7 Cara Cek Penerima BSU Ketenagakerjaan Terbaru 2022

Cara Cek Penerima BSU Ketenagakerjaan Terbaru 2022, Cek BSU, Penerima BSU

Cara Cek Penerima BSU BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022 – Kabar gembira untuk Anda yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, yaitu BSU (Bantuan Subsidi Upah). Pada tahun 2022, pemerintah kembali memberikan bantuan tersebut kepada 8,8 juta pekerja di tanah air dan kabarnya, BSU untuk 2022, pemerintah akan memberikan dana sebesar Rp 1 juta kepada masing-masing pekerja. Berdasarkan perkataan yang telah dikutip dari Susiwijono Moegiarso selaku sekretariat kementrian kordinator prekonomian, bantuan ini dikhususkan untuk para pekerja yang telah memenuhi kriteria utama, yaitu pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 3,5 juta.

Apa itu BSU?

Beberapa orang mungkin baru pertama kali mendengar bantuan jenis ini dan berkeinginan untuk mencoba mendapatkannya. Pertama-tama, Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan BSU, tujuannya, target, dan lain sebagainya. BSU yang merupakan singkatan dari Bantuan Subsidi Upah merupakan salah satu bentuk pemerintah untuk keuangan negara yang terpuruk akibat Pandemi COVID-19 (Corona) yang terjadi hampir 2 tahun ini. Kebijakan tersebut bertujuan untuk membantu memulihkan keuangan negara dengan memberikan bantuan kepada para pekerja yang membutuhkan dan terkena dampak dari pandemi.

Program bantuan ini pertama kali dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2020 dan telah dilakukan secara simbolik oleh Bapak Joko Widodo selaku Presiden RI. Pada awalnya, anggaran yang dibutuhkan oleh program ini mencapai Rp 37,7 trilliun dan terus meningkat sesuai dengan aturan dan perencanaan yang berwenang. Tujuan dari bantuan BSU adalah untuk mempertahankan, melindungi, serta meningkatkan kemampuan ekonomi daripada pekerja atau buruh yang mendapat efek negatif akibat Pandemi Corona (COVID-19).

Syarat Menjadi Penerima BSU 2022

Bantuan yang disebut juga sebagai BLT gaji Rp 1 juta ini memerlukan syarat-syarat untuk bisa menjadi penerima. Berdasarkan keterangan yang dikuti dari halaman website resmi Kemenaker, syarat untuk menerima bantuan BSU 2022 adalah sebagai berikut;

  1. Pekerja atau buruh harus berstatus WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Memiliki BPJS yang masih aktif.
  3. Bekerja di area PPKM Level 3 dan Level 4 yang telah diatur oleh pemerintah.
  4. Pekerja atau buruh memiliki gaji kurang dari 3,5 juta per bulan.
  5. Lebih mengutamakan kepada pekerja atau buruh yang bekerja di bidang industri, transportasi, properti, aneka industri, real estate, jasa dan perdagangan kecuali bidang kesehatan dan pendidikan sesuai dengan kasifikasi data BPJSTK.
  6. Memiliki rekening aktif.

Jika Anda memenuhi syarat untuk mengikuti program bantuan ini, Anda bisa mendapatkan bantuan tersebut melalui Himbara atau Himpunan Bank Milik Negara seperti BTN, BNI, Mandiri, dan BRI.

Cara Cek Daftar Nama Penerima BSU

Jika Anda merasa memiliki peluang untuk mendapatkan bantuan ini, tidak ada salahnya untuk mengecek nama Anda. Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengetahui atau mengecek apakah Anda mendapatkan BSU atau tidak. Berikut ini adalah 2 cara cek BSU tahun 2022;

1. Melalui Situs Kemnaker

Kemenaker merupakan singkatan dari Kementrian Ketenagakerjaan RI dan memiliki peran penting dalam implementasi program BSU ini. Cara pertama untuk mengecek BSU adalah dengan mengakses situs resminya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut;

  1. Kunjungi situs resmi Kemanker di bsu.kemnaker.go.id.
  2. Log-in menggunakan akun yang telah dibuat. Apabila belum ada, silahkan buat terlebih dahulu dan jangan lupa untuk melakukan aktivasi dengan kode OTP yang dikirimkan ke device atau smartphone Anda.
  3. Setelah membuat akun, log-in ke situs Kemnaker dengan mengklik tombol log-in yang berada di pojok layar.

Jangan lupa untuk melengkapi profil dan masuk pada menu pemberitahuan. Di sana, Anda akan mendapatkan informasi tentang BSU.

2. Lewat BPJS Ketenagakerjaan

PBJS merupakan salah satu badan hukum publik yang memiliki tanggung jawab langsung ke Presiden RI dalam memberikan perlindungan kepada tenaga kerja seperti pekerja buruh yang mengalami kesenjangan akibat risiko sosial ekonomi, seperti pemutusan hubungan kerja. keterlibatan BPJS pada program BSU sangat penting dan untuk mengeceknya, Anda dapat melihatnya di situs resmi BPJS. Berikut ini adalah cara mengecek penerima BSU atau BLT Subsidi Gaji sebagai berikut;

  1. Buka link resmi BPJS sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Jika Anda memiliki akun, silahkan log-in menggunakan username dan password yang telah dibuat.
  3. Masuk ke menu dashboard dan klik menu “Kartu Digital”.
  4. Selanjutnya, klik icon atau gambar Kartu.

Di halaman berikutnya, Anda sudah bisa mengetahui apakah akun Anda terdaftar sebagai pengguna BSU aktif atau bukan.

Baca Juga : Cara Mencairkan BPJS Ketanagakerjaan

Penyataan Seputar Bantuan Supsidi Upah (BSU)

1. Cek BSU 2022 Dimana?

2. Cara Cek Apakah Kita Penerima BSU 2022?

3. Siapa Penerima BSU 2022?

Jawaban :

Jika anda sudah masuk dalam syarat penerima bantuan subsidi upah (BSU), maka dana tersebut nanti akan dikirim otomatis ke rekening bank kalian masing masing. Lihat dulu syarat-syarat di atas, apakah anda penerima atau buka?

Baca Juga: 20 Cara Cek Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2022 Terbaru

Demikian cara cek BSU yang bisa Anda coba di atas. Program ini bukan lah program bantuan yang dapat diikuti oleh semua orang. Target utamanya adalah para pekerja atau buruh yang mengalami kerugian, seperti pemutusan hubungan kerja akibat dampak dari pandemi COVID 19 atau Virus Corona. Setelah Anda mendaftar dan syarat telah terpenuhi, Anda tinggal menunggu apakah Anda lolos atau tidak yang bisa dilihat di dua situs di atas.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin