Ingin Menjaga Privasi File_ Lakukan Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Ini

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Ingin Menjaga Privasi File_ Lakukan Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Ini – Penguncian aplikasi merupakan salah satu upaya untuk menjaga data dan file penting yang terdapat di dalamnya. Hal ini juga bisa menjadi cara membatasi aplikasi apa yang bisa diakses oleh anak usia dini. Biasanya pengguna mengunduh aplikasi untuk mengunci apps tertentu, namun berbeda dengan Xiaomi. Ada cara mengunci aplikasi di Hp Xiaomi yang bisa dilakukan tanpa bantuan apps tambahan. Pengguna hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah seperti berikut:

Ingin Menjaga Privasi File_ Lakukan Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi Ini

1. Membuka Pengaturan dan Memilih Aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Buka menu pengaturan di hp Xiaomi. Geser layar sampai menemukan opsi bernama “Kunci Aplikasi”. Ini merupakan fitur bawaan dari Xiaomi yang dikhususkan untuk mengunci aplikasi tertentu untuk menjaga file yang ada di dalamnya dari orang selain pengguna. Carilah aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Caranya dengan menekan dan menahan logo aplikasi yang dipilih sehingga keluar tanda centang. Klik pada apps lainnya yang ingin dikunci.

2. Membuat Sandi untuk Mengunci Aplikasi

Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi

Klik pada tulisan “Setel Sandi” setelah sudah yakin dengan aplikasi yang dipilih. Cara mengunci aplikasi di Xiaomi berikutnya yaitu mulai membuat sandi. Pola ini akan digunakan untuk membuka aplikasi yang dikunci, sehingga hanya pengguna atau orang terpercaya yang bisa membukanya. Buatlah pola yang tidak terlalu sederhana, namun masih bisa diingat. Pola ini akan berlaku untuk semua aplikasi yang dikunci.

Pengguna yang tidak ingin menggunakan pola bisa memilih opsi lain seperti PIN atau sandi. Sebaiknya membuat PIN dengan angka paling sedikit empat digit. Bila memilih sandi, disarankan membuat password dari kombinasi karakter seperti angka, huruf kapital, dan simbol unik. Sesudah membuat sandinya, lanjutkan dengan konfirmasi yaitu mengulang pola. Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Menambahkan Akun mi

Tambahkan akun mi melalui opsi “Tambah” yang muncul di layar. Langkah ini bertujuan untuk alternatif jika seandainya melupakan pola sandi yang telah dibuat. Akun mi dihubungkan dengan kunci untuk memudahkan penggunanya masuk kembali ke aplikasi jika lupa polanya.

Pengguna akan diminta untuk membuat ulang sandi yang baru setelah masuk menuju akun mi tersebut. Apabila tidak ingin membuatnya sekarang, pilih “Nanti”. Hal ini sangat disarankan untuk mencegah situasi tidak diinginkan akibat lupa sandi.

4. Cara Mengunci Aplikasi di Xiaomi, Menambahkan Aplikasi Lainnya

Perhatikan tampilan di menu “Kunci Aplikasi”. Pada tampilan ini terdapat nama serta jumlah aplikasi yang telah dikunci (Apl terkunci) serta yang belum dikunci (Apl tidak dikunci). Cara mengunci aplikasi di Xiaomi sangat fleksibel, sehingga pengguna bisa mengurangi maupun menambahkan apps untuk dikunci. Apabila ingin menambah apps lain untuk dikunci, pengguna hanya perlu menekan tombol lingkaran di sebelah nama aplikasi sehingga warnanya berubah menjadi hijau dan masuk ke list “Apl Terkunci”.

5. Melakukan Pengaturan Lainnya

Tekan pada lambang berbentuk roda gigi yang ada di bagian atas layar untuk melakukan pengaturan lain sesuai keinginan. Pada menu ini terdapat beberapa pilihan seperti setelan penguncian, mengubah sandi, menampilkan pola, sembunyikan konten, juga opsi untuk membuka kunci pada semua aplikasi. Pengguna bisa mengaktifkan dan menonaktifkan tergantung kebutuhan.

Demikianlah informasi tentang cara mengunci aplikasi di Xiaomi. Wajar bahwa seseorang bisa memiliki hal yang tidak ingin dilihat orang lain, contohnya catatan keuangan pribadi, potret masa lalu, dan lain sebagainya. Privasi merupakan hal yang sangat penting, sehingga mengunci ponsel saja masih belum cukup untuk memastikannya. Oleh karena itulah penguncian aplikasi tertentu banyak dilakukan pengguna ponsel modern saat ini.

Baca Juga : Cara Cek IMEI Xiaomi Asli Atau Palsu

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *