10 Kumpulan Situs Online Untuk Mengubah File MS Word ke PDF, Gampang Pakainya

Kumpulan Situs Online Untuk Mengubah File MS Word ke PDF, Gampang Pakainya

Kumpulan Situs Online Untuk Mengubah File MS Word ke PDF, Gampang Pakainya – Kumpulan situs online untuk mengubah file MS Word ke PDF merupakan hal yang penting untuk mendukung kebutuhan administrasi, terutama yang berhubungan langsung dengan dokumen. Sebab, pada masa kini format tersebut dirasakan lebih fleksibel dibandingkan dengan bentuk yang lainnya, misalkan doc. atau docx.

Selain itu pula, bentuk Pdf memiliki beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan daripada dalam bentuk docx nya. Salah satunya adalah tampilan yang sulit berubah jika diakses menggunakan perangkat yang berbeda bahkan jika penerimanya menggunakan Android.

Kumpulan Situs Online Untuk Mengubah File MS Word ke PDF

Kumpulan situs online untuk mengubah file MS Word ke PDF dapat dijadikan salah satu pilihan jika Anda tidak ingin menginstal program baru pada komputer atau telepon genggam yang digunakan sebagai pengolah kata. Kelebihan lainnya adalah laman tersebut dapat diakses menggunakan perangkat selain komputer.

Adapun situs-situs online tersebut memiliki kelebihan yang sama antara satu dengan yang lainnya. Penggunaannya pun tergolong mudah, bahkan untuk dimanfaatkan juga oleh mereka yang mungkin tidak familiar dengan program pengolah kata khusus pengubah format ke .pdf.

1. SodaPdf

Laman SodaPDF dapat anda gunakan untuk mengubah dokumen Word ke dalam format PDF. Pilihannya ada langsung mengunggah berkas tersebut dari laptop atau komputer atau dari penyimpanan Cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Selanjutnya segera masukkan ke dalam kotak Converter PDF untuk memulai prosesnya.

Setelah proses selesai Anda dapat mengunduh file konversi PDF tersebut langsung ke dalam komputer. Atau bahkan langsung menyimpannya ke dalam Google Drive serta mengirimkan sebuah email ke penerima dengan tautan agar ia dapat membuka format PDF tersebut secara langsung.

2. PDFCandy

Candi merupakan salah satu situs dong converter Word ke dalam bentuk PDF. Anda dapat mengaksesnya menggunakan browser apapun. Manfaatkan kelebihan laman ini dengan kemudahan mengaksesnya menggunakan dengan berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux, Chromebook, iOS dan Android.

3. Ilovepdf

Website pengubah format ke .pdf ini dapat dijadikan salah satu pilihan sebagai converter dokumen, Kelebihannya adalah pengguna dapat langsung mengubah file yang Anda simpan di Google Drive ataupun Dropbox. Dengan keuntungan ini pekerjaannya tersebut akan lebih mudah.

Proses pengubahan formatnya pun jauh lebih mudah yaitu tinggal upload dokumen dalam bentuk word yang akan diubah ke PDF. Kemudian menekan tombol convert to PDF. Selanjutnya biarkanlah sistem pada halaman tersebut yang bekerja. Setelah selesai Anda tinggal mengunduh hasilnya.

4. Convertio

Situs ini juga merupakan halaman yang memberikan layanan pengubahan format doc ke PDF. Caranya pun sangat mudah Anda tinggal mengambil dokumen dari komputer, Google Drive, atau Dropbox lalu menaruhnya pada halaman tersebut. Bahkan dapat memanfaatkan url jika menyimpannya dalam bentuk online.

Setelah prosesnya selesai Anda dapat langsung mengunduh hasilnya ke dalam perangkat komputer yang digunakan. Kualitasnya pun sangat baik dan tidak akan merubah penampilan bahkan ketika dokumen tersebut dibuka menggunakan telepon genggam.

5. Freepdfconvert

Situs ini menawarkan 2 jenis pelayanan yaitu versi berbayar dengan membership dalam jangka waktu tertentu serta pemanfaatan secara gratis. Pengubahan dalam bentuk PDF nya yaitu dengan cara mengunggah file dari laptop atau komputerr bisa juga dengan mengubah dokumen Word dari alamat url tertentu.

Langkah terakhir tadi dapat Anda lakukan jika sering menyimpan bentuk dokumen doc dalam secara online dan ingin mengubahnya menjadi format PDF tanpa perlu melakukan unduhan dokumen terlebih dahulu ke perangkat laptop atau PC. Oleh karenanya ini dapat dijadikan pilihan untuk pengiriman format dokumen.

Proses pengubahan format dokumen nya pun sangat mudah anda tinggal memilih file tertentu kemudian menekan tombol convert. Lanjutkan dengan melakukan proses unggahan pada situs tersebut dan selanjutnya konversi akan dimulai. Setelah selesai maka bisa mengunduhnya dan menyimpan dalam bentuk Google Drive.

6. Topdf

Laman converter dokumen .doc atau .docx ke PDF yang paling populer penggunaannya melalui Android adalah Topdf. Sebab dokumen tersebut tidak akan berantakan tampilannya ketika diakses menggunakan telepon genggam. Sehingga memudahkan bagi para user yang terbiasa bekerja menggunakan perangkat tersebut.

Kelebihan dari situs itu adalah Anda bisa mengunggah file berformat doc atau .docx sampai paling banyak 20 buah. Sehingga penggunaan situs ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin bekerja cepat sambil menggabungkan dokumen bentuk PDF menjadi satu berkas.

Kendati demikian ada salah satu kekurangan yang harus Anda perhatikan yaitu situs tersebut akan menyimpan seluruh dokumen hasil pengubahannya dalam format Zip. Hal itulah yang menyebabkan anda tidak memiliki pilihan lain ketika akan menyimpannya kecuali mengunduhnya terlebih dahulu ke perangkat kerja komputer.

7. Pdf2go

Lama ini merupakan sebuah situs converter DP PDF yang dapat Anda gunakan untuk mengkonversi dokumen berformat Word ke PDF secara online. Anda dapat melakukannya dengan cara paling mudah Yaitu mengambil file pada folder tersimpan pada laptop atau komputer.

Pilihan lainnya adalah dengan memasukkan dokumen yang disimpan pada Google Drive ataupun Dropbox. Jika ternyata berkas tersebut tersimpan dalam bentuk online maka tinggal menautkan url dokumen tersebut dan langsung melakukan proses pengubahan pada kotak converter yang telah disediakan.

8. Smallpdf

Situs ini tidak berbeda dengan ilovepdf yang memberikan kemudahan untuk mengambil dokumen yang akan diubah dari Google Drive dan Dropbox. Setelah itu kemudian dapat menyimpannya secara langsung kedua penyimpanan cloud tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda yang biasa bekerja menggunakan penyimpanan cloud.

9. Avepdf

Ini juga merupakan salah satu converter word to PDF secara online yang aman. Bahkan 30 menit setelah Anda melakukan proses konversi dokumen tersebut akan langsung terhapus dari sistemnya. Pilihan lainnya adalah Anda dapat menghapusnya secara manual setelah proses konversi selesai.

Caranya pun sangat mudah untuk memulainya. Tariklah dokumen yang akan Andaudah dan berada pada dalam perangkat komputer atau laptop ke dalam kotak yang telah disediakan. Atau bisa juga langsung mengambilnya dari penyimpanan cloud Google Drive dan Dropbox. Jika disimpan dalam bentuk online masukkan juga alamat url-nya.

Besarnya dokumen yang dapat diubah dengan menggunakan situs ini adalah sebesar 256 MB. Setelah proses pengkonversian selesai Anda dapat langsung menyimpannya dalam perangkat laptop ataupun memasukkannya ke dalam penyimpanan berbasis Cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

10. Convertonlinefree

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh situs ini adalah dapat mengubah banyak file dengan proses pengompresan terlebih dahulu dalam bentuk format Zip. Sangat cocok bagi Anda yang yang perlu mengubah banyak dokumen dalam satu waktu itu maksimal 20 berkas dalam format doc atau docx.

Setelah proses pengubahan format selesai maka seluruh file tersebut dapat diunduh ke PC. Anda tidak memiliki pilihan untuk menyimpannya secara langsung ke Google Drive atau. Jika menginginkan hal tersebut harus melalui proses decompres yang dilakukan menggunakan laptop atau PC.

Mengingat kemudahannya, Anda perlu juga melihat apakah situs tersebut secara otomatis menyimpan hasil konversi yang dilakukan oleh sistem. jika hal itu terjadi maka pastikanlah bahwa dokumen yang anda ubah sudah terhapus dari laman tersebut sebelum meninggalkan.

Baca Juga: 6 Cara Edit File PDF, Cara Terakhir Lebih Praktis

Kumpulan situs online untuk mengubah file MS Word ke PDF di atas dapat Anda akses menggunakan browser yang biasa sudah diinstal pada perangkat yang Anda gunakan. Tentu saja semua situs online mengubah format Word ke PDF tersebut akan memudahkan seluruh pekerjaan Anda terutama bagi yang bekerja dalam bidang administrasi.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin