujui, maka akan muncul notifikasi bahwa paket sudah dihentikan.

Jika ingin cara yang simpel, maka cara pertama ini bisa dijadikan pilihan bagi pengguna. Selain simpel, cara ini juga tidak membutuhkan pulsa, jaringan internet, atau pun tambahan aplikasi. Sehingga sangat murah untuk dilakukan serta mudah untuk diimplementasikan. Semua orang bisa melakukannya asal mengikuti cara yang sudah disediakan.

2. Cara Batalkan Paket Telkomsel, Memanfaatkan Unreg SMS

Selain menggunakan kode USSD, cara batalkan paket Telkomsel lainnya adalah dengan memanfaatkan unreg SMS. Dengan cara ini, pengguna juga tidak perlu pulsa atau jaringan internet. Pengguna hanya perlu aplikasi SMS yang sudah ada di perangkat tanpa proses pengunduhan. Inilah cara yang bisa dipakai:

  • Buka aplikasi SMS di perangkat pribadi.
  • Pastikan sudah tahu paket apa yang akan dihentikan. Jika belum tahu, coba cek terlebih dahulu.
  • Masukkan nama paket beserta kode “Off”. Misal sedang menggunakan paket Flash Volume Based, maka masukkan kode FLASH (spasi) OFF. Apabila ingin menghentikan paket lain, maka bisa disesuaikan.
  • Jika sudah, kirim format tersebut ke nomor 3636.
  • Tunggu proses selesai. Jika sudah, maka pesan akan dibalas dengan isi pesan bahwa paket sudah dihentikan.

3. Memakai Aplikasi dari Telkomsel

Penggunaan aplikasi dari Telkomsel juga bisa dipilih. Jika memakai aplikasi, maka akan sangat efektif karena semua kebutuhan bisa dilakukan di satu tempat. Selain itu, pengguna tidak perlu menghafalkan kode atau nomor seperti pada cara pertama serta kedua di atas. Simak cara berikut ini agar bisa diaplikasikan secara langsung:

  • Unduh dan lakukan pemasangan aplikasi MyTelkomsel di perangkat yang dipakai. Aplikasi ini bisa didapat di tempat pengunduhan aplikasi.
  • Jika sudah terpasang, buka aplikasinya dan lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  • Apabila sudah memiliki akun, maka pengguna bisa masuk ke menu “My Account”.
  • Setelah itu, masuk pada menu “My Package” dan pilih paket yang akan dihentikan.
  • Pencet tombol “Berhenti” pada paket yang dipilih.
  • Lalu pencet tombol “Ok” untuk mengakhiri proses.

Cara ini memang efektif untuk dipilih. Karena pengguna hanya perlu masuk ke menu yang sudah disediakan oleh aplikasi. Namun, pengguna harus mengunduh aplikasi MyTelkomsel dan harus menyediakan jaringan internet. Tanpa dua hal ini, maka proses menghentikan paket tidak bisa dilakukan.

4. Menggunakan SMS untuk Menghentikan Paket Telepon

Cara Batalkan Paket Telkomsel

Selain paket internet, Telkomsel juga menyediakan paket telepon untuk penggunanya. Jika ingin berhenti paket seperti ini, maka ada caranya juga. Media yang bisa dipakai adalah aplikasi SMS yang sudah ada di perangkat. Bagi yang belum paham caranya, berikut adalah daftar cara yang bisa diaplikasikan:

  • Masuk ke menu SMS.
  • Ketik tulisan “OFF” dan kirim ke nomor 3636.
  • Tunggu konfirmasi dari pihak Telkomsel. Jika sudah ada notifikasi, maka proses sudah selesai.

Namun jika pengguna memakai paket Talk Mania, maka cara yang dipakai berbeda. Paket ini adalah salah satu paket telepon yang memberikan banyak kemudahan kepada penggunanya. Meski sama-sama paket telepon, tapi metode yang diterapkan berbeda. Inilah cara yang harus dipakai untuk menghentikan paket Talk Mania:

  • Buka aplikasi pesan untuk mengirim SMS.
  • Masukkan kode TM (spasi) OFF dan kirim ke 8999.
  • Jika sudah ada notifikasi berhasil, maka proses sudah bisa dikatakan selesai.

5. Memanfaatkan Unreg SMS untuk Menghentikan NSP/RBT

Terkadang, pengguna tidak sadar kalau sudah memakai paket RBT/NSP. Karena hal ini, pengguna ingin menghentikan paketnya. Maka, cara batalkan paket Telkomsel yang bisa dipakai adalah dengan unreg SMS. Media yang diperlukan hanya aplikasi pesan saja. Simak cara mudahnya di bawah ini secara cermat:

  • Masuk ke menu pesan di perangkat pribadi.
  • Ketikkan kode untuk proses penghentian paket. Kode pertama adalah RING (spasi) OFF. Sedangkan kode kedua adalah RING (spasi) UNSUB (spasi) KODE LAGU. Dua format atau kode ini bisa dipakai menyesuaikan jenis paket.
  • Kirim kode tersebut ke nomor 1212.
  • Jika sudah ada balasan berhasil, maka segala prosesnya sudah selesai.

Jika tidak segera mendapat balasan dari pihak Telkomsel, bisa jadi dikarenakan jaringan yang sedang tidak stabil. Tunggu saja hingga pesan masuk. Apabila sudah ditunggu lama tapi tidak segera mendapat balasan, maka proses tersebut bisa diulang lagi. Hal ini berlaku jika ada notifikasi proses yang dilakukan gagal.

6. Cara Batalkan Paket Telkomsel, Menggunakan Layanan Pelanggan

Cara Batalkan Paket Telkomsel

Jika merasa kesulitan dengan semua cara di atas, maka pengguna bisa memanfaatkan layanan pelanggan Telkomsel. Nomor yang bisa dihubungi adalah 118. Pengguna hanya perlu melakukan panggilan pada nomor tersebut. Nantinya, akan ada petugas yang menanyakan apa paket yang akan dihentikan beserta nomor yang dipakai.

Apabila sudah menyampaikan informasi yang dibutuhkan, maka proses bisa dilakukan oleh pihak Telkomsel. Pelanggan juga bisa menyampaikan maksud melalui DM di media sosial Telkomsel. Namun, cara ini tergolong cara yang tidak efektif karena harus menunggu lama untuk ditanggapi pihak Telkomsel.

7. Mendatangi GraPARI atau Memanfaatkan MyGraPARI

Misalkan sudah mengaplikasikan semua cara namun masih tidak bisa menghentikan paket, maka ada satu cara yang bisa dijadikan solusi. Cara batalkan paket Telkomsel yang terakhir adalah dengan mengunjungi kantor GraPARI. Dengan demikian, pihak GraPARI akan membantu proses penghentian paket.

Aplikasi MyGraPARI juga bisa digunakan jika tidak bisa datang ke kantornya. Namun, jika memanfaatkan cara ini maka pengguna harus bersabar menunggu untuk ditanggapi oleh pihak GraPARI. Selain itu, pengguna juga harus menunggu hingga proses penghentian paket bisa berhasil dengan lancar.

Itulah tujuh cara batalkan paket Telkomsel dengan berbagai metode berbeda. Jika ingin menghentikan paket Telkomsel, pengguna hanya perlu memilih salah satu metode di atas untuk diaplikasikan. Asal mengikuti caranya dengan baik dan benar, maka segala prosesnya tidak akan menimbulkan kendala berarti.

Baca Juga : Cara Menggunakan Kuota Multimedia Telkomsel

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 − five =