Cara Cek Barcode Menggunakan Aplikasi QR ? Barcode Scanner

Cara Cek Barcode

Cara Cek Barcode Menggunakan Aplikasi QR ? Barcode Scanner – Penggunaan barcode sudah sering digunakan. Dulu barcode hanya digunakan untuk produk makanan, minuman, dan kesehatan. Namun saat ini, barcode digunakan untuk media pembayaran, tiket pariwisata, dan belanja. Hebatnya lagi, saat ini pengecekan barcode sudah bisa menggunakan smartphone. Berikut cara cek barcode menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner di Smartphone:

Cara Cek Barcode Menggunakan Aplikasi QR ? Barcode Scanner

1. Unduh Aplikasi Di Play Store

Cara Cek Barcode

Bagi para pengguna Smartphone Android, bisa menggunakan Play Store untuk mendownload aplikasi ini. Sedangkan bagi pengguna Iphone bisa di App Store. Caranya buka Play Store atau App Store kemudian search QR & Barcode Scanner. Pilih yang berlambang kode QR dengan bingkai warna biru. Karena ada banyak aplikasi serupa.

Aplikasi ini diciptakan oleh Gamma Play. Rating di Play Store yaitu 4,7 dari skala 5. Penilaian ratingnya menunjukkan bagus untuk digunakan dan sangat direkomendasikan karena aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari seratus juta pengguna. Apalagi, ukuran datanya kecil yaitu 5,4 mb. Jadi tidak banyak menghabiskan banyak media penyimpanan ponsel.

Hal yang menarik dari aplikasi ini yaitu bisa melakukan pembacaan pada banyak jenis QR maupun Barcode, seperti QR atau Barcode produk, lokasi, Wi-fi, ISBN, url, teks, kontak telepon, kalender, dan masih banyak lagi. Jadi pengguna hanya satu aplikasi saja di smartphone, sudah bisa melakukan banyak pengecekan QR maupun Barcode.

2. Buka Aplikasinya

Cara Cek Barcode

Setelah aplikasi selesai diunduh, maka langsung saja buka aplikasinya. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil jadi tidak membutuhkan waktu banyak dan tidak membebani ponsel saat membuka aplikasinya. Setelah terbuka, bisa langsung digunakan tanpa perlu koneksi internet.

3. Arahkan Kamera Ponsel Ke Barcode

Apabila aplikasinya sudah terbuka, akan muncul notifikasi bahwa aplikasi ingin meminta akses pada kamera ponsel. Klik saja allow atau izinkan. Karena kamera ponsel ini nantinya yang akan digunakan sebagai cara cek barcode. Setelah kamera terbuka, langsung arahkan kamera ke barcode yang ingin di cek. Tunggu sebentar sampai barcode terbaca.

4. Muncul Hasil Pengecekan QR atau Barcode

Tidak perlu waktu lama apabila kamera smartphone memiliki kualitas kamera yang bagus. Namun apabila kameranya tidak bagus, maka butuh waktu untuk bisa terbaca. Setelah proses pembacaan selesai, maka akan muncul hasil pengecekan. Jika QR atau Barcode yang di cek memiliki link url, maka akan muncul link url nya.

5. Cara Cek Barcode, Pilih Salin, Bagikan, atau Buka Link

Setelah hasil pengecekan QR atau Barcode sudah muncul, pengguna bisa memilih untuk menyalin link url atau hasil dari pengecekan Barcode. Jadi pengguna tidak perlu menyalin secara manual. Tinggal copy saja supaya hasil pengecekan tidak hilang atau tidak lupa.

Tidak hanya menyalin, aplikasi QR & Barcode Scanner ini juga bisa membagikan hasil pengecekan. Pengguna bisa membagikannya ke Whatsapp, Telegram, Email, dan lain-lain. Cukup memudahkan pengguna untuk melaporkan atau membagikan informasi dari pengecekan barcode ke pengguna lainnya.

Selain itu, pengguna juga bisa langsung membuka link url hasil pengecekan. Karena pada aplikasi ini, memiliki pilihan untuk buka browser. Apabila pengguna meng-klik ini, maka aplikasi akan membuka browser dan mengarahkan ke hasil pengecekan barcode. Jadi pengguna bisa mengeceknya secara langsung.

Itulah 5 cara cek barcode yang bisa pengguna lakukan pada saat menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner. Cara-cara yang dijabarkan sangat mudah dilakukan. Karena memang aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan pengguna dalam pengecekan QR maupun barcode secara cepat.

Baca Juga : Aplikasi Scan Barcode Wifi Paling Unggul Di Era Ini.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − 8 =