Cara Cek Cakupan Area Iconnect PLN

Cara Cek Cakupan Area Iconnect PLN

Cara Cek Cakupan Area Iconnect PLN – Internet merupakan kebutuhan untuk menunjang aktivitas manusia, apalagi saat pandemi covid-19 melanda, dimana hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online.

Perusahaan Listrik Negara, membuat inisiatif dengan meluncurkan Iconnect untuk memenuhi kebutuhan internet di Tanah Air. Dinaungi dengan anak perusahaan bernama PT. Indonesia Comnet Plus (Icon+).

Layanan internet Iconnect ini resmi diluncurkan pada 31 Mei 2021. Layanan internet ini sudah menggunakan jaringan fiber optic, yang diklaim tahan dengan segala kondisi cuaca.

Tentunya ini hal yang sangat bagus mengingat kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi. Tidak hanya layanan internet saja, kamu juga dapat mengakses TV kabel, sesuai dengan paket yang disediakan.

PLN merasa perlu ikut andil dalam kondisi yang memaksa kegiatan sehari-hari dilakukan secara online dan memberikan teknologi yang tidak kalah dengan provider internet lain.

Namun, di satu sisi karena Iconnect masih terbilang baru, wilayah yang dapat menggunakan layanan ini cukup terbatas.

Dilansir dari halaman Iconnect, layanan internet ini sudah menjangkau banyak wilayah yang meliputi Sumatera, Jabodetabek, Kalimantan, Indonesia Timur, Jawa, dan Bali.

Namun, walaupun rumah atau tempat usaha kamu sudah berada di wilayah yang disebutkan, tetap harus dicek ketersediaan jangkauan secara detail.

Tentunya jangkauan wilayah akan semakin luas beriringan dengan jalannya waktu. Yuk kita cek bersama cara mengecek apakah area kamu sudah bisa menggunakan Iconnect atau belum.

4 Cara Cek Cakupan Area Iconnect PLN

  1. Cek Melalui Website Iconnect

Cara Cek Cakupan Area Iconnect PLN

Sama seperti provider internet lainnya, salah satu cara cek cakupan area Iconnect PLN dapat langsung dicek di website resmi Iconnect.

Begitu kamu membuka website Iconnect, kamu akan dibawa ke tampilan halaman awal yang berisikan informasi terkait Iconnect.

Salah satunya adalah cakupan area. Untuk mendapatkan informasi ini, kamu bisa melakukan scroll kebawah.

Untuk mengecek cakupan area, tepatnya fitur ini berada di bawah “Upgrade Layanan”. Terdapat sebuah kolom yang dapat diisi dengan alamat untuk dicek ketersediaannya.

Kamu hanya diharuskan untuk mengetikkan alamat dengan detail yang meliputi nama jalan, nomor RT/RW, Kecamatan atau pun kelurahan.

Setelah selesai, kamu dapat mengklik “Cek ketersediaan”, begitu diklik, nanti akan keluar informasi apakah wilayah tersebut sudah terjangkau atau belum.

Selain itu juga, nanti akan muncul google maps untuk menambah akurasi alamat yang kamu masukkan. Kamu juga dapat mengecek titik lokasi di google maps jika dirasa belum akurat.

  1. Cek Melalui PLN Mobile

Cara Cek Cakupan Area Iconnect PLN

Bagi kamu pengguna smartphone, kamu dapat langsung mengecek ketersediaan jangkauan area untuk Iconnect melalui PLN Mobile.

PLN Mobile dapat diunduh di Google Playstore bagi pengguna Android dan Appstore untuk pengguna iOS.

Aplikasi PLN Mobile sendiri tidak dikhususkan hanya untuk mengecek ketersdiaan jangkauan Iconnect. Kamu juga bisa untuk mengecek informasi dari layanan PLN yang lain.

Setelah selesai mengunduh dan melakukan proses registrasi atau login, kamu akan dibawa langsung ke halaman pertama PLN Mobile.

Pada halaman utama terdapat beberapa menu, namun untuk mengecek ketersediaan jangakau Iconnect, kamu harus memilih menu Iconnect.

Setelah memasuki menu Iconnect, kamu dapat tap “Cek Coverage” untuk melakukan pengecekan ketersediaan jangkauan. Sebelumnya, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur GPS di HP kamu.

Setelah itu, kamu bisa menuliskan alamat kamu atau mengatur titiknya di fitur google maps yang sudah tersedia di PLN Mobile.

Setelah kamu merasa titik sudah benar, maka tap “cek area” dan hasilnya akan langsung keluar dengan instan apakah wilayah kamu sudah terjangkau atau belum.

  1. Cek Melalui Contact Center Iconnect

Selain melalui website resmi Iconnect dan aplikasi PLN Mobile, untuk mengecek cakupan area Iconnect ini juga dapat dilakukan langsung dengan menelfon contact center nya.

Kamu dapat menelfon contact center Iconnect di nomor 150678 dengan HP kamu. Pastikan sebelumnya kamu memiliki pulsa setidaknya Rp. 10.000 saja untuk berjaga-jaga agar telefon tidak terputus.

Setelah kamu menelfon dan diangkat oleh contact center, kamu bisa langsung menanyakan ketersediaan jangkauan Iconnect dengan menyebutkan alamat lengkap kamu.

Biasanya, contact center akan memproses alamat yang kamu berikan untuk dicek terlebih dahulu di sistem dan meminta kamu untuk menunggu sebentar.

Pastikan saat kamu menunggu tidak mematikan telefonnya ya karena jawaban akan langsung diberikan setelah proses pengecekan selesai.

  1. Cara Cek Cakupan Area Iconnect PLN, Cek Melalui WhatsApp

Bagi kamu yang tidak ingin terkena pulsa untuk menelfon contact center dari Iconnect. WhatsApp bisa jadi solusinya.

Pastikan kamu sudah memiliki WhatsApp di HP kamu. Langkah selanjutnya adalah kamu dapat menyimpan nomor 0811-1200-2123 atau kamu bisa buka melalui WhastApp Web dengan mengklik link ini https://api.whatsapp.com/send?phone=6281112002123 untuk langsung terhubung dengan Iconnect.

Setelah kamu bisa melakukan chat dengan Iconnect di WhatsApp, kamu hanya tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan.

Pada awalnya, kamu bisa mengetik “Halo” untuk menu selanjutnya keluar. Kamu akan diminta mengetikkan nomor sesuai dengan petunjuknya.

Seperti nomor 1 dan 2 untuk mengidentifikasi kamu sudah menjadi pengguna Iconnect atau belum. Begitu pula selanjutnya, setiap petunjuk disertai nomor dan fungsinya.

Kamu dapat mengecek coverage area dengan mengaktifkan GPS di HP dan melakukan share location di WhatsApp.

Setelah melakukan share location, mohon ditunggu sebentar karena akan dijawab sesuai dengan antrean WhatsApp yang masuk.

Perlu diperhatikan bahwa fitur WhatsApp ini tidak dapat menerima telefon, jadi kamu hanya bisa melakukan chat saja.

Namun ini lebih baik jika dibandingkan harus terkena pulsa untuk menelfon contact center Iconnect.

Demikianlah 4 cara cek cakupan area Iconnect PLN yang dapat kamu lakukan. Tentunya cara-cara di atas dapat kamu sesuaikan dengan kondisi kamu.

Iconnect sendiri masih terbilang baru dibandingkan dengan provider internet lainnya, sehingga cakupan areanya masih dapat dikembangkan lagi.

Namun jika alamat kamu sudah terjangkau, kamu dapat menikmati layanan internet dengan kecepatan yang beragam sesuai dengan paket yang kamu pilih.

Sebagai informasi tambahan, bahwa paket internet Iconnect memiliki 4 pilihan, yaitu:

  1. Iconnect 10, Speed internet mencapai mencapai 10 mbps dengan unlimited Quota (Rp. 185.000/bulan)
  2. Iconnect 20, Speed internet mencapai mencapai 20 mbps dengan unlimited Quota (Rp. 207.000/bulan)
  3. Iconnect 50, Speed internet mencapai mencapai 50 mbps dengan unlimited Quota (Rp. 297.000/bulan)
  4. Iconnect 100, Speed internet mencapai mencapai 100 mbps dengan unlimited Quota (Rp. 427.000/bulan)

Kamu dapat memilih paket internet tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Semakin tinggi kecepatan internet maka akan semakin bagus apalagi jika dipakai bersama-sama dengan keluarga.

Namun jika kamu merasa belum membutuhkan kecepatan internet yang tinggi, sebagai contoh kamu hanya membutuhkan kecepatan 10 mbps saja juga tidak apa-apa.

Karena nantinya, kamu dapat melakukan upgrade layanan kecepatan internet ini jika dibutuhkan.

Selain itu, saat ini Iconnect sedang melakukan promo gratis biaya pemasangan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga : Cara Bayar Tagihan Iconnect PLN

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 − nine =