12 Cara Bayar Pakai QRIS Mandiri Terbaru 2022

Cara Bayar Pakai QRIS Mandiri Terbaru 2022 – Metode pembayaran saat ini memang sudah sangat berbeda dengan metode pembayaran sebelumnya. Jika dulu menggunakan uang secara tunai atau dengan sistem barter sekarang sudah beralih menggunakan dompet digital yang banyak tersedia dan populer di Indonesia seperti: Dana, Ovo, ShopeePay, Linkaja, dan lain sebagainya.

Melakukan transaksi dengan menggunakan dompet digital tentunya sangat mudah an menghemat waktu serta biasa. Hanya dengan bantuan smartphone kamu sudah bisa melakukan pembayaran atau tarik tunai dengan cepat dan aman.

Semakin majunya teknologi dan komunikasi membuat developer-developer aplikasi berlomba-lomba untuk membuat sebuah software yang dapat membantu dan meringankan pekerjaan pengelolaan keuangan manusia.

Cara Bayar Pakai QRIS Mandiri Terbaru 2022

Apa Kelebihan QRIS?

Contohnya saja QRIS platform keuangan yang mulai banyak diminati masyarakat Indonesia bahkan dunia. Qris kini sudah berlaku secara resmi di Thailand. Kenapa banyak yang menggunakan qris? Apa kelebihannya?

1. Transaksi Menggunakan Qris Lebih Cepat

Menggunakan qris untuk melakukan transaksi atau pembayaran secara online adalah pilihan yang sangat tepat. Karena menggunakan jasa qris sangat cepat dan efisien.

Dengan metode cashless dari qris memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi lebih cepat tanpa harus membawa uang tunai secara langsung.

2. Proses Transaksi Jual Beli Mudah

Belanja online menggunakan Qris juga sangat mudah karena kamu tidak perlu mendaftar berbagai merchant untuk menyediakan berbagai sistem pembayaran. Kamu hanya perlu menggunakan satu akun qris untuk melakukan pembayaran di berbagai toko online.

Hanya dengan scan kode QR transaksi kamu sudah terselesaikan. Jika kamu sebagai penjual kamu juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk menerima pembayaran. Sampai saat ini sudah banyak dompet digital yang mendukung adanya platform qris

3. Bisa Digunakan Untuk Berbagai Macam Metode Pembayaran

QRIS juga memberikan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan berbagai macam metode yang diminati setiap orang. Sehingga pengguna yang menggunakan metode pembayaran yang berbeda tetap bisa menggunakan layanan qris

4. Tidak Ada Lagi Uang Palsu

Jika kamu menggunakan qris secara langsung kamu sudah membantu menghilangkan tindak kejahatan penyebaran uang palsu. Pasalnya jika menggunakan qris kamu tidak perlu membawa uang secara tunai melainkan hanya membawa smartphone saja.

5. Transaksi Menggunakan QRIS Lebih Hemat

Melakukan pembayaran menggunakan qris tentunya akan sangat menghemat biaya operasional kamu. Karena tidak perlu jauh-jauh datang ke bank untuk melakukan pembayaran.

6. Transaksi Menggunakan Qris Keamanan Lebih Terjamin

Transaksi menggunakan qris tentunya sangat aman misal, jika ada kejanggalan saat menggunakan jasa qris kamu bisa melaporkannya ke pihak qris dan jika disetujui uang kamu akan kembali.

Metode yang digunakan qris sama seperti transfer antar rekening di bank sehingga perlu memasukkan password. Oleh karena itu keamanan transaksi qris sangat terjamin.

Di samping kelebihan ternyata qris juga memiliki beberapa kekurangan. Meskipun tidak banyak kekurangan, hal ini cukup membuat nasabah beralih menggunakan metode pembayaran lain.

Apa Kekurangan QRIS?

Apa saja kekurangan layanan qris? Simak penjelasan berikut:

1. Jumlah Transaksi Terbatas

Mungkin bagi kamu yang ingin melakukan transaksi dalam jumlah banyak tidak cocok menggunakan qris, nominal maksimal dalam sekali transaksi adalah sebesar 2 juta rupiah

2. Dikenakan Biaya Transaksi

Sama dengan platform lain, menggunakan qris juga akan dikenakan biaya admin sebesar 0,7% dari transfer. Namun biaya yang ditetapkan qris tergolong sangat murah daripada biaya  GPN sebesar 1%.dari transfer.

3. Adanya Ancaman Kejahatan Digital

Ancaman terhadap peretasan dan pengambilan data memang tidak bisa kita pungkiri, apapun platform yang kita gunakan ancaman kejahatan pasti tetap ada. Tapi pak qris terus mengupayakan agar pelanggan mereka tetap nyaman melakukan transaksi dengan qris.

Di atas kamu sudah mengetahui sekilas tentang media transaksi yaitu qris, apakah tertarik menggunakannya? Jika iya, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk mendaftar:

Cara Daftar Akun QRIS Dengan Mudah

  1. Langkah pertama kamu harus mengisi dan mengunggah data dengan lengkap dan sesuai dengan arahan
  2. Jika sudah melakukan pengisian data dengan lengkap kamu harus mengisi tanda tangan sebagai bukti persetujuan yang sah
  3. Tunggu proses verifikasi data berhasil. Jika sudah kamu akan secara langsung didaftarkan ke PTEN (Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional) secara manual.
  4. Tunggu verifikasi dari PTEN.
  5. Nantinya kamu akan dikirimkan password dan username melalui SMS atau Gmail
  6. Kamu akan melakukan pengujian terhadap kode QR dan selanjutnya akan diarahkan ke halaman desain
  7. Setelah melakukan desain, kamu bisa mengunduh qris secara langsung.

Jika kamu sudah mempunyai akun qris kamu sudah bisa melakukan pembayaran atau transaksi online dengan menggunakan layanan dompet digital atau menggunakan layanan bank terkait, seperti bank mandiri.

Bank mandiri mendukung sistem qris untuk melakukan transaksi non tunai. Bagaimana caranya? Sebelum itu kamu harus mengetahui syarat dan ketentuan sebelum melakukan transaksi menggunakan qris mandiri.

Syarat Dan Ketentuan Menggunakan Layanan Qris Mandiri.

  1. Pertama, pastikan kamu memiliki rekening perorangan atau bisnis yang aktif
  2. Memiliki alamat email aktif
  3. Mempunyai legalitas yang jelas sebagai  Badan Usaha/Organisasi/Tempat Usaha legal (memiliki dokumen legal lengkap seperti akta pendirian, surat penunjukkan/surat kuasa, surat ke pengurusan, SIUP, TDP dll)
  4. Untuk keperluan Usaha/Mitra Perorangan, wajib melampirkan KTP Pengurus aktif
  5. Untuk keperluan Usaha/Mitra Non Perorangan, wajib melampirkan KTP & NPWP Pengurus
  6. Pastikan Mengisi Form Pengajuan QR Statis

Cara Mendaftar Sebagai Merchant atau Mitra QRIS Dengan Bank Mandiri

  1. Langkah pertama, hubungi call center atau mendatangi cabang Bank Mandiri dan akan dihubungkan dengan petugas Bank Mandiri di wilayah Calon Merchant/Mitra terdekat
  2. Isi form aplikasi yang diberikan petugas bank dan lampirkan formulir legalitas
  3. Proses pendaftaran kamu akan diproses kurang lebih selama 5 hari setelah data Calon Merchant/Mitra lengkap
  4. Setelah itu kamu akan diberikan kode QRIS mandiri aktif berupa softcopy file melalui email atau hardcopy (cetak)

Cara Bayar Pakai QRIS Mandiri di Berbagai Merchant

  1. Langkah pertama, unduh aplikasi Livin’ by Mandiri.di play store atau app store
  2. Buat username dan password. Pastikan password kamu merupakan gabungan antara huruf, angka, dan simbol
  3. Langsung login menggunakan username dan password yang kamu buat
  4. Klik tab menu “Scan QR”
  5. Tentukan nominal yang akan kamu bayarkan
  6. Konfirmasi pembayaran dan masukkan PIN qris mandiri kamu.

Cara Bayar Payment Pakai QRIS Mandiri

  1. Langkah pertama, klik icon Scan QR pada halaman dashboard Mandiri Online.
  2. Klik tab menu Scan QR. Kemudian lakukan scan QR secara manual di Merchant.
  3. Tentukan nominal yang akan kamu bayarkan
  4. Cek status pembayaran apakah sudah benar
  5. Jika sudah klik “Konfirmasi pembayaran” dan masukkan PIN qris mandiri kamu.
  6. Selesai

Baca Juga: 20 Cara Isi Saldo E-Toll Lewat M-banking Bank Mandiri

Menggunakan QRIS mandiri sangat memudahkan kita melakukan pembayaran saat transaksi jual beli. Selain itu kita juga tidak usah repot repot membawa uang cash saat melakukan pembayaran.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin